KOREA

8 K-Pop Idol yang Debut Solo di Tahun 2018, Key SHINee Sampai Jennie BLACKPINK

Selasa, 04 Desember 2018 17:16 Penulis: Gogor Subyakto

Key SHINee - Jennie BLACKPINK. Credit: SM - YG Entertainement

Kapanlagi.com - Key SHINee dan Jennie BLACKPINK merupakan contoh bintang K-Pop yang begitu menarik perhatian dengan visual kece mereka. Selain itu, keduanya juga tentu memiliki bakat dalam bermusik yang bikin fans terpesona.

Nah, Key dan Jennie ternyata memiliki cukup banyak persamaan. Salah satunya adalah keduanya sama-sama debut solo di tahun 2018 ini. Yup, keduanya hadir dengan lagu dan music video yang menunjukkan ciri khas mereka.

Selain mereka berdua, tentu saja masih ada beberapa Idol kece lainnya yang menelurkan karya solo di tahun 2018 ini. Kira-kira ada siapa saja ya? Yuk intip deretan daftarnya di sini!

1. Yuri Girls Generation

Pertama ada Yuri Girls Generation yang mengejutkan fans dengan pengumuman soal debut solonya. Banyak dari mereka tak menyangka setelah 11 tahun menjalani karir akhirnya Yuri mengeluarkan karya solo. Pada bulan Oktober 2018 lalu, Yuri merilis single dan MV bertajuk Into You. Selain itu, ia juga meluncurkan mini album yang diberi judul The First Scene.

Dilansir dari Billboard.com, Yuri sempat menduduki posisi ke-10 dalam daftar Billboard's World Albums. Tak sampai di situ saja, Yuri menempati posisi pertama tangga lagu iTunes di berbagai negara seperti Brazil, Chili, Swedia, Turki, Thailand, Vietnam, Hongkong, Taiwan, Malaysia, Filipina, Singapura, Kamboja, Belize, dan Guatemala.

2. Kyungri Nine Muses

Kyungri dari girl group Nine Muses memang begitu dikenal dengan penampilannya yang bold dan mempesona. Ia juga sukses debut solo lewat lagu dan MV bertajuk Blue Moon. Tentunya kabar debut ini sudah begitu dinantikan oleh para penggemar, mereka pun lantas menyambutnya dengan baik.

Uniknya lagi, Kyungri merilis single debutnya tersebut bertepatan dengan hari ulang tahunnya yakni 5 Juli 2018. Selain itu, Kyungri pun sempat menjadi perbincangan karena mengenakan busana yang sama dengan Solar MAMAMOO dalam MV Blue Moon yang kini sudah mencapai angka 1,3 juta views.

3. Dongwoon Highlight

Berikutnya ada sang maknae dari grup Highlight yakni Dongwoon. Sebelumnya, Idol ganteng satu ini memang sudah debut solo di Jepang pada tahun 2015. Nah, di tahun 2018, Dongwoon pun merilis mini album bertajuk Prelude: Voice dengan single utamanya yakni There's No Eternity.

Untuk lagu bergenre ballad tersebut, Dongwoon memang tak merilis music video. Meski begitu, penyanyi tampan itu membuat fans bahagia dengan penampilannya membawakan lagu There's No Eternity secara live di berbagai outlet hiburan seperti Dingo yang videonya kini sudah ditonton 55 ribu views.

4. Key SHINee

Kali ini ada K-Pop Idol yang memang sudah begitu dinantikan debut solonya oleh para penggemar. Yup, Key SHINee merilis lagu dan MV bertajuk Forever Yours di bulan November 2018. Single tersebut juga dihiasi dengan suara merdu dari teman dekat Key yakni Soyou. Tak makan waktu lama, Key juga kembali merilis lagu baru yakni One of Those Nights berkolaborasi dengan Crush.

Key sendiri memang baru melakukan debut solo setelah 10 tahun berkarya bareng SHINee. "Jika aku merilis album solo debut sebelumnya, aku mungkin telah putus asa dan di bawah tekanan. Beberapa orang ingin album solo mereka jauh di awal. Daripada aku, aku tidak seperti itu, jadi aku menunggu waktu 10 tahun," kata Key seperti dilansir oleh Yonhap.

MV Key SHINee yang bertajuk Forever Yours kini sudah mencapai angka 2 juta views.

5. Jennie BLACKPINK

Saat YG Entertainment mengumumkan bahwa Jennie merupakan member BLACKPINK yang pertama debut solo memang muncul pro dan kontra. Meski begitu, saat Jennie merilis lagu dan MV SOLO pada November 2018, para fans dan publik menyambutnya dengan meriah. Bahkan, single solo Jennie ini membuatnya meraih piala penghargaan di acara musik.

Dengan single SOLO ini, Jennie juga sempat menempati posisi pertama pada tangga lagu Billboard World Digital Song Sale. Tak sampai di situ saja, MV-nya sudah meraih angka 100 juta views setelah 23 hari rilis. Selain itu, dalam video tersebut, Jennie juga begitu mempesona dengan deretan busana dari brand ternama, bahkan sampai ganti baju puluhan kali!

6. Mino WINNER

Banyak fans yang dibuat antusias dengan pemberitaan soal Mino WINNER yang akhirnya debut solo. Yup, Idol ganteng ini baru saja merilis single dan MV bertajuk Fiance di akhir November 2018 yang kini sudah menembus angka 19 juta views. Tentunya, momen debut solo ini mendapatkan sambutan yang baik dari para penggemar dan publik.

Lagu Fiance itu sendiri merupakan single utama dari album perdana Mino yang berjudul XX. Untuk album tersebut, Idol penuh bakat ini bekerjasama dengan deretan produser top di kancah musik K-Pop seperti Kang Uk Jin, Future Bounce, Millennium dan masih banyak lagi.

7. Sohee Elris

Berikutnya ada Sohee yang merupakan salah satu member dari girl group bernama Elris. Nah, pada pertengahan bulan Oktober 2018 ini, Sohee baru saja debut solo lewat lagu yang bertajuk Hurry Up. Dalam single tersebut, bintang di bawah naungan Hunus Entertainment itu berkolaborasi dengan Bolbbalgan4.

Sohee sendiri memang sudah dikenal lewat bakatnya dalam bernyanyi. Bahkan, Idol cantik ini sempat mengikuti ajang kompetisi K-Pop Star 6. Tentunya, kehadiran Elris dengan debut MV Hurry Up yang kini sudah meraih angka satu juta views ini juga disambut begitu baik oleh para penggemar.

8. Elkie CLC

Terakhir ada Elkie yang merupakan salah satu member dari grup CLC. Idol cantik di bawah naungan Cube Entertainment tersebut baru saja debut solo lewat lagu dan MV bertajuk I Dream di akhir bulan November 2018. Kini video tersebut sudah ditonton sampai 561 ribu views.

Sesuai dengan judulnya, I Dream yang juga ditulis sendiri oleh Elkie ini menceritakan tentang mimpi yang indah adalah membuat orang lain bahagia. Selain itu, belum lama ini, Idol satu ini sempat melebarkan sayap ke dunia akting dengan terlibat dalam drama The Rich Son yang tayang di MBC.

So, Idol debut solo di tahun 2018 siapa yang jadi favorit kalian?


REKOMENDASI
TRENDING