in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Sebelum Wafat, Didi Kempot Berhasil Jadi Penerima Royalti Terbesar Tahun Ini

Selasa, 05 Mei 2020 14:31 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Didi Kempot © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Sosok Didi Kempot begitu luar biasa. Dedikasinya pada musik terus terjaga hingga akhir hayat. Di malam sebelum wafat pun, ia masih merampungkan rekaman di studio. Kini, ia telah menghembuskan napas terakhir pada Selasa (5/5) pagi.

Dikenal sebagai musisi yang konsisten membawakan musik daerah, Didi Kempot rupanya tak lantas berjarak dengan kawula muda. Sampai-sampai, Maret lalu ia dinobatkan sebagai penerima royalti terbesar tahun ini.

 

1. Sejumlah Nama Turut Tercantum

Hal itu diketahui saat Performers Rights Society of Indonesia (PRISINDO) mengumumkan distribusi royalti tahunan pada 9 Maret 2020 silam.

Dilansir dari detik.com, Didi Kempot adalah salah satu penerima royalti terbesar. Sejumlah nama lain turut tercantum di sana. Ada Raisa, Iwan Fals, Payung Teduh, dan banyak musisi lainnya. Sayangnya, pihak PRISINDO tak memuat angka royalti itu.

2. Data PRISINDO

Masih dilansir dari sumber yang sama, PRISINDO mendata royalti yang berasal dari performing rights atau hak mengumumkan karya ke publik, bukan berdasarkan penjualan lagu musisi.

"Ketika sebuah karya rekam diperdengarkan untuk kepentingan komersial seperti di hotel, karaoke dan restoran, maka para pengguna tersebut wajib membayar royalti performing rights kepada tiga pemilik hak, yaitu pencipta lagu, musisi dan penyanyi yang merekam karya tersebut, serta produser," terang Marcell, penyanyi sekaligus Ketua Umum PRISINDO pada Detik.com.

3. Dedikasi Pada Musik

Tak hanya dibuktikan lewat itu, dedikasi Didi Kempot juga ditunjukkan lewat konsistensinya berkarya. Ya, bahkan sepekan sebelum wafat, ia telah merilis single Kapusan Janji bersama Yuni Shara.

REKOMENDASI
TRENDING