in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Penampilan Grup 2 Top 16 LIDA 2019: Dayat Duta Bali Harus Tersenggol

Selasa, 02 April 2019 18:03 Penulis: Louvina Gita

Grup 2 Top 16 LIDA 2019 (credit: Indosiar)

Kapanlagi.com - Konser Top 16 Grup 2 Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019, berlangsung menarik, Senin (1/4). Selain dihibur dengan berbagai aksi seru dari pengisi acara, persaingan antar para peserta yang berkompetisi, juga berlangsung menegangkan.

Para peserta yang berada di grup 2, yakni Puput (Sulawesi Selatan), Sheyla (Maluku ), Dayat (Bali ), dan Cut (Aceh), semuanya tampil memukau sehingga seluruh lampu dukungan dari juri dan panel provinsi mereka raih. Hanya dukungan dari pemirsa yang menentukan langkah mereka, lolos ke babak selanjutnya atau tersenggol.

1. Puput Sukses Borong Dukungan

Semalam, Puput menjadi peserta yang pertama tampil. Membawakan lagu berjudul Janji dengan penuh penghayatan, Puput sukses memborong seluruh lampu dukungan juri dan panel provinsi.

“Saya bangga melihat penampilan kamu malam ini, karena kamu menyanyikan lagu ini dengan sepenuh hati. Namun penampilan kamu seperti ada yang mengganjal. Kamu harus menambah lagi rasa percaya diri kamu,” ujar Nassar mengomentari penampilan Puput.

Tak mau kalah saing dengan Puput, Cut yang menjadi penampil kedua, pun mengeluarkan kemampuan maksimalnya dalam melantunkan lagu Nirmala. Hasil positif pun diraih Cut. Seluruh dewan juri yang bertugas menekan lampu biru untuknya. Pun begitu dengan seluruh panel provinsi.

“Penampilan kamu luar biasa mempesona, saya sampai tidak bisa mencerna apa-apa, gerakanmu sama dancer itu okay banget, sudah itu saja,” komentar Dodit Mulyanto selaku juri tamu.

2. Sheyla Spektakuler

Dayat menjadi penampil ketiga. Sebagai peserta pria satu-satunya, Dayat berupaya keras agar tak kalah saing dari ketiga peserta perempuan yang menjadi rivalnya. Hasilnya, Dayat berhasil memikat seluruh juri dan panel provinsi untuk memberikannya lampu dukungan.

Bahkan, kemampuannya dalam melantunkan lagu berjudul Kiblat Cinta meraih standing ovation dari Zaskia Gotik. “Kamu luar biasa sekali, menyampaikan lagunya itu tulus sekali. Pokoknya kamu sudah memiliki kualitas yang sudah bagus,” puji Dewi Perssik.

Usai Dayat, giliran Sheyla unjuk kemampuan. Sebagai penampil terakhir, mentalnya diacungi jempol para dewan juri. Sebab, meski mengetahui ketiga rivalnya meraih seluruh lampu dukungan juri dan panel provinsi, Sheyla tetap tampil maksimal, bahkan spektakuler.

Selain memborong lampu biru dari juri dan panel provinsi, penampilannya dalam melantunkan tembang Zainal, membuat Nassar dan Zasia Gotik, serta fashion guru Defrico Audy, standing ovation.

“Kamu penampil terakhir yang memuaskan, penjiwaan bagus, vocal bagus, cengkok bagus, pokoknya semuanya bagus,” puji Soimah.

3. Elemen Penilaian

Setelah seluruh peserta unjuk kemampuan dan sudah dinilai juri serta panel provinsi, tiba giliran mereka untuk mendengarkan hasil dukungan dari pemirsa melalui polling SMS dan vote Shopee yang ditutup usai acara.

Sebagaimana diketahui ada tiga elemen penilaian LIDA 2019. Pertama dari panel provinsi yang memiliki bobo 5 persen, kedua dari juri yang memiliki bobot 20 persen, dan ketiga polling SMS dan vote Shopee dari pemirsa yang memiliki bobot terbesar yakni 75 persen.

Para peserta yang kesemuanya meraih nilai sempurna dari juri dan panel provinsi, pun terlihat tegang. Harapan mereka untuk bisa lolos ke babak selanjutnya, hanya dari besarnya dukungan pemirsa yang diperoleh.

4. Skor Akhir

Berdasar urutan tampil, nilai yang diperoleh Puput dari panel provinsi setelah dikonversikan, hasilnya sebesar 1,25. Dari juri sebesar 5,00. Dari pemirsa sebesar 21,95. Setelah diakumulasikan, Puput meraih total nilai 28,20.

Cut yang tampil kedua meraih nilai dari panel provinsi sebesar 1,25. Dari juri sebesar 5,00. Dari pemirsa sebesar 18,05. Setelah digabungkan, Cut meraih total nilai 24,30.

Sedangkan Dayat yang tampil ketiga meraih nilai dari panel provinsi sebesar 1,25. Dari juri sebesar 5,00. Dari pemirsa sebesar 16,34. Setelah digabungkan, Dayat meraih total nilai 22,59.

5. Dayat Tersenggol

Sheyla yang menjadi penampil terakhir meraih nilai dari panel provinsi sebesar 1,25. Dari juri sebesar 5,00. Dari pemirsa sebesar 18,66. Setelah digabungkan, Sheyla meraih total nilai 24,91.

Dengan demikian, Puput berada di posisi puncak dengan skor akhir tertinggi yakni 28,20. Sedangkan Sheyla berada di posisi kedua dengan total nilai 24, 91 menyusul Cut di posisi ketiga dengan total nilai 24,30 dan Dayat harus puas berada di posisi terendah dengan total nilai 22,59.

Sebagai peraih nilai terendah, Dayat pun harus rela tersenggol. Perjalanannya di panggung LIDA 2019 harus terhenti di babak 16 besar. Sementara Puput, Cut, dan Sheyla berhak melaju ke babak selanjutnya.

(kpl/dan/lou)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING