in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

[Kisah] Nella Kharisma, Pernah Dicolek Sampai Nangis & Manggung Nggak Dibayar

Sabtu, 26 Januari 2019 10:18 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Nella Kharisma © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Nama Nella Kharisma tentu nggak asing lagi dong bagi KLovers. Sejumlah tembangnya jadi favorit, mulai dari Konco Mesra sampai yang terbaru, Kemarin. Ya, lagu Kemarin milik Seventeen Band itu turut juga dinyanyikan ulang oleh Nella dengan aransemen ala Dangdut bernuansa mellow.

Lagu-lagu Nella mendulang sukses, setidaknya sejak diunggah pada Desember 2016 silam, Konco Mesra telah ditonton sebanyak 91 juta kali di Youtube. Sementara lagu Kemarin yang baru diunggah pada 9 Januari ini sudah meraup view sebanyak 7 juta. Duh, luar biasa kan?

Siapa sangka di balik segala kesuksesan Nella Kharisma ini ada perjalanan terjal yang panjang. Ia pernah lho sudah happy nyanyi mengisi acara, eh ternyata nggak dibayar. Nggak percaya?

Ya, dalam 3 vlog Q n A unggahan Perdana Record pada April tahun lalu, Nella ceritakan perjalanan karir hingga mimpi-mimpinya. Ia nggak sendirian, bersama 2 rekan sesama penyanyi Dangdut, Rina Amelia dan Gita Selviana, Nella ceritakan betapa susahnya merintis karier bersama Lagista, Orkes Melayu yang menaungi mereka. Berikut sejumlah ringkasan fakta-fakta soal Nella.

1. Sejak Kelas 3 SMP

Jauh sebelum tahu dunia panggung biduan, Nella mengawali kegiatan bermusiknya sebagai seorang sinden cilik. "Sak durung e nyanyi dangdut aku iku sinden mas (sebelum menyanyi Dangdut aku tuh sinden mas). Pas kecil, TK kecil dulu, TK A. Lagune biyen Rondo Kempling (lagunya dulu berjudul Rondo Kempling)," terangnya.

Ia kemudian mulai seriusi terjun dalam dunia dangdut di usia 15 tahun. "Terus mulai nyanyi Dangdut itu SMP kelas 3 berarti umur 15 tahun," tukas wanita kelahiran 4 November 1994 ini. Ya, kala itu Nella memang masih tercatat sebagai salah satu siswa di SMPN 2 Prambon di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Karier terus bergulir, bahkan saat Nella tengah mengenyam pendidikan di SMA Katolik St. Agustinus Kediri, ia tetap aktif menyanyi dari panggung ke panggung. Duh, kebayang nggak sih semuda itu Nella nggak cuma pusingin tugas sekolah tapi juga sibuk nyanyi sana-sini?

2. Setahun Vakum

Hingga akhirnya ia memutuskan untuk beralih ke naungan orkes melayu yang baru. Gara-gara itu ia harus mengecap pahitnya nggak dapat job. "Kita sempet nggak ada job sama sekali, beneran ini. Kita kan dulu keluar dari grup lama, 1 tahun tuh vakum nggak ada job sama sekali," terang Nella.

Setelah setahun vakum, Nella akhirnya dapat job nyanyi di Wates-Kediri. "sueneng mas dapet job itu di Wates. Bar ngunu mas (setelah itu mas), gak dibayari mas," ujarnya sambil menahan tawa. Sakit nggak berdarah banget nih, sudah happy tapi nggak dibayar.

Pengalaman itu tentu nggak bisa Nella lupakan, kendati kini ia sudah mengecap kebahagiaan. "Tapi sekarang kita sudah menikmati kebahagiaannya ya, Amiien. Mudah-mudahan sukses terus," harap pelantun Bojo Galak ini.

3. Sempat Dilecehkan

Selain sempat nggak dibayar, Nella pernah juga ditowel-towel oleh lelaki hidung belang saat menyanyi. Ia seketika merasa nggak dihormati. "Dulu masih di hajatan kan kalau hajatan banyak orang mabuk-mabukan, pernah dicolek gitu mas. Terus akhir'e nangis. Dipandang sebelah mata," jelas Nella.

Namun kini, menurut Nella, penontonnya sudah nggak begitu lagi. "Tapi kalau sekarang lebih aman mas. Sekarang kan sudah ada hukumnya. Kalau dulu nggak ngerti hukum, ola olo sek an (masih belum paham)," imbuh wanita yang dulunya bercita-cita jadi guru ini.

4. Ingin Jadi Guru

Ya, Nella memang bercita-cita jadi guru, Guru SD lebih tepatnya. "Enggak (pernah terpikir jadi penyanyi). Aku dulu cita-citanya jadi guru. Tapi kita kan bisa nyanyi, hobi juga, terus Alhamdulillah kita jadi penyanyi. Berarti hobi yang dibayar," ujarnya.

Tampaknya cita-cita tersebut belum bisa terwujud, sebab Nella awet banget nih tenarnya di industri Dangdut. Beberapa media bahkan sempat mensejajarkannya dengan Via Vallen. Mereka berdua kerap dicitrakan bersaing sengit. Lantas, apa sih rahasia Nella bisa tenar terus?

5. Attitude Bagus

"Attitude. Pokoknya attitudenya harus bagus biar banyak temen, banyak sodara jadi kan banyak job terus ya kan," jelas Nella. Selain itu, keluarga dan orang-orang terdekat selalu jadi motivasi Nella untuk terus mengembangkan karier.

Terlebih lagi, profesinya ini disebut Nella sebagai hobi yang dibayar nggak cuma membantu perekonomian keluarga semata. "Bisa bantu ekonomi keluarga yang pertama. Bisa dikenal banyak orang. Terus seneng lagi karena hobi yang dibayar, gitu," terang penyuka jajan mie kering ini.

6. Investasi dan Menabung

Meski sudah tenar, wanita pecinta makanan pedas ini sadar bahwa profesi penyanyi nggak selamanya bisa jadi penopang hidup. Sebab itu ia memutuskan berinvestasi. "Invest soalnya kita kan nyanyi nggak selamanya masih ada adik-adik yang di bawah kita. Sing (yang) pinter-pinter sing (yang) ayu-ayu," jelasnya.

"Pokok'e harus pinter-pinter nabung terus invest. Kita kan orang desa, jadi setelah nyanyi kita ngasak brambang (memanen bawang merah). Tandur (menanam) gitu," lanjut Nella menganalogikan investasi dengan bercocok tanam.

Ya, seperti yang KLovers tahu, selain nyanyi, Nella juga punya usaha kaos. "Yang sekarang ini bisnis kaos, kaos Nela Loverslah. Kaos Nella Lovers menjanjikan sekali. Terus kalau sekarang invest dulu aja deh. Invest tanah, sawah po opo (atau apa). Soalnya nyanyi kan nggak selamanya ya mas ya," tegas Nella lagi.


REKOMENDASI
TRENDING