INDONESIA

Titien Wattimena Ikutan Bikin Proyek LA Lights Indiemovie 2012

Selasa, 25 September 2012 00:00  | 

Rudi Soedjarwo


Titien Wattimena Ikutan Bikin Proyek LA Lights Indiemovie 2012
Titien Wattimena





KapanLagi.com -

Di dunia perfilman tanah air, siapa yang tak kenal dengan Titien Wattimena? Dari naskah yang ditulisnya, lahirlah film-film berkualitas yang tak hanya diakui oleh publik dalam negeri namun juga di berbagai festival internasional.

Lahir di Ujung Pandang tanggal 8 Juni 1976, Titien mengasah kemampuannya dalam menulis skenario dari kegemarannya menulis apa saja yang dia rasakan. Semasa SMA, perasaannya itu ia tumpahkan lewat puisi. Observasi dan tak cepat menyerah menjadi salah satu kunci keberhasilan Titien dalam menghasilkan sebuah karya.

Bungsu dari lima bersaudara ini memulai karirnya di dunia perfilman sebagai asisten sutradara untuk klip video, iklan televisi dan profil video. Sutradara beken Rudi Soedjarwo lah yang punya peran besar membentuk Titien Wattimena sebagai penulis skenario film yang handal. Rudi memberi kesempatan untuk Titien pertama kalinya menulis naskah (tepatnya merombak yang sudah ada). Naskah yang ditulisnya adalah MENGEJAR MATAHARI (2003). Ia berhasil membuat film tersebut menjadi film berkualitas.

Keberhasilan Titien terus berlanjut dengan menjadi penulis skenario film GERIMIS arahan Sentot Sahid, TENTANG DIA dari cerpen Melly Goeslaw, CINTA PERTAMA (2006), serta terlibat di supervisi penulisan naskah film MALAIKAT TANPA SAYAP dan berduet dengan Armantono dalam penulisan scenario film DI BAWAH LINDUNGAN KABAH.

Di tahun 2012, Titien menjajal peruntungan baru sebagai sutradara film yang naskahnya dia tulis sendiri, yaitu HELLO GOODBYE. Ia juga menulis naskah ? (TANDA TANYA) bersama Hanung Bramantyo. Dalam ?, mereka mengeksplorasi tema spiritualisme.

Soal prestasinya, jangan ditanya. Lewat film berjudul BELKIBOLANG, Titien melanglang buana ke berbagai festival film internasional, di antaranya Internasional Film Festival Rotterdam 2011, Udine Far East Film Festival, Italy 2011 dan Jeonju Film Festival, Korea 2011.

Bersama LA Lights, Titien bersama penulis skenario terkenal lainnya, Jujur Prananto dan Monty Tiwa, iku serta dalam penggarapan project film LA Lights Indiemovie 2012.

LA Lights Indiemovie merupakan program tahunan yang dipersembahkan LA Lights sebagai penghargaan sekaligus dukungan bagi film-film karya anak bangsa. Program ini terdiri dari workshop yang mengajarkan bagaimana cara nulis skenario yang bagus, cara penyutradaraan yang benar, proses editing dan bahkan akting! Skenario yang ditulis peserta bakal dikompetisikan dan pemenangnya berhak dapat kesempatan untuk merealisasikannya dalam sebuah film berdurasi pendek.

Kamu pun juga bisa berkesempatan membuat film bersama artis-artis beken yang tahun ini melibatkan Asmirandah, Donny Alamsyah dan banyak lagi. Mantap bukan!

Wah... jadi penasaran nih ama film yang bakal lahir dari proyek LA Lights Indiemovie 2012. Semua pastinya worth a wait dengan sentuhan kreatif Titien dan kawan-kawan!

(prl/dka)