in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Via Vallen, Dari Ngamen Ditangkap Satpol PP Hingga Ditawari Duet Oleh Boyband K-Pop

Rabu, 30 Januari 2019 09:01 Penulis: Rahmi Safitri

Via Vallen © Istimewa

Kapanlagi.com - Vyanisty atau bukan, sepertinya sekarang nggak ada yang nggak kenal dengan seorang Via Vallen. Sejak lagu Sayang menjadi viral banget di kalangan masyarakat Indonesia tak peduli jenis kelamin dan usia, nama Via Vallen pun bukan cuma dikenal tapi juga diidolakan banyak orang.

Tentunya kita tahu, kalau Via ini menjadi salah satu selebritis Indonesia populer lewat perjuangannya dari bawah. Banyak hal yang dilakukan Via yang dari kecil memang suka banget dengan dunia tarik suara yang kini menjadi mata pencaharian pertamanya.

Buat yang belum tahu, beginilah sedikit kisah perjalanan Via Vallen yang penuh inspirasi karena tak pernah menyerah biarpun serangan haters datang!

1. Berawal Dari Ngamen dan Diusir Satpol PP

Nama aslinya Maulidya Oktavia, kelahiran 1 Oktober 1991. Bakat menyanyi sudah mengalir di darah Via sejak masih kecil. Layaknya anak lain yang suka menyanyi, sepertinya ia bermimpi dari dulu untuk bisa mendapat uang dari dunia tarik suara.

Oleh karena itu bersama adik-adiknya, Via pernah mengamen di jalanan Sidoarjo saat masih kelas 5 SD. Dari situ sehari hanya mendapat uang Rp 4 - 25 ribu. Ya lumayan sih zaman dulu segitu bisa buat jajan bagi anak-anak kecil.

Sayangnya ada pengalaman kurang mengenakkan juga nih saat Via mengamen. Dia dan adik-adiknya pernah ditangkap oleh Satpol PP saat sedang ngamen di jalanan. Well, kayaknya sekarang kalau Via 'ngamen', pasti bakal banyak yang seneng nih dapat hiburan di jalanan.

2. Juara Nyanyi Wakili Sekolah

Ini nih bukti lain dari bakat Via di bidang tarik suara. Ketika remaja, dia menuntut ilmu di SMK Walisongo, Gempol, Pasuruan. Saat itulah Via pernah mewakili sekolahnya dan menjadi juara. Lucunya nih, ketika Via ikut reuni sekolah tahun 2018 lalu, ia mendapat replika piala untuk keberhasilannya di masa sekolah.

Ngomong-ngomong soal nyanyi nih, Via awalnya lebih ke arah pop rock. Nggak heran dia bilang ngefans dengan grup internasional Evanescene yang dulu pernah populer banget dengan lagu Bring Me To Life

Setelah trauma ngamen gara-gara pernah ditangkap Satpol PP, Via pun memilih mengembangkan bakat dengan bernyanyi di panggung kecil ke panggung kecil lainnya, seperti di acara pernikahan. Ayah Via sendiri ternyata juga sudah pengalaman dalam bernyanyi antar kampung seperti ini. Yap, Via memang dari SD sudah tampil di panggung lho!

3. Ikut Orkes Dangdut

Suka dengan musik Pop Rock, tapi jalan hidup mengantarkan Via menekuni dunia dangdut. Apalagi sejak ia bergabung dengan orkes dangdut koplo, Sera, yang cukup punya nama di wilayah Jawa Timur. Jadi sebelum terkenal dan viral banget sejak lagu Sayang, nama Via sudah dikenal banyak penggemar musik koplo Jawa Timur.

Satu keunikan Via Vallen dibanding penyanyi dangdut lain, dia penampilannya sopan dan nggak pernah buka-bukaan. Selama manggung, juga selalu didampingi oleh orangtua. Bahkan saat Via diundang menyanyi di Hong Kong pun, sang ibu dengan setia mendampingi dirinya.

Via memang tipe sayang keluarga. Nggak heran di setiap postingan ia sering sekali mengunggah kebersamaan dengan orangtua dan saudara. Tiap kali liburan, termasuk saat ke luar negeri, keluarganya pun selalu diajak.

4. Dua Kali Ikut Audisi Indonesian Idol

Ajang pencarian bakat memang menjadi impian banyak orang yang berbakat di bidang tarik suara untuk bisa populer. Tak terkecuali Via Vallen, tapi tentu saja, sebelum dia populer seperti sekarang tentunya. Via ternyata dulu bermimpi bisa berdiri di panggung Indonesian Idol, salah satu kontes menyanyi populer di Tanah Air.

Via mengaku pernah mencoba audisi Indonesian Idol tahun 2008. Antre dari pagi sampai siang. Setelah masuk ruang audisi, Via langsung ngacir pulang karena harus segera ikut ujian.

Dua tahun kemudian impiannya belum padam. Via ikut audisi Indonesian Idol lagi dong demi mimpinya dan rela antre sampai sore. Baru setelah tampil di hadapan juri, Via langsung buru-buru pulang karena ada jadwal manggung. Yap kala itu dia memang sudah jadi penyanyi orkes.

Kini mimpi Via itu terwujud dalam bentuk lain. Tanpa perlu audisi dan antre, Via sudah tampil di panggung Indonesian Idol. Ia tampil di acara Result and Reunion Show Indonesian Idol 2018 sebagai bintang tamu. Sempat tampil di depan juri dan ceritanya seolah-olah sedang audisi serta berhasil mendapatkan Golden Ticket.

Bukan cuma itu saja, Via bahkan dipercaya menyanyikan lagu tema Asian Games Jakarta Palembang 2018. Ia juga tampil membawakan lagu tersebut di upacara pembukaan di depan puluhan ribu penonton.

5. Suka Cover K-Pop Sampai Diajak Duet Boyband

Salah satu kepopuleran Via Vallen ini adalah dia sering mengunggah video cover lagu di channel YouTube. Uniknya Via nggak hanya menyanyikan lagu Indonesia saja, tapi juga Inggris hingga Korea. Salah satunya yang sempat viral adalah saat dia menyanyikan lagu Du Ddu Du Ddu milik girlband Korea yang lagi populer banget, BLACKPINK.

Ngomong-ngomong soal K-Pop nih, Via pernah keceplosan lho bilang dirinya dapat tawaran duet dari boyband K-Pop senior. Sayangnya sih saat itu Via nggak mau terlalu banyak membicarakan hal ini karena dirinya perlu ke Korea dulu buat mendiskusikan rencana kolaborasi ini.

"Jadi Via tuh ada tawaran buat kolaborasi sama artis Korea gitu, cuma ini masih rahasia. Cuma via juga masih harus siapin jadwal, tanggal segini ke Korea buat kenalan sama mereka. Cuma masih belum. Boyband. Ada lah, Via nggak bisa kasih tahu sekarang, karena belum pasti. Maksudnya gini, Via harus ke Korea dulu ketemu sama mereka, kayak beradaptasi kenal sama mereka. Udah dari beberapa bulan lalu, cuma belum ada kesempatan karena off air," kata Via kala itu.

6. Populer Tapi Penuh Tantangan

Seperti yang dibahas sebelumnya, Via sekarang memang sedang berada di puncak karirnya. Tapi bak kata pepatah, semakin tinggi pohon maka semakin kencang angin bertiup. Itu pula yang terjadi di karir Via Vallen.

Ia memang sukses merebut hati banyak orang, tapi sayangnya tak sedikit pula haters dan kritikan datang mengusik kehidupan Via Vallen. Mulai dari disebut sebagai saingan Ayu Ting Ting, tak punya lagu sendiri, sampai body shaming dari warganet untuk dirinya di kolom komentar Instagram.

Tapi Via seperti nothing to loose dan seperti paham kalau itu adalah konsekuensi dari sebuah kepopuleran. Dia tetap bernyanyi dan menghargai para fans yang selalu mendukungnya. Bahkan salah satu harapannya di tahun 2019 adalah bisa merilis lagu ciptaan sendiri.

Sukses terus, Via Vallen! Ditunggu karya-karya terbarunya!


REKOMENDASI
TRENDING