KOREA

10 Slang yang Sering Digunakan Anak Muda di Korea, Kalian Belum Gaul Kalau Gak Tahu ini!

Selasa, 04 Agustus 2020 19:20

Kim Hye Yoon dan Rowoon SF9 ©Instagram.com/sf9.krwkcn

Kapanlagi.com - Bagi para pecinta Hallyu rasanya belum cukup apabila hanya mengikuti perkembangan musik, drama, dan fashion saja. Kini tak jarang mereka juga mengikuti gaya bahasa atau kebiasaan yang sedang menjadi trend di Negara Ginseng tersebut.

Bahasa Gaul atau biasa disebut slang ini biasa dipakai oleh anak muda di Negara Korea saat berkomunikasi dengan rekan sebaya. Mereka yang menjadi remaja hits atau AGK alias Anak Gaul Korea pasti sudah tak asing lagi dengan beberapa bahasa gaul yang akan kita bahas ini.

Apa saja sih slang yang biasa digunakan oleh Anak Muda di Korea? Yuk kita lihat selengkapnya!

1. Nam-chin / yeo-chin = Pacar

Nam-chin/ yeo-chin adalah singkatan dari Namja chingu/ Yeoja Chingu yang berarti "pacar". Nam-chin digunakan untuk panggilan pasangan laki-laki, sedangkan yeo-chin digunakan untuk pasangan perempuan. Panggilan tersebut biasa digunakan oleh pasangan remaja yang masih gemes-gemesnya!

 

2. Gapbunssa = Garing/ Tidak Lucu

Gapbunssa merupakan singkatan dari Gapjagi "tiba-tiba", Bunuigiga "suasana", dan Sahaejyeotda "menjadi dingin". Kata yang satu ini sering digunakan saat seseorang sedang mengatakan lelucon, tetapi lelucon tersebut gagal dan tidak lucu hingga timbul suasana yang dingin atau bisa disebut 'garing'.

 

3. Rum-kuk-oph-nooph = Air Mata Badai

Kata ini berasal dari 2 kata, phok-phoong "badai" dan noon-mool "air mata" yang memiliki arti "Air mata badai" alias berderai air mata. Kata yang memang terlihat agak sulit diucapkan ini merupakan salah satu slang yang sering digunakan oleh remaja di Korea.

 

4. Mo-ssol = Jomblo dari Lahir

Berasal dari kata mo-tae-sollo yang berarti "Solo sejak berada di dalam rahim ibu". Kata ini sering digunakan untuk seseorang yang belum pernah berpacaran alias jomblo dari lahir.

 

5. Chi-maek = Ayam dan Bir

Merupakan singkatan yang populer untuk menyebutkan kata adalah kata ayam (chicken) dan (maekju/ bir). Bagi anak muda Korea yang sudah cukup umur untuk meminum alkohol, ayam memang sangat cocok untuk diminum bersama bir. Sedangkan untuk anak muda yang belum cukup umur, biasanya mereka memakan ayam bersama soda.

 

6. Hoonnam = Sosok Lelaki Tampan & Hangat

Kata Hoonnam ini digunakan untuk menggambarkan sosok lelaki tampan yang memiliki penampilan yang bagus dan terlihat seperti sosok yang hangat. Sosok yang cocok dengan panggilan ini salah satunya adalah Lee Seung Gi.

 

7. Choding = Bersikap Seperti Anak Kecil

Kata Choding ini cukup populer tak hanya bagi anak muda di Korea tetapi hampir seluruh K-Popers mengetahui istilah ini. Kata ini digunakan untuk seseorang yang sudah dewasa tetapi masih bertingkah seperti anak kecil. Kata choding ini sangat melekat dengan Kang Daniel yang memiliki julukan Kang Choding dari para member Wanna One.

 

8. Wansonam atau Wansonyeo = Lelaki/ Perempuan yang Berharga

Singkatan yang memiliki arti "sangat berharga" dan yang digabungkan denagn kata namja "laki-laki" atau yeoja "perempuan". Jika disatukan kata Wansonam/ Wansonyeo berarti "laki-laki yang berharga atau perempuan yang berharga". Ungkapan ini digunakan oleh pasangan untuk memuji dan mengungkapkan bahwa mereka sangat berarti untuk satu sama lain. Duh, so sweet banget!

 

9. Oh Geul, Oh Geul = Situasi yang Canggung/ Memalukan

Kata singkatan yang memiliki arti "tangan dan kaki saya terasa merayap" ini digunakan saat seseorang melihat, mendengar atau sedang berada dalam situasi yang dirasa canggung/ memalukan. Misalnya saat melihat orang bermesraan di jalan, kamu bisa menyebutkan Oh Geul, Oh Geul.

 

10. Saengpa = Pesta Ulang Tahun

Saengpa Berasal dari kata saengil pati yang berarti "pesta perayaan ulang tahun". Ungkapan ini biasa digunakan untuk memberi tahu atau mengajak teman untuk datang ke acara perayaan ulang tahun. Pasti seru banget ya!


Wah ternyata banyak kata-kata gaul yang sering digunakan oleh anak muda di Korea ya. Di antara slang tersebut, kata mana yang sudah kamu coba?

Penulis : Safira Damayanti


REKOMENDASI
TRENDING