in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Iwan Duta Sumatera Barat, Peserta Pertama yang Tersenggol di Babak 36 Besar LIDA 2019

Senin, 04 Maret 2019 14:45 Penulis: Editor KapanLagi.com

Grup 1 LIDA 2019 (credit: Indosiar)

Kapanlagi.com - Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 sudah memasuki babak 36 besar. Persaingan antar peserta pun semakin sengit.  Setelah rehat satu hari, peserta yang kini sudah tersisa 36 dari 80 peserta, kembali diadu kemampuannya dalam bernyanyi dangdut, Minggu malam (3/3).

Adapun peserta yang semalam tampil adalah dari grup 1 top 36 yaitu Fikoh (Kep. Bangka Belitung), Cut (Aceh), Dayat (Bali), dan Iwan (Sumatera Barat). Mereka bersaing untuk mengharumkan provinsi masing-masing.

1. Cut Hampir Dapat Nilai Sempurna

Fikoh menjadi peserta pertama yang tampil. Melantunkan lagu berjudul Cinta Berduri, Fikoh tampil memukau. Ia nyaris meraih nilai sempurna yakni empat lampu biru dari juri dan empat lampu dari panel provinsi. Hanya Soimah yang memberinya lampu merah.

“Kamu bagus, tapi belum spektakuler. Suara kamu hari ini agak berbeda, nafas kamu juga pendek, ada sedikit pitching dan penjiwaan kamu masih on off, musik dan suara kamu juga tidak menyatu,” ucap Soimah menjelaskan mengapa dirinya member lampu merah kepada Fikoh.

Setelah Fikoh, giliran Cut unjuk kemampuan. Membawakan lagu berjudul Kasmaran, Cut juga hampir meraih nilai sempurna yaitu empat lampu biru dari juri dan empat panel provinsi. Hanya Inul Daratista yang memberikannya lampu merah.

“Nyanyi kamu sudah bagus, tapi belum maksimal dalam membawakannya. Masih ada beberapa kekurangan, improve kamu di lagu ini terlalu penuh, ekspresi manja dan tarian kamu kurang lepas. Saya belum bisa menikmati penampilan kamu dengan maksimal,” ujar Inul Daratista.

2. Kebiasaan Iwan Main Bibir

Dayat menjadi penampil ketiga. Ia tampil memukau dalam melantunkan tembang berjudul Untuk Bungamu. Dayat  berhasil menghipnotis juri dan panel provinsi dengan penampilannya. Seluruh juri dan panel provinsi memberinya lampu dukungan.

Penyanyi senior Rita Sugiarto yang malam itu menjadi juri memuji penampilan Dayat. “Aku tidak ada catatan buat kamu, penampilan kamu bagus, temponya bagus dan cengkoknya pas. Malam hari ini saya sangat menikmati penampilan kamu,” ujarnya.

Iwan, menjadi peserta yang tampil terakhir. Sebagai penampil penutup, ia juga tampil bagus dalam melantunkan lagu Pagar Makan Tanaman. Seluruh panel provinsi memberinya lampu dukungan dan empat juri memberinya lampu biru. Hanya Soimah yang memberikannya lampu merah.

 “Sebenarnya  saya suka dengan penampilan kamu karena berbeda dengan penampilan sebelumnya. Tapi ada beberapa catatan, hilangkan kebiasaan main bibir karena itu sangat mengganggu. Masih ada cengkok yang kaku dan ado part yang cengkoknya berlebih yang mengganggu pernapasan kamu,” ujar Soimah.

3. Penilaian Skor Akhir

Setelah keempat peserta tampil, tiba pengumuman skor akhir yang menentukan siapa peserta yang tersenggol dan bertahan. Sebagaimana diketahui ada tiga elemen penilaian kepada peserta yakni pertama panel provinsi yang memiliki bobot 5 persen, kedua dewan juri yang memiliki bobot 20 persen, dan ketiga polling SMS dan vote aplikasi Shopee dari pemirsa sebesar 75 persen.

Berdasar nilai gabungan dari ketiga elemen tersebut,  Cut meraih skor akhir tertinggi dengan total nilai 28,94 disusul  Fikoh  26,15. Kemudian Dayat berada diposisi ketiga dengan total nilai 23,51 dan Iwan berada di posisi terbawah dengan total nilai 21,40.

Dengan begitu, Iwan menjadi peserta pertama yang tersenggol di babak 36 besar. Perjalanannya di panggung LIDA 2019, pun harus terhenti.

Saksikan terus LIDA 2019, dan dukung peserta favoritmu dengan cara voting melalui aplikasi Shopee atau voting SMS (ketik: LIDA [spasi] Nama Peserta, kirim ke 97288).

(kpl/dan/lou)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING