in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Penampilan Grup 5 Top 28 LIDA 2019: Reki Duta Jawa Timur Tersenggol

Selasa, 19 Maret 2019 10:38 Penulis: Cinthya Septavy

Grup 5 Top 28 LIDA 2019 (credit: Indosiar)

Kapanlagi.com - Kompetisi dangdut terbesar di Indonesia, Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 sudah memasuki babak 28 besar. Setelah rehat satu hari, LIDA 2019 kembali tayang dengan menghadirkan penampilan dari grup 5, Senin malam (19/3).

Mereka yang berada di grup 5 adalah Fikoh (Kep. Bangka Belitung), Reki (Jawa Timur), Agus (Gorontalo), dan Vita (Lampung). Mereka bersaing untuk mengharumkan daerah provinsi masing-masing.

Memasuki penampilan peserta, pembawa acara LIDA 2019 mengacak urutan tampil. Fikoh menjadi peserta yang mendapat kesempatan tampil pertama. Membawakan lagu berjudul Panah Asmara, Fikoh membuat seluruh juri kecewa dengan penampilannya yang tak seperti biasanya.

Ia dinilai juri banyak melakukan kesalahan dalam menyanyikan lagu yang dipopulerkan pedangdut Nini Carlina tersebut. Oleh sebab itu, saat penilaian, ia hanya mampu memikat empat lampu panel provinsi. Untuk juri, tidak ada satu dewan juri pun memberinya lampu biru alias seluruh juri memberikannya lampu merah tanda tak suka atau tidak mendukung atas penampilannya.

1. Penilaian Soimah

“Malam ini kamu memang membuat dewan juri tidak nyaman. Stage Act kamu terlalu dibuat-buat, artikulasi kamu ada yang kurang jelas, di beberapa bagian kurang pas dengan musiknya, pitching nya juga sangat banyak dan ado yang fals di koda,” ucap Soimah mengomentari penampilan Fikoh.

Pun demikian dengan Reki. Penampilannya dalam membawakan lagu berjudul Gala Gala juga membuat seluruh dewan juri kecewa. Maka, saat penilaian tak ada satu pun juri yang memberi lampu biru untuknya. Ia hanya meraih empat lampu dukungan dari panel provinsi.

“Kualitas kamu harus ditingkatkan lagi, ada pengulangan cengkok yang itu itu saja dan membosankan,” ucap askia Gotik mengomentari penampilan Reki. “Kamu nyanyi dari awal sampai akhir nggak ada nyawanya, dan ada beberapa yang pitching,” Nassar menambahkan.

2. Agud dan Vita Tampil Memukau

Dua peserta lainnya, tampil luar biasa. Agus dan Vita berhasil tampil memukau dan meraih nilai sempurna dari juri dan panel provinsi. Agus yang menjadi penampil ketiga, berhasil menyapu bersih lampu dukungan dari juri dan panel provinsi usai membawakan lagu berjudul Tetes Air Mata dengan syahdu.

“Kamu yang terbaik dari dua peserta sebelumnya. Kamu bisa membawakan lagu ini dengan maksimal, syahdu dan sudah cukup kuat membawakan lagu ini dengan versi kamu sendiri,” ucap Inul Daratista mengomentari penampilan Agus.

Vita yang menjadi penampil terakhir, juga meraih lima lampu biru dari juri dan empat lampu dukungan panel provinsi dalam membawakan lagu berjudul Lalila Bonita. Nassar menilai Vita konsisten di setiap penampilannya.

“Nyanyi, cengkok, dan gayanya sesuai dengan kemauan kami. Kamu adalah bibit penyanyi dangdut Indonesia,” ujar Nassar.

Setelah keempat peserta tampil, tiba pengumuman skor akhir yang menentukan siapa peserta yang akan tersenggol dan bertahan di panggung LIDA 2019.

3. Fikoh & Reki Tak Raih Nilai

Kesempatan mereka untuk lolos ke babak selanjutnya tergantung dari dukungan pemirsa melalui polling SMS yang ditutup usai acara.

Sebagaimana diketahui ada tiga elemen penilian kepada peserta. Pertama dari panel provinsi yang memiliki bobot 5 persen, kedua dewan juri yang memiliki bobot 20 persen, dan ketiga polling SMS dan vote aplikasi Shoppe dari pemira yang memiliki bobot paling besar, yakni sebesar 75 persen.

Berdasar urutan tampil, nilai yang diperoleh Fikoh dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya adalah sebesar 1,25. Dari juri sebesar 0 alias tidak meraih nilai sama sekali. Sedangkan dari pemirsa sebesar 23,08. Setelah digabungkan, Fikoh meraih total nilai 24,33.

Kemudian nilai yang diperoleh Reki dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,25. Dari juri sebesar 0 alias tidak meraih nilai sama sekali. Dari pemirsa sebesar 13,15. Setelah digabungkan, Reki meraih total nilai 14,40.

Agus yang tampil ketiga, perolehan nilai dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,25. Dari juri sebesar 10,00. Dari pemirsa sebesar 19,68. Setelah digabungkan, Agus meraih total nilai 30,83.

Vita yang tampil terakhir memperoleh nilai dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,25. Dari juri sebesar 10,00. Dari pemirsa sebesar 19,10. Setelah digabungkan, Vita meraih total nilai 30,35.

Dengan demikian Agus berada di posisi puncak dengan skor akhir tertinggi yakni 30,83 menyusul Vita dengan total nilai 30,35. Kemudian Fikoh berada diposisi ketiga dengan total nilai 24,33 dan Reki berada di posisi terbawah dengan total nilai 14,40.

Sebagai peraih nilai terendah, Reki pun harus tersenggol. Perjalanannya di panggung LIDA 2019 harus terhenti. Saksikan terus LIDA 2019, dan dukung peserta favoritmu dengan cara voting melalui aplikasi Shopee atau voting SMS (ketik: LIDA [spasi] Nama Peserta, kirim ke 97288).

(kpl/dan/cvn)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING