in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Grup 12 Top 48 LIDA 2019: Basir Duta Gorontalo Tersenggol

Sabtu, 02 Maret 2019 12:01 Penulis: Mita Anandayu

LIDA 2019 © Indosiar

Kapanlagi.com - Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 semakin seru untuk disaksikan. Selain dihiasi dengan hiburan yang menarik dari pengisi acara, persaingan peserta juga semakin sengit. Semalam, Jumat (2/2) menjadi konser terakhir Top 48 atau babak 48 besar LIDA 2019.

Adapun peserta yang tampil semalam adalah dari grup 12 yakni Nirwana (Bengkulu), Basir (Gorontalo), Vita (Lampung), dan Novi (Kalimantan Barat). Setelah diacak, Novi terpilih menjadi peserta yang tampil pertama.

1. Novi Pukau Juri

Membawakan lagu berjudul Anoman Obong, Novi berhasil memukau juri dan panel provinsi. Ia meraih nilai sempurna dari juri dan panel provinsi. Inul Daratista memuji penampilan Novi. Menurutnya Novi bernyanyi tanpa fals sedikitpun.

“Vokal dan cengkoknya kamu juga sudah matang, tapi untuk groove nya kamu masih kurang dan gerak badan kamu harus lebih variatif agar lebih enak dilihat,” ucap Inul yang juga memberi catatan kepada Novi agar bisa tampil lebih baik lagi.

2. Nirwana Nyaris Sempurna

Setelah Novi, giliran Nirwana unjuk kemampuan. Melantunkan lagu berjudul Hatiku Bukan Batu, Nirwana nyaris meraih nilai sempurna. Empat lampu biru dari juri dan empat panel provinsi diraihnya. Hanya satu juri yang memberikannya lampu merah.

Rio Febrian, selaku juri tamu memuji suara Nirwana. Ia juga memberi catatan kecil kepada Nirwana agar bisa tampil lebih baik lagi. “Kamu itu mempunyai kualtas suara yang bagus, namun dari awal lagu kamu terlihat berpikir, kamu kurang menjiwai lagunya. Kalau kamu bisa menjiwai lagu ini, pasti akan jauh lebih baik lagi,” ucap Rio.

3. Basir Kurang Memikat Juri

Basir menjadi penampil ketiga. Melantunkan lagu berjudul Air Mata Perpisahan, Basir tak mampu memikat hati juri lewat tembang yang dibawakannya. Tidak ada satu pun juri yang memberikannya lampu biru. Hanya empat lampu panel provinsi diraihnya.

Rita Sugiarto menilai Basir telah melakukan kesalahan fatal. “Penampilan kamu malam ini sangat menurun. Artikulasi tidak jesal dan itu sangat fatal. Penjiawaan kamu juga kurang,” tuturnya.

“Dari segi suara kamu biasa saja. Sejak awal sampai akhir lagu kamu fals dan kamu tidak dapat menyampaikan isi dari lagu yang kamu bawakan,” timpal Nassar.

4. Vita Punya Teknik Napas Bagus

Vita menjadi penampil terakhir. Ia berhasil memukau seluruh juri dan panel provinsi lewat lagu yang dibawakannya, Kira Kira Dong. Seluruh lampu biru dan panel provinsi menyala untuknya. Inul Daratista dan Dewi Perssik, memuji penampilan Vita.

“Kontrol suara kamu bagus, saya menikmati penampilan kamu malam ini, overall penampilan kamu malam ini spektakuler,” ujar Inul. “Pernapasan kamu panjang sekali, pembawaan kamu juga sangat enjoy,” timpal Dewi Perssik.

5. Hasil Akhir

Setelah keempat peserta tampil, tiba pengumuman skor akhir yang menentukan siapa peserta yang tersenggol dan bertahan. Sebagaimana diketahui ada tiga elemen penilian kepada peserta yakni pertama panel provinsi yang memiliki bobot 5 persen, kedua dewan juri yang memiliki bobot 20 persen, dan ketiga polling SMS dan vote aplikasi Shoppe dari pemira sebesar 75 persen.

Berdasar nilai gabungan dari ketiga elemen tersebut, Nirwana meraih skor akhir tertinggi dengan total nilai 28,78 disusul Novi 27, 09. Kemudian Vita berada diposisi ketiga dengan total nilai 25,89 dan Basir berada di posisi terbawah dengan total nilai 18,24. Dengan begitu, Basir, duta provinsi Grorontalo harus tersenggol. Perjalanannya di panggung LIDA 2019 pun harus terhenti.

Dengan berakhirnya konser Top 48 Grup 12, maka peserta yang masih bertahan tinggal tersisa 36 peserta. Mereka yang masih bertahan, akan diadu kembali dalam konser Top 36 setelah sebelumnya dilakukan pembagian grup secara acak dimana satu grup terdiri dari empat peserta.

Saksikan terus LIDA 2019, dan dukung peserta favoritmu dengan cara voting melalui aplikasi Shopee atau voting SMS (ketik: LIDA [spasi] Nama Peserta, kirim ke 97288).

(kpl/dan/mit)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING