8 Video Musik K-Pop yang Bujetnya Fantastis, Garapan Big 4 Agency

Rabu, 05 Februari 2020 22:31 Penulis: Editor KapanLagi.com
8 Video Musik K-Pop yang Bujetnya Fantastis, Garapan Big 4 Agency TXT via YouTube.com/ibighit, Diambil pada 21 Oktober 2019

Kapanlagi.com - Agensi hiburan terbesar K-Pop yang memiliki penghasilan jutaan dollar saat ini ada empat yaitu SMJYP, YG, dan Big Hit Entertainment. Hingga kini, agensi hiburan tersebut tidak khawatir mengeluarkan uang banyak untuk investasi yang tidak sedikit dalam video musik artis mereka. Tidak heran jika video musik dari agensi-agensi tersebut tersaji indah, mewah, dan fantastis. Hasilnya? Sudah pasti video-video tersebut meraih jumlah viewers yang banyak bahkan hingga ratusan juta.

Dilansir dari Koreaboo, berikut adalah 8 video musik K-Pop yang budjetnya fantastis, garapan dari "Big 4” Agensi, dan video musik ini dapat membuktikan seberapa tinggi anggaran yang dikeluarkan agensi-agensi tersebut.

1. SM Entertainment

Agensi SM dikenal memiliki elemen futuristik dalam video musik mereka. Sering menampilkan mobil-mobil mewah serta set yang mewah, mereka melakukannya dengan baik dan semenarik mungkin agar produksi mereka sukses.

Agensi yang didirikan oleh Lee So Man ini memiliki banyak artis yang terkenal. Bukan hanya karena visual mereka yang bak keturunan kerajaan, tetapi juga memiliki bakat menyanyi dan menari yang memukau. Berikut 2 video musik video dari SM Entertainment yang memiliki budget tinggi.

SuperM – Jopping

Grup K-pop SuperM telah resmi memasuki panggung dengan debut yang sangat dinanti-nantikan yaitu dengan merilis lagu Jopping dan video musiknya yang dinamis. Pada bulan Agustus 2019 SM Entertainment telah resmi mengumumkan debutnya boy group SuperM ini.

Banyak fans yang menyebut group ini sebagai “the Avengers of K-pop". Formasi terbaru dari anggota grup SM yang paling popular yaitu  Baekhyun dan Kai EXO, Taeyong dan Mark NCT127, Lucas dan Ten WayV, serta Taemin dari Shinee. Setelah merilis serangkaian cuplikan video dan foto, persembahan pertama grup super ini yaitu lagu "Jopping” yang bergenre pop bop elektronika rilis pada 4 Oktober. Musik video "Jopping" ini terbukti menjadi film pendek penuh aksi dan futuristik yang menampilkan anggotanya sebagai bintang yang bergaya superhero dan menampilkan tarian dramatis dengan pergantian nada saat mereka melakukan koreografi lincah.

Dalam pembuatan video ini tentunya mengeluarkan budget yang tidak sedikit, belum diketahui jumlah pastinya namun bisa dilihat dari beberapa hal yang bikin MV SuperM 'Jopping' ini super mewah. Pembuatan videonya sendiri melakukan syuting di Dubai, tak hanya itu property yang digunakan juga berupa mobil mewah, helikopter, motor racing, ada pula kemunculan tank sebagai background ditengah gurun pasir Dubai. Dan yang terakhir, penggarapan video ini juga menggunakan CGI yang begitu luar biasa dan smooth. Bisa bayangkan KLover berapa budget fantastis yang dikeluarkan oleh SM dalam pembuatan video ini?

NCT 127 – Superhuman

NCT 127 via YouTube.com/smtown, Diambil pada 21 Oktober 2019NCT 127 via YouTube.com/smtown, Diambil pada 21 Oktober 2019

Selanjutnya dari SM Entertainment ada NCT 127 Superhuman yang MVnya rilis pada 24 April. Lagu ini adalah karya pertama mereka dalam jenis pop/disco sound baru. "Superhuman" tidak terlalu bergantung pada rap Taeyong dan bergerak bebas dalam vokal anggota lainnya, yaitu menyoroti suara Haechan, Yuta, Jaehyun, dan lainnya.

Pada bulan April, NCT 127 sedang disibukkan dengan tur konser "NEO CITY – The Origin" dan singgah di beberapa kota di Amerika Serikat dan pada 19 April lalu, NCT 127 menjadi bintang tamu di acara "Good Morning America". Mereka membawakan "We Are Superhuman" untuk pertama kalinya, lagu tersebut di mash up dengan lagu "Cherry Bomb" yang dirilis pada 2017. Taeyong dan kawan-kawan menyuguhkan aksi panggung yang sangat menghibur para penonton.

Mengikuti jejak BTS, Boygroup NCT 127 mencatat rekor Billboard 200 lewat album We Are Superhuman. Dilansir dari Billboard.com album ini menempati posisi ke 11 yang juga telah melampaui rekor mereka sebelumnya. Kala itu, NCT 127 menduduki peringkat ke-86 lewat album mereka Regular-Irregular. Dalam raihan ini NCT 127 juga tercatat sebagai artis SM Entertainment dengan rekor terbaik dalam Billboard 200.

Memiliki kualitas video yang tinggi SM tak tanggung-tanggung dalam mengeluarkan budget demi membuat MV boygroup ini nampak spektakuler. Video tersebut baru-baru ini menggunakan video musik CGI yang apik. Kostum yang mereka gunakan pun mengusung tema robot, dengan kostum dominasi warna silver membuat visual mereka lebih menghipnotis para fans. KLovers sudah lihat MVnya belum nih?

2. JYP Entertainment

JYP memiliki elemen desain yang lebih sederhana daripada SM Entertainment, tetapi set mereka sama-sama rumit dan glamornya. Mereka lebih menekankan pada warna dan pengeditan setelah produksi, seperti yang dapat dilihat di video musik TWICE dan Just2.

TWICE – Feel Special

Feel Special: TWICE via Facebook.com/jypnation, Diambil pada 21 Oktober 2019Feel Special: TWICE via Facebook.com/jypnation, Diambil pada 21 Oktober 2019

Girlband K-pop populer TWICE telah kembali dengan EP kedelapan mereka yang sangat dinanti yaitu 'Feel Special'. Tujuh mini-track lagu ini adalah keluaran kedua grup TWICE tahun ini, setelah 'Fancy You’ pada bulan April lalu.

Beberapa anggota TWICE seperti Nayeon, Jihyo, Dahyun dan Momo ikut membuat lirik untuk beberapa lagu di album EP ini. Lagu ini dibuat oleh produser Ollipop dari Swedia dan penyanyi serta penulis lagu Hayley Aitken dari Australia. Liriknya juga ditulis oleh Park Jin-young, pendiri label TWICE JYP Entertainment. Lirik lagu "Feel Special" menggambarkan seseorang yang seperti cahaya di ujung terowongan yang gelap dan menyampaikan kata-kata hiburan bagi orang-orang yang merasa tidak penting dan putus asa.

Sebagai title track TWICE merilis Music Video dari lagu “Feel Special” ini di YouTube jypentertainment pada Senin (23/9/2019) pukul 06.00 p.m KST atau 16.00 WIB. Video musik ini berdurasi 3 menit 42 detik, diawali dengan TWICE yang menampilkan koreografi untuk lagu “Feel Special” yang kemudian mulai terdengar lantunan Chaeyeoung disambung suara Tzuyu dan Momo, koreo tersebut dilanjut pada menit ke 1 detik ke 55.

Mengusung tema glamour JYP mengeluarkan budget yang tidak sedikit dalam mengatur setting tempat serta kostum yang digunakan untuk masing-masing member. Jihyo dan kawan-kawan tampil begitu anggun dengan balutan busana gemerlap dan latar keemasan. Video klip lagu “Feel Special” diakhiri dengan kamera yang bergantian berfokus pada setiap personel TWICE yang menatap tajam ke arah layar sembari tersenyum tipis.

Jus2 – Focus On Me

Focus On Me: Jus2 via YouTube.com/jypentertainment, Diambil pada 21 Oktober 2019Focus On Me: Jus2 via YouTube.com/jypentertainment, Diambil pada 21 Oktober 2019

Idola K-pop JB (Jaebum) dan Yugyeom dari GOT7 bekerja sama untuk merilis lagu R&B terbaru mereka, berjudul 'Focus On Me'. Sebuah gerakan irama yang memukau disertai dengan visual yang menghipnotis, leader dari GOT7 yaitu Jaebum dan anggota termuda mereka Yugyeom, telah merilis unit pertama mereka Jus2, "Focus On Me." Video musik ini sudah ditonton lebih dari 34 juta di YouTube oleh fans yang menikmati single mereka. Jus2 merupakan unit kedua Jaebum, yang sebelumnya ada JJ Project bersama Jinyoung.

Lagu ini berfokus pada emosi cinta antara dua kekasih saat perasaan mereka muncul lebih dalam. Dilansir dari Soompi JB berkomentar mengenai albumnya ini “Kami bekerja di banyak bagian album ini dari awal hingga selesai yang membuat kami bangga,”.

Jus2 sendiri juga menjelaskan bahwa konsep album Focus adalah berkaitan dengan indera. Setiap judul lagu yang ada didalamnya memiliki arti khusus berkaitan dengan panca indera. Adapun lagu Focus on Me bercerita tentang penglihatan, lagu Drunk on You bercerita tentang aroma, lagu Touch bercerita tentang sentuhan, Senses bercerita tentang indra keenam, Love Talk bercerita tentang mendengar, dan Long Black bercerita tentang rasa.

3. YG Entertainment

YG Entertainment menggunakan alat peraga yang mahal dan berlimpah untuk membuat video musik mereka. Mereka hampir selalu menggunakan set mahal seperti dalam video musik BLACKPINK. Mereka lebih fokus pada kostum artis mereka, dengan membeli pakaian mewah untuk mereka.

BLACKPINK – Kill This Love

Twitter.com/BlackPink, Diambil pada 21 Oktober 2019Twitter.com/BlackPink, Diambil pada 21 Oktober 2019

Video BLACKPINK yang paling banyak ditonton di YouTube dengan liriknya yang menarik yaitu Ddu-du Ddu-du. Dan mereka bisa menantang diri mereka dengan Kill This Love yang tak kalah apik dari single hit mereka sebelumnya, MV ini telah dirilis pada 5 April 2019. Video musik BLACKPINK ini berhasil menjadi musik video (MV) Kpop Group tercepat raih 550 juta views di YouTube.

Setiap anggota mendapatkan momen mereka tersendiri dalam sorotan dengan tampilan yang khas, seperti dalam poster yang sudah dirilis sebelumnya.  Namun, ada banyak penampilan group mereka berempat yang bergaya ala Tomb Raider ketika chorus dance break. Dan salah satu visual favorit dari fans adalah pose BLACKPINK di dalam perangkap beruang raksasa yang berbentuk hati.

Dalam lagu "Kill This Love" ini irama drum lebih dominan dan ditambah dengan lirik lagu yang mendalam membuat lagu ini semakin istimewa. Konsep dalam video musik ini seluruh member BLACKPINK mulai dari Lisa, Jennie, Jisoo dan Rose tampil energik.

Dilansir dari Line Today, hanya untuk dipakai saat syuting video klip ini saja BLACKPINK habiskan dana yang fantastis untuk kostumnya. Jajaran merk ternama sudah mulai muncul pada bagian awal video klip. Seperti halnya atasan Chanel yang dikenakan Jennie, dibanderol Rp265 juta, hanya untuk atasan saja lho KLovers! Adapun dress Jisoo dibanderol harga Rp25 juta. Lisa mengenakan rok sekaligus celana berbahan jeans dari produk A L Y X yang harganya mencapai Rp13 jutaan. Rosé mengenakan jaket seharga Rp25 juta dan kalung Rp24 juta, total pakaian yang dikenakan Rosé ini saja sudah hampir menyentuh angka 50 juta loh. Padahal durasinya cuman dalam beberapa menit, mereka membiarkan ratusan juta rupiah menempel dalam tubuhnya. Cukup bikin kalian ngelus dada kan KLovers?

Lee Hi – No One

Konten Lee Hi merupakan konten yang sangat menakjubkan saat ini. Dia meluncurkan video musiknya yang cantik untuk judul lagu terbarunya “No One,” yang berkolaborasi dengan B.I atau Hanbin yang dulunya adalah sang leader karismatik dari IKON. Lagu ini adalah bagian dari album EP terbarunya yaitu 24 ?. Album EP ini memiliki 5 lagu dan termasuk berkolaborasi dengan beberapa artis seperti Choi Hyun Suk dari TREASURE 13, G.Soul, dan banyak lagi. Video musik Lee Hi “No One” merupakan suatu pencapaian yang menakjubkan.

Setelah hiatus selama hampir 3 tahun, comeback Lee Hi kali ini telah dinanti-nantikan oleh para penggemar. Dalam waktu kurang dari 12 jam, video musik “No One” memiliki lebih dari 300.000 penonton di YouTube. Dalam video musik tersebut terlihat Lee Hi yang begitu memukau para penonton dengan berbagai perubahan busana yang ia kenakan. Tak hanya itu dia juga berulang kali menampilkan model rambut yang berbeda-beda, namun semua style tersebut sungguh cocok dengan gadis yang baru berusia 22 tahun ini.

Hanbin tak hanya ikut berkolaborasi menyanyikan bagian rap pada lagu ini saja, namun dia juga menulis sebagian lirik dan ikut memproduseri lagu ini. Selama proses perekaman di studio Hanbin juga senantiasa menemani Lee Hi. Terlebih lagi Hanbin juga ikut serta dalam pembuatan musik video lagu ini.

 Dapat dilihat pada pertengahan video muncul Hanbin sambil menyanyikan bagian rapnya keluar dari sebuah pintu mengenakan setelan jas warna merah muda yang begitu cocok dengannya, serta warna rambutnya yang berwarna blonde membuat tampilan Hanbin menjadi begitu rupawan. Budget tinggi yang YG pamerkan dalam video ini adalah pengeditan CGI yang sungguh epik, serta set tempat yang begitu elganan, dan berbagai kostum gonta-ganti yang Lee Hi kenakan. Pasti KLovers dibuat jatuh cinta oleh kolaborasi kedua penyanyi muda berbakat ini!

4. Big Hit Entertainment

Big Hit Entertainment mungkin memang yang termuda dari "Big 4" tetapi label ini tidak perhitungan dalam mengeluarkan anggaran untuk membuat video musik mereka. Video artis mereka seringkali sangat berbeda satu sama lain, jarang mengulang desain dan konsep yang sama, dan menampilkan keragaman mereka. Selalu ada hal unik dalam video musik mereka, tak jarang para fans berspekulasi bahwa setiap MV yang dirilis oleh Big Hit memiliki jalan cerita yang saling terhubung satu sama lain. 

J-hope – Chicken Noodle Soup (feat. Becky G)

Twitter.com/J-Hope, Diambil pada 21 Oktober 2019Twitter.com/J-Hope, Diambil pada 21 Oktober 2019

J-Hope dan Becky G dari BTS akhirnya merilis kolaborasi mereka yang telah lama ditunggu-tunggu, pada 27 September bersamaan dengan video musik yang dipadu dengan tarian, yaitu "Chicken Noodle Soup”. Sebagai lanjutan dari mixtape Hope World yang memiliki tujuh lagu pada 2018, "Chicken Noodle Soup" adalah kolaborasi solo pertama J-Hope dan sebagai penghormatan ketika ia mulai menari ketika masih kecil.

Sebelumnya lagu "Chicken Noodle Soup" merupakan lagu yang sempat meledak di pasaran pada tahun 2000-an yang dipopulerkan oleh Webstar dan Young B bersama AG atau lebih dikenal The Voice of Harlem. Kali ini J-Hope dan Becky G berkolaborasi mengaransemen kembali lagu "Chiken Noodle Soup" dengan versi terbaru, dan mereka juga melengkapinya dengan elemen-elemen baru dari J-Hope yang menambahkan lirik berbahasa Korea, serta dipadu penambahan berbahasa latin dari Becky G.

Rapper BTS yang bernama asli Jung Heosok itu bersama Becky G juga membuat ulang koreografi untuk "Chicken Noodle Soup". Mereka menampilkan konsep menyenangkan dan tarian yang mudah diikuti orang lain. Bahkan beberapa member lainnya seperti V, Jimin dan Jungkook sempat ikut mempopulerkan lagu ini dengan mengikuti "Chicken Noodle Soup" challenge yang mereka unggah pada akun resmi twitter mereka.

Menjalankan syuting jauh-jauh ke Amerika, J-Hope berkolaborasi langsung dengan Becky G dalam MV tersebut, terlihat Becky G keluar dari mobil mewah yang tentu harganya tidak murah. Bersama dengan backdancer yang banyak menari serentak. Tentunya BigHit tidak sedikit dalam mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat, crew, dan properti dalam pembuatan video ini ya KLovers!

TXT – Crown

TXT memiliki banyak beban di pundak mereka yaitu menjadi boyband pertama Big Hit sejak fenomena global BTS. Namun berdasarkan MV debutnya, mereka tidak perlu khawatir karena akan dapat mendominasi tangga lagu. TXT, yang juga dikenal sebagai Tomorrow x Together, telah merilis video musik mereka untuk Crown. Lagu yang ceria ini menggambarkan sisi menyenangkan dari TXT dan video tersebut dipenuhi dengan animasi yang menarik.

Anggota TXT Yeonjun, Soobin, Hueningkai, Taehyun dan Beomgyu semuanya mendapatkan sorotan dalam video yang penuh warna, sementara keterampilan menari mereka ditunjukkan dalam berbagai koreo.

Dilansir dari tirto.id MV “Crown” mengandung lagu dengan lirik yang unik, melodi yang trendi serta isinya berbicara tentang momen ketika seorang laki-laki bertemu dengan seseorang yang sangat berbeda namun mirip dengan dirinya sendiri dan membuatnya berdebar. MV-nya juga penuh dengan penggunaan warna-warna cerah dan beragam yang dikombinasikan dengan penampilan polos dari lima anggotanya, yakni Yeonjun, Soobin, Beomgyu, Hueningkai, Taehyun.

BigHit tidak tanggung-tanggung dalam membiayai produksi dari video ini tentunya, MV “Crown” juga memainkan efek grafis bergerak, animasi kartun dengan penerapan konsep virtual reality (AR) yang melengkapi video untuk tampilan yang emosional dan halus. Selain itu, elemen popping yang digunakan sepanjang lagu dan koreografi yang mengingatkan orang-orang tentang "tanduk", dan mereka juga memberikan penampilan unik grup serta tarian yang sinkron.

Itulah 8 video musik K-Pop yang budjetnya fantastis, garapan "Big 4” Agensi, sungguh menakjubkan dan cukup menyita perhatian para pencinta K-Pop. KLovers sudah nonton semua videonya belum nih?

Penulis : Alfi Rizki Maulidyah

 

 

 

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING