KOREA

Kontroversi TWICE Jadi Brand Ambassador Kosmetik Felicya Angelista dan Caesar Hito, Dikritik Penggemar Karena Promosikan Perawatan Pemutih Kulit - Diminta Batalkan Kontrak

Senin, 18 Oktober 2021 08:45

kosmetik Feli & Hito © instagram.com/felicyangelista_

Kapanlagi.com - Felicya Angelista dan Caesar Hito kembali menggandeng artis Korea sebagai brand ambassador produk kecantikan mereka. Setelah sebelumnya wajah ganteng Song Joong Ki dimunculkan sambil membawa produk, kali ini giliran sembilan member TWICE yang diumumkan ke hadapan publik sebagai wajah dari produk yang diklaim bisa memutihkan kulit tersebut.

Pengumuman TWICE sebagai brand ambassador ini ternyata langsung menuai pro dan kontra dari netizen. Di satu sisi, penggemar antusias menyambut idola mereka jadi wajah baru dari produk made-in-Indonesia ini. Tapi di sisi lain, banyak juga yang menyayangkan keputusan JYP Entertainment mengizinkan artisnya jadi brand ambassador kosmetik berpemutih.

Seperti diketahui, produk kecantikan yang mengandung pemutih memang menjadi perdebatan karena diyakini memperkuat diskriminasi berdasarkan warna kulit seseorang. Beberapa merek besar di industri kosmetik bahkan sudah menarik kembali produk pemutih kulit mereka dari pasaran setelah gerakan #BlackLivesMatter gencar dikampanyekan.

1. Minta Kontrak Dibatalkan

Dengan terjalinnya kerjasama antara TWICE dan produk kecantikan Felicya Angelista, fans khawatir idola mereka berkontribusi dalam gencarnya penggunaan perawatan yang mengandung pemutih kulit. Oleh karena itu, ONCE (sebutan untuk penggemar TWICE) menyatukan suara dan mengirimkan email beramai-ramai ke JYP Entertainment untuk membatalkan kontrak endorsement tersebut.

Ini dia isi template email dari penggemar yang diinisiasi oleh akun @TWICESPACE_ kepada JYP Entertainment yang diberi judul 'TWICE promotions':

"Untuk Perhatian. Email ini dibuat untuk menyampaikan kekhawatiran tentang kesepakatan merek TWICE dengan perusahaan Indonesia "Scarlett Whitening" baru-baru ini. Sebagai penggemar TWICE, kami merasa bahwa kami semua dihormati terlepas dari ras/etnis kami adalah hal penting. Kami merasa tidak etis kalau TWICE mempromosikan merek dengan produk pemutih kulit, mengetahui bahwa mereka memiliki penggemar dengan warna kulit yang lebih gelap. Kami meminta Anda (pihak JYP Entertainment) untuk mempertimbangkan hal ini dan memikirkan baik-baik tentang meninggalkan kesepakatan/promosi merek ini karena tidak hanya dapat merusak citra member TWICE, tetapi juga sangat menyakitkan bagi penggemar mereka. Jika TWICE mendapat tawaran yang lebih baik, kami meminta Anda (JYP Entertainment) untuk membiarkan mereka menerima kesepakatan tersebut," tulis ONCE.

"PERHATIAN TAMBAHAN. Kami sebagai penggemar mendapatkan sedikit perhatian terkait keinginan kami. Kami ingin konfirmasi bahwa TWICE tidak akan pernah mempromosikan merek seperti ini lagi. Karena itu benar-benar menyakitkan dan tidak sopan. Terima kasih," imbuh mereka.

Meski demikian, ada juga penggemar yang tidak ambil pusing tentang kontroversi ini. Pasalnya, tidak ada yang mempermasalahkan saat Song Joong Ki ditunjuk sebagai brand ambassador produk yang sama.

2. 'Reaksi' Feli dan Hito

Di tengah kontroversi TWICE sebagai brand ambassador produk kosmetik ini, baik JYP Entertainment maupun Felicya Angelista dan Caesar Hito sama-sama belum buka suara. Meski demikian, pasangan selebritis yang tengah naik daun tersebut justru gencar mempromosikan produk kosmetik mereka dengan BA barunya.

Melalui postingan Instagram-nya, Hito mengungkapkan rasa syukurnya bisa bekerjasama dengan TWICE sebagai 'star ambassador' produk mereka. Tak lupa, ia juga mengajak para followers-nya untuk menjajal produk yang katanya juga dipakai oleh TWICE tersebut.

Hal serupa juga dilakukan oleh Feli di akun Instagram pribadinya. Wanita yang tengah berbadan dua ini terlihat sibuk memamerkan keluaran terbaru kosmetiknya sambil berinteraksi dengan netizen yang kepo dengan produk pencerah kulit tersebut.

Nah, bagaimana menurut KLovers sendiri tentang kontroversi brand ambassador produk kosmetik berpemutih? Stay tune terus di KapanLagi.com untuk update terbaru idola kalian ya.


REKOMENDASI
TRENDING