KOREA

Tak Disangka-Sangka, 7 Lagu K-Pop Ini Ternyata Remake Dari Lagu Lain!

Selasa, 08 Maret 2022 11:21 Penulis: Editor KapanLagi.com

TWICE(Credit: Instagram.com/@twicetagram), Huh Gak(Credit: Instagram.com/@huhgak1020)

Kapanlagi.com - Artikel ini telah ditulis oleh: Aricha Safira Rachma

Dunia hiburan korea sudah meluas di seluruh dunia. Mulai dari film, drama, hingga musik. Musik KPop sekarang juga sedang digandrungi oleh kaum muda. Para agensi di dunia musik KPop berlomba-lomba untuk menghasilkan lagu yang bagus.

Namun tahukah kamu terkadang lagu yang dirilis tersebut merupakan remake dari lagu-lagu yang sudah ada? Beberapa lagu ada yang terdengar seperti lagu lain, mulai dari irama hingga liriknya, tapi bukan berarti mereka melakukan plagiasi.

Berbeda dengan plagiat, remake atau mendaur ulang lagu ini hanya ada beberapa lirik dan bagian yang sama. Tujuannya adalah agar lagu yang sudah terkenal dulunya juga terkenal di masa yang akan datang. Langsung saja berikut deretan lagu KPop yang merupakan hasil remake dari lagu lama.

1. Red Velvet - Be Natural

Lagu Red Velvet yang berjudul Be Natural adalah remake dari lagu S.E.S dengan judul yang sama. Kedua grup ini berada di bawah naungan agensi SM Entertainment. S.E.S merilis Be Natural pada tahun 2000 dan menjadi lagu yang hit.

Red Velvet merilis versi mereka pada Juli 2014, dengan tiga anggota menjadi bagian dari rekaman dan video dance yang menampilkan Irene dan Seulgi. Lagu ini awalnya dirilis dengan nama grup SR14G, bagian dari tim SM Rookies pada tahun 2014. Lagu ini juga menampilkan mantan SM rookies dan anggota NCT saat ini Taeyong sebagai rapper. Lagu ini menunjukkan sisi gadis yang lebih dewasa, dan sangat disukai oleh para penggemar.

2. GFRIEND - American Tourister

Lagu GFRIEND Wave, yang mereka rilis untuk American Tourister, merupakan remake dari lagu dengan judul yang sama oleh UN. Lagu tersebut sukses dan bahkan memenangkan acara musik di Inkigayo.

Versi GFRIEND mengingatkan pada tahun 2001 yang klasik, tetapi mempunyai vibes yang lebih cerah dan lebih terlihat feminin. Video Musiknya menunjukkan mereka sedang bersenang-senang di pantai dan menikmati liburannya.

3. TWICE - Precious Love

Lagu yang berjudul Precious Love yang dibawakan oleh TWICE adalah remake dari lagu Park Ji Yoon dengan judul yang sama. Dia merilis lagu ini pada tahun 1998 dan dianggap lagu yang klasik. Pada saat itu, Park Ji Yoon masih berada di bawah JYP Entertainment, agensi yang sama dengan TWICE.

TWICE merilis versi mereka sendiri pada tahun 2016. Para anggota TWICE mengungkapkan mereka merasakan sebuah tekanan untuk merekam versi baru tetapi untungnya dipandu oleh Park Jin Young. Anggota TWICE, Jihyo dan Chaeyoung membantu menulis bagian rap dari lagu tersebut.

4. I.O.I - Whatta Man

Whatta Man yang dinyanyikan oleh I.O.I adalah remake dari lagu Salt-N-Pepa dengan judul yang sama yang dirilis pada tahun 1993. Lagu ini menjadi terkenal dan memuncak pada urutan nomor tiga di Billboard Hot 100 dan nomor tujuh di UL Singles Chart. Lagu ini bahkan dinominasikan untuk Grammy Award dan American Music Award.

I.O.I merilis versi lagu mereka pada tahun 2016 dan mengambil sampel hook dari lagu Salt-N-Pepa untuk chorus mereka. Lagu ini memuncak di urutan nomor 2 di Gaon Album Chart. Saat mereka mempromosikan lagu tersebut, mereka memenangkan lima kemenangan pertunjukan musik.

5. Girls' Generation-TTS - Holler

Lagu Girls' Generation-TTS Holler adalah remake dari lagu "Hello Me" oleh Mizrock, yang dirilis pada tahun 2007. Komposer lagu telah memberikan lagu tersebut kepada kedua artis, sehingga lagu-lagu tersebut terdengar identik satu sama lain.

Versi Girls' Generation memuncak di urutan nomor 3 di Gaon Weekly Chart dan nomor 6 di Billboard World Digital Song Chart. 

6. Oh My Girl - Listen to My World

A-Ing, yang juga dikenal sebagai Listen to my World, adalah remake dari lagu milik Pepaya yang awalnya dirilis pada tahun 2000. Versi Oh My Girl menampilkan duo reggae Skull dan Haha.

Versi Oh My Girl sukses, Listen to My World menempati urutan di nomor 15 di Tangga Lagu Digital Gaon.

7. HuhGak - Ocean.wav

Lagu HuhGak Ocean.wav merupakan remake dari lagu Bada oleh UP. UP merilis lagu tersebut pada tahun 1997. Lagu tersebut populer dan dinominasikan bersama dengan lagu utama mereka Ppuyo Ppuyo, yang merupakan prestasi yang mengejutkan karena jarang ada dua lagu dari satu album yang bersaing memperebutkan tempat pertama di acara musik.

HuhGak merilis lagu ini dengan versinya sendiri bersama Jung Eunji Apink pada tahun 2016.

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING