in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Begini Tanggapan Fildan D'Academy 4 Soal Image Dangdut Yang Norak

Kamis, 22 November 2018 13:25 Penulis: Editor KapanLagi.com

Fildan Dangdut Academy 4 (credit: bintang.com/Adrian Putra)

Kapanlagi.com - Fildan pria asal Sulawesi Tenggara yang berhasil menggeser Putri Isnari asal Kalimantan Timur dan menjadi pemenang Dangdut Academy 4 ini namanya tidak lagi asing. Keberhasilannya pada ajang Dangdut Academy 4 sebagai pemenang membuat karirnya di dunia tarik suara semakin melejit.

Menjadi seorang penyanyi dangdut pasti kurang lengkap jika saat tampil tidak ada goyangan dari sang penyanyi. Ibarat pepatah "Bagai sayur tanpa garam" pasti rasanya ada yang kurang jika dangdut tanpa goyangan. Seperti halnya dimana seorang penyanyi dangdut pada setiap penampilannya akan diiringi oleh dancer.

Tak heran jika di Indonesia banyak penyanyi yang memiliki bermacam-macam goyangan yang ia bawakan saat tampil. Goyangan pertama yang menggemparkan dunia hiburan jagad raya yakni goyang ngebor milik Inul Daratista, goyang patah-patah milik Annisa Bahar, goyang gergaji milik Dewi Persik dan goyang itik milik Zaskia Gotik.

"Mereka menyanyi seadanya saja, bukan menjual suara, tapi goyangannya yang heboh. Buat saya sih itu urusan mereka. Yang penting saya mencintai dangdut karena keindahan musiknya," tutur Fildan saat ia ditanya mengenai pedangdut yang hanya bermodalkan goyangan saja.

Fildan Dangdut Academy 4 (credit: bintang.com/Adrian Putra)Fildan Dangdut Academy 4 (credit: bintang.com/Adrian Putra)

1. Bagaimana Dengan Image Dangdut Norak?

Ketika Fildan diminta menanggapi soal image dangdut yang dianggap norak dan kampungan "Saya nggak pernah berpikir dangdut itu norak atau apa yang penting jiwa saya nggak mau melihat sisi negatif, tapi positifnya. Karena saya bernyanyi apa saja, blues, rock, dan itu saya nikmatin, jadi yang penting musik itu nggak mengganggu. Kalau mengganggu yah jangan didengerin," ungkap pendapatnya.

"Jadi menurut saya jangan suka mengotak-ngotakan musik, kalau suka dangdut jangan bilang tidak suka. Karena semua musik sama, menghibur. Kecuali kalau musiknya menganggu di telinga," jelasnya dengan lugas.

2. Tips Supaya Dangdut Tidak Norak Ala Fildan D'Academy 4

Hal-hal yang dilakukan Fildan agar dangdut terkesan elegan dan tidak dianggap norak yakni dengan cara gaya bernyanyi yang menggabungkan pop, rock dan bakatnya yang bermain gitar. Selain itu juga ia juga sering memberi warna baru di sebuah lagu dangdut dengan cara mengaransemen yang hasilnya sangat disukai oleh semua kalangan.

"Warnanya tetap dangdut, tapi mungkin bisa dibilang dangdut kontemporer kali ya, misal  pukulannya pop, ketukannya seimbang, nyanyinya dangdut dan sedikit cengkok," saat disinggung warna baru apa yang ia maksud.

Penulis: Nanda Sukma

(kpl/mag/nan)


REKOMENDASI
TRENDING