in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Penampilan Grup 8 Top 36 LIDA 2019: Linda Duta Kalimantan Selatan Tersenggol

Senin, 11 Maret 2019 13:01 Penulis: Mita Anandayu

LIDA 2019 © Indosiar

Kapanlagi.com - Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 semakin seru untuk disaksikan. Selain dihiasi dengan hiburan yang menarik dari pengisi acara, persaingan peserta juga semakin sengit. Semalam, Minggu (10/3), giliran grup 8 top 36 yang bersaing untuk mengharumkan daerah provinsi masing-masing.

Mereka adalah Linda (Kalimantan Selatan), Beni (Banten), Faul (Aceh), dan Novi (Kalimantan Barat). Setelah diacak urutan tampil, Beni menjadi peserta yang mendapat kesempatan tampil pertama.

1. Beni Alami Banyak Kemajuan

Beni berupaya memikat dewan juri, panel provinsi dan pemirsa lewat tembang berjudul Asam Di Gunung Garam Di Laut. Hasilnya, seluruh lampu biru juri dan panel provinsi menyala untuknya. Menurut Soimah, Beni mengalami banyak kemajuan sejak penampilan pertamanya di babak 80 besar.

“Kamu salah satu peserta yang mau mendengar masukan dari para dewan juri. Ekspresi kamu sudah membaik, ada beberapa cengkok kamu yang manis dan bagus. Tapi kamu harus memperhalus di bagian rall dan kamu harus melatih koreo lagi,”ucapnya.

2. Faul Dapat Standing Ovation

Usai Beni, giliran Faul unjuk kemampuan. Membawakan lagu Badai Fitnah, Faul yang di setiap penampilannya selalu mendapat standing ovation, kembali meraih standing ovation dari juri.

Saat penilaian, seluruh juri dan panel provinsi pun tak ragu untuk memberikan Faul lampu dukungan atas penampilannya. “Kamu dapat mengeksekusi lagu ini dengan sempurna, kamu juga memberikan unsur kedaerahan di lagu ini dan bagus. Kamu paket komplit dan harus mempertahankannya,” puji Inul Daratista.

3. Kekurangan Linda di Mata Soimah

Linda tampil diurutan ketiga. Ia hanya meraih tiga lampu biru dari juri dan empat lampu dukungan panel provinsi usai membawakan lagu berjudul Terguncang. Soimah, salah satu juri yang memberi lampu merah, melihat banyak kekurangan saat Linda bernyanyi.

“Kamu menyanyikan ini lemas, banyak pitching, di awal lagu juga ada layback, artikulasi kurang jelas. Jadi saya tidak menikamati penampilan kamu mala mini,” ujar Soimah menjelaskan.

4. Nassar Larut dalam Suara Indah Novi

Novi menjadi peserta terakhir yang tampil. Membawakan lagu berjudul Satukan Cinta, Novi berhasil sapu bersih seluruh lampu dukungan dari juri dan panel provinsi. Nassar mengaku sampai larut dalam keindahan suara Novi.

“Suara kamu mala mini indah sekali, kamu juga dapat menginterpretasikan lagu dengan baik,” pujinya.

5. Hasil Akhir

Setelah keempat peserta tampil, tiba pengumuman skor akhir yang akan menentukan siapa peserta yang akan tersenggol dan bertahan di panggung LIDA 2019. Mereka pun terlihat tegang. Sebab polling dari pemirsa yang ditutup usai acara, sangat menentukan perjalanan mereka.

Sebagaimana diketahui ada tiga elemen penilian kepada peserta. Pertama dari panel provinsi yang memiliki bobot 5 persen, kedua dewan juri yang memiliki bobot 20 persen, dan ketiga polling SMS dan vote aplikasi Shoppe dari pemira yang memiliki bobot paling besar, yakni sebesar 75 persen.

Berdasar urutan tampil, nilai yang diperoleh Beni dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya adalah sebesar 1,25. Dari juri sebesar 5,56. Sedangkan dari pemirsa sebesar 16,37. Setelah digabungkan, Beni meraih total nilai 23,17.

Kemudian nilai yang diperoleh Faul dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,25. Dari juri sebesar 5,56. Dari pemirsa sebesar 28,22. Setelah digabungkan, Faul meraih total nilai 35,03.

Linda yang tampil ketiga, perolehan nilai dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,25. Dari juri sebesar 3,33. Dari pemirsa sebesar 13,08. Setelah digabungkan, Linda meraih total nilai 17,66.

Novi yang tampil terakhir memperoleh nilai dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,25. Dari juri sebesar 5,56. Dari pemirsa sebesar 17,33. Setelah digabungkan, Novi meraih total nilai 24,14.

Dengan demikian Faul berada di posisi puncak dengan skor akhir tertinggi yakni 35,03 menyusul Novi dengan total nilai 24,14. Kemudian Beni berada diposisi ketiga dengan total nilai 23,17 dan Linda berada di posisi terbawah dengan total nilai 17,66.

(kpl/dan/mit)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING