in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Semakin Menarik, LIDA 2019 Dikemas Berbeda

Selasa, 15 Januari 2019 09:45 Penulis: Rezka Aulia

Liga Dangdut 2 akan makin semarak. (KapanLagi.com/Deki Prayoga)

Kapanlagi.com - Berangkat dari kesuksesan tahun lalu, Indosiar kembali menghadirkan program pencarian bakat Liga Dangdut Indonesia (LIDA). Untuk memberikan sajian yang lebih menarik, tahun ini penyelenggaraan LIDA akan banyak mengalami perubahan dibandingkan dengan LIDA 2018 . Hal itu disampaikan Harsiwi Achmad selaku Direktur Programming SCM.

"Tayangan LIDA 2019 akan semakin menarik degan kemasan yang lebih berkualitas dan menghibur dengan adanya berbagai perubahan yang kami lakukan, mulai dari proses audisi, konsep hingga eksekusi produksi," ujar Harsiwi Achmad di Studio 5 Indosiar, Senin (14/1/2019).

Harsiwi Achmad menjelaskan, perubahan pertama adalah proses audisi. Jika tahun lalu hanya menggelar audisi secara langsung di kota yang berada di 34 Provinsi di Indonesia, untuk tahun ini khusus di Jawa Barat, audisi diadakan di dua Kota, yakni Bogor dan Bandung. Begitu pula di Jawa Timur yang berlangsung di Banyuwangi dan Sidoarjo.

1. Audisi Online

"Jadi untuk tahun ini audisi langsung kami selenggarakan di 36 Kota di 34 Provinsi, dan bagi mereka yang tidak bisa mengikuti audisi langsung karena terkendala lokasi yang jauh maupun berhalangan hadir, kami juga menggelar audisi secara online yang bekerja sama dengan Kapanlagi.com/Dangdut," kata Harsiwi.

Audisi LIDA 2019, baik langsung maupun online yang diadakan sejak 7 Oktober berhasil membukukan hampir 16 ribu peserta, 12 ribu audisi langsung dan 4 ribu audisi online. Dengan seleksi yang ketat, dari audisi langsung terpilih 77 peserta, sedangkan untuk audisi online terpilih 3 peserta yang berasal dari provinsi berbeda. Ke- 80 peserta ini akan dikenalkan pada Konser Bhineka Tunggal Ika yang disiarkan pada Senin malam, 14 Januari 2018.

 

2. Tambah Kuota Finalis

Perubahan kedua adalah jumlah duta yang mewakili masing-masing provinsi. Bagi provinsi yang berhasil meloloskan wakilnya hingga babak 10 besar LIDA 2018, berhak mendapat satu tambahan kuota. Sementara bagi provinsi yang berhasil menempatkan wakilnya sampai Grand Final LIDA 2018, mendapat tambahan satu kuota lagi. "Karena ini Liga, jadi kami menggunakan konsep di sepakbola," kata Harsiwi.

Perubahan lain yang dilakukan Indosiar adalah skema kompetisi dimana ke-80 duta akan langsung bertemu dengan provinsi lainnya dan akan dibagi dalam 16 group. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kompetisi LIDA 2019 akan dimulai dnegan Konser Top 80 yang dimulai pada hari Selasa, 15 Januari 2019.

"Pada babak ini peserta yang tersisih masing-masing grup harus pulang dan menghentikan langkahnya di panggung LIDA 2019. Nantinya dimulai dari babak Top 12, ketika kompetisi sudah mulai mengerucut akan ditayangkan Konser Show dan Result," ucap Harsiwi Achmad.

 

3. Kehadiran Juri Tamu

Perubahan keempat adalah adanya juri tamu dari non dangdut untuk melengkapi penilaian dari para dewan dangdut. "Juri tamu ini bergantian, ada Ruth Shanaya, bisa jadi nanti ada Tompi, Anang Hermansyah, mereka akan memberikan penilaian, selain itu memberi pembekalan kepada peserta dengan ilmu yang mereka miliki. Dengan adanya juri tamu ini juga diharap bisa lebih member warna LIDA 2019," ucap Harsiwi Achmad.

Perubahan kelima adalah dengan menghadirkan host baru yakni Jirayut (peserta DA Asia 4 asal Thailand). Jirayut akan menemani Ramzi, Irfan Hakim dan Gilang Dirga dalam memandu LIDA 2019.

 

4. Total Hadiah Fantastis

Perubahan lainnya adalah menghadirkan fashion guru yang lebih banyak, dan perubahan terakhir adalah pada sistem penilaian. Penilaian untuk LIDA 2019 akan dibagi menjadi tiga elemen dengan bobot persentase yang variatif yakni Panel provinsi (5 persen), Dewan juri (20 persen), dan SMS pemirsa (75 persen).

"Yang masih sama adalah jumlah hadiahnya, masih 1 miliar. 500 juta untuk juara pertama, 300 juta untuk juara kedua, dan 200 juta untuk juara ketiga," kata Harsiwi Achmad.

Penasaran? Saksikan LIDA 2019 hanya di Indosiar mulai 14 januari 2019 pukul 19.00 WIB.

 


REKOMENDASI
TRENDING