in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Kilas Balik Ayu Ting Ting: Dulu Biduan Keliling, Kini Penyanyi Dangdut Nomor Wahid!

Kamis, 24 Januari 2019 10:08 Penulis: Sora Soraya

Ayu Ting Ting © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Siapa tak kenal dengan Ayu Ting Ting? Penyanyi penuh sensasi yang satu ini memang kerap dihujat karena berbagai kabar miring tentangnya, namun semua komentar negatif itu sama sekali tak berarti bagi Ayu. Pelantun tembang Jangan Gitu Dong ini tetap saja menjalani karier hingga sesukses sekarang.

Berjuang keras untuk bisa menjadi pedangdut nomor 1 di Indonesia, segudang sensasi yang melibatkan nama Ayu Ting Ting pun tergeser dengan ragam prestasi yang diperolehnya. Bahkan ia sempat memenangkan penghargaan Album Dangdut Kontemporer Terbaik di ajang Anugerah Musik Indonesia tahun 2016 lalu.

Namun, tahukah kamu jika perjalanan karier Ayu Ting Ting sebagai seorang pedangdut dan entertainer tak semudah yang kamu bayangkan? Seperti apa sih cerita lengkap masa lalu wanita pemilik nama asli Ayu Rosmalina ini? Yuk simak selengkapnya dalam ulasan berikut!

1. Biduan Keliling

Jauh sebelum menjadi pedangdut dan entertainer tenar seperti sekarang, Ayu Ting Ting mengawali kariernya sebagai biduan dangdut keliling. Sesuai kabar yang beredar, Ayu sudah terbiasa untuk menyanyi di berbagai pentas dangdut dan pesta pernikahan sejak usianya masih 14 tahun.

Beberapa media sempat menyebutkan kalau honor Ayu saat itu sebesar Rp 250 ribu sekali manggung. Saat menjadi host di acara Kilau DMD yang tayang di MNCTV, ia pun sempat berbagai cerita soal masa lalunya yang jauh dari kata mewah dan serba kekurangan.

Di satu kesempatan, Ruben Onsu mendadak muncul dengan membawa kostum lama Ayu yang masih disimpan hingga saat ini. Di hadapan kamera dan seluruh orang di studio, ia pun menyampaikan alasan mengapa masih menyimpan baju lama tersebut.

"Masih disimpan a' (Ruben). Kenang-kenangan aja a', gitu. Jangan sampe ilang. Jadi, semua barang-barang Ayu itu baju-baju nyanyi zaman dulu disimpen sama ayah sama ibu. Karena kalau dulu itu kan kita beli baju desainer itu kan nggak mampu gitu kan," tuturnya sambil berlinang air mata.

Ayu yang tak bisa menyembunyikan kenangan pahit dan sedih di masa lalunya pun merasa beruntung karena kehadiran ayah dan ibunya. Pasalnya selama ini, kedua orangtuanya itulah yang memberikan support besar dan sumber semangat bagi Ayu.

2. Viralnya Alamat Palsu

Dalam perjalanannya sebagai biduan dangdut keliling, Ayu pun akhirnya bertemu dengan seorang produser rekaman. Hingga pada akhirnya ia merekam lagu dan video klip Alamat Palsu yang diciptakan oleh Dadan Indriana.

Saat nama Ayu mendadak viral di tahun 2011, segala hal tentangnya sukses bikin seantero nusantara penasaran. Kepada media, Dadan sempat menyampaikan, "Waktu itu belum yakin. Produser belum yakin. Diuji kembali. Waktu pertama belum ada reaksi bisa diterima. Akhirnya saya melatih lagi gitu. Saya waktu itu cukup keras, galak, mungkin Ayu jengkel waktu itu ya wajar lah bisa dimaklumi. Karena waktu itu saya terus terang aja agak keras agak galak supaya kita menemukan yang terbaik."

Dan benar saja, tak lama memulai kariernya sebagai artis, Ayu pun berhasil menerima penghargaan pertamanya dalam ajang Klik! Awards sebagai Artis Penyanyi Fenomenal Terbaik. Sejak saat itu wajah Ayu sering nongol di TV hingga melahirkan pundi-pundi uang untuk memperbaiki kondisi ekonomi keluarganya.

3. Pernikahan dengan Enji

Berlatih keras untuk memberikan penampilan terbaiknya, Ayu pun menelurkan berbagai karya baru yang nggak kalah hits, salah satunya adalah Sik Asik. Ayu yang membawa napas segar dalam musik dangdut pun memberikan image berbeda pada setiap penampilannya.

Berhasil mencuri hati para penikmat musik dangdut, Ayu pun memulai kisah asmara dalam kehidupan pribadinya. 2 tahun setelah dikenal publik, ia memutuskan untuk menikah dengan seorang pria bernama Henry Baskoro Hendarso atau yang lebih akrab disapa dengan nama Enji.

Ayu menikah di usianya yang terbilang masih sangat muda, yakni 21 tahun. Keduanya pun memilih tanggal 4 Juli 2013 sebagai hari bahagianya saat itu. Dari hasil pernikahan ini, Ayu dan Enji pun dikaruniai seorang putri yang diberi nama Bilqis Khumairah Razak.

Sayangnya, rumah tangga Ayu dan Enji tak mampu bertahan lama. Hanya berselang sebulan usai proses persalinan, Ayu melayangkan gugatan cerainya ke Pengadilan Agama Depok. Setelah melalui proses yang cukup panjang, putusan cerai mereka akhirnya mencapai kata final pada tanggal 1 April 2014.

4. Single Parent & Shaheer Sheikh

Usai resmi bercerai, hak asuh Bilqis pun jatuh ke tangan Ayu. Sungguh sangat memilukan, di usianya yang masih sangat muda, Ayu harus menjadi seorang single parent dan berstatus janda. Namun itu semua dapat dilalui Ayu dengan tegar karena dukungan dari orangtua, adik, serta para fans.

Cukup lama setelah bercerai, Ayu akhirnya mulai dikabarkan dekat dengan banyak pria. Di antaranya adalah Husein Alatas, Ivan Gunawan, hingga Shaheer Sheikh. Dari sekian nama itu, Shaheer adalah pria yang benar-benar berhasil menjadi pacar Ayu.

Berawal dari kesehariannya yang selalu syuting bersama, tanda-tanda cinta pun muncul di hati Ayu dan aktor ganteng asal India itu. Hubungan mereka sempat menghebohkan publik hingga membuat para fans Shaheer patah hati.

Sayangnya, hubungan asmara Ayu lagi-lagi harus berakhir dengan perpisahan. Meski sedih, mereka memutuskan untuk tak lagi bersama sebagai pasangan kekasih.

5. Soal Raffi Ahmad & Hujatan Netizen

Salah satu pria yang sering muncul dalam kehidupan pribadi Ayu tidak lain dan tidak bukan adalah Raffi Ahmad. Dari dulu hingga kini, rumor kedekatan di antara mereka tak pernah padam karena kebersamaan mereka di lokasi syuting.

Gara-gara rumor itu pula, Ayu menjadi sasaran empuk haters yang menuduhnya jadi orang ke-3 dalam rumah tangga Raffi dan Nagita Slavina. Namun rumor itu sama sekali tak berpengaruh dalam karier Ayu sebagai seorang entertainer.

Bahkan dalam setiap kesempatan, Ayu justru mengaku tidak peduli pada hujatan haters. Seperti yang baru saja terlihat dalam vlog terbaru Ria Ricis di YouTube yang bertajuk 'LIAT ISI RUMAH AYU TINGTING, ASLI BETAWI!! - Ricis Kepo (PART 1)'.

Ditanya Ricis soal haters, Ayu pun menyampaikan, "Nggak ngaruh, buktinya haters banyak alhamdulillah rezeki ada kan? Biarin aja, selagi mereka mau ngomongin kita kayak gimana-gimana. Yang penting mereka nggak nyolek badan kita, nggak ngelukain keluarga kita secara langsung, nggak masalah. Itu kan hanya mereka cuma ketik-ketik berani di media. Itu kan nanti mereka sendiri yang tanggung jawab, bukan kita juga."

6. Bisnis yang Dikelola Ayu

Menghasilkan pundi-pundi uang dari usaha kerasnya berkarier di dunia hiburan, Ayu pun ternyata masih memikirkan masa depannya. Tak hanya ingin berfoya-foya dengan kekayaan yang dimilikinya, rupanya Ayu juga menjalankan berbagai bisnis di bidang kuliner seperti kue, snack, hingga yang terbaru, catering nasi kuning.

Nggak cuma kuliner, bisnis lain Ayu juga berjalan di bidang fashion seperti clothing line-nya yang bernama A2T. Sebelumnya, Ayu juga sempat merilis produk perawatan rambut berupa sampo dan conditioner.

Bisnis yang dijalankan oleh Ayu pun mendapat bantuan langsung dari adiknya yang bernama Assyifa Nuraini. Hal ini tak jauh berbeda seperti yang dilakukan oleh Ruben Onsu, yang menyerahkan urusan bisnis keluarganya pada sang adik, Jordi Onsu. Bukan tanpa alasan, itu semua karena padatnya jadwal mereka di dunia hiburan.

7. Pedangdut & Host Top Masa Kini

Kini di usianya yang terbilang masih sangat muda, yakni 26 tahun, Ayu sudah berhasil menunjukkan eksistensinya di dunia hiburan. Dikenal sebagai penyanyi dangdut papan atas, di tahun 2018 lalu ia sempat dikabarkan menjadi pedangdut dengan bayaran termahal.

Beberapa media di tanah air menyebutkan bayaran Ayu yang cukup beragam. Mulai dari 50 kali juta sekali manggung, hingga mencapai angka 150 juta. Bahkan saat menjadi bintang tamu di acara pernikahan mewah di Binuang yang sempat viral itu, Ayu dikabarkan mendapat honor 500 juta. Saat diminta tanggapannya soal angka fantastis itu, Ayu tidak mau berkomentar lebih banyak, "Aminin saja, aminin saja."

Tidak hanya menjadi penyanyi, Ayu juga berkarier sebagai host di acara Brownis. Bersama Ruben dan Ivan Gunawan, mereka selalu muncul di layar kaca untuk menyapa publik dengan isu-isu kontroversial yang sedang ramai diperbincangkan.

Berkat popularitasnya itu, nggak heran jika saat ini Ayu berhasil menjadi selebriti Indonesia dengan jumlah follower terbanyak. Mencapai angka 29,5 miliar, kamu nggak perlu meragukan lagi berapa level tarif endorse miliknya. Berawal dari nol, kini Ayu bisa menikmati kehidupan serba mewah dan bahagia bersama keluarga yang selalu mendukungnya. Sukses terus ya Ayu! ;)

(kpl/sry)

Editor: Sora Soraya


REKOMENDASI
TRENDING