in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Sempat Tak Bisa Cengkok, Kenapa Kristina Nekat Jadi Penyanyi Dangdut?

Minggu, 20 Januari 2019 08:12 Penulis: Dhefa Mauren Roos Mary

Kristina © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Kristina Iswadari bisa dibilang sebagai salah satu pedangdut senior di industri musik, jam terbangnya tinggi, dan cengkok dangdutnya pun khas. Namun siapa sangka jika sebenarnya di awal karirnya ia sama sekali tidak bisa cengkok dangdut.

Ya, fakta ini amat unik. Kristina yang tumbuh menjadi seorang penyanyi dangdut ternama ternyata di tak bisa cengkok sama sekali di masa lalunya. Padahal biasanya kebanyakan penyanyi dangdut pasti jago bercengkok. Ditambah lagi kabar kalau dirinya lebih jago bernyanyi pop dan rock. Namun Kristina tak ragu untuk mengakuinya.

"Benar banget! Dulu aku tuh enggak bisa sama sekali menyanyi dangdut. Cengkok dangdut aku enggak bisa," tegas Kristina saat diwawancarai via ponsel pintar pada Jumat (18/1/2019).

1. Kok Nekat 'Nyemplung' ke Dangdut?

Fakta bahwa dulu Kristina tak bisa bercengkok sama sekali mengarah kepada sebuah pertanyaan. 'Apa yang membuatnya tiba-tiba nekat masuk jalur dangdut yang notabene mengharuskan dirinya jago bercengkok?' 

Sebuah alasan kuat mendasari kenekatannya 'nyemplung' genre ini. Kristina yang saat itu sudah menjadi penyanyi punya mimpi yang besarnya untuk memiliki album. Mimpi besar itulah yang mendorongnya untuk nekat 'nyemplung' ke genre dangdut, termasuk juga belajar cengkok.

"Sebagai penyanyi aku pingin dong rekaman, pingin punya album seperti penyanyi pada umumnya. Setiap aku menghadap produser, aku disuruh menyanyi dangdut. Bukan sekali dua kali mereka mengatakan itu, selalu. Karena aku pingin banget masuk dapur rekaman, ya sudah, aku mengalah. Aku lalu belajar menyanyi dangdut. Perjuangan aku enggak gampang. Harus belajar menyanyi dangdut itu enggak gampang," jelasnya.

2. Perjuangan Memilik Cengkok Dangdut

Ambisi Kristina demi memiliki album berimbang dengan kerasnya usaha yang ia lakukan saat itu. Deretan usaha rela ia lakukan. Mau tahu apa saja usaha yang ia lakukan?

"Perjuangannya seru juga. Untungnya aku sudah punya pengalaman manggung. Saat manggung itu sudah mulai bawain lagu dangdut meski cengkoknya enggak dangdut banget. Aku panggil guru vokal yang khusus melatih aku cengkok dangdut. Belajar cengkok dangdut itu enggak mudah lho. Apalagi cengkok dangdut yang keriting, hehehe. Dengan perjuangan yang tak kenal lelah pelan-pelan akhirnya aku mulai bisa," pungkas Kristina menjelaskan.


REKOMENDASI
TRENDING