KOREA

9 Lagu Yoo Jae Suk Sang Raja Kolaborasi, Terbaru Ada SSAK3 Bareng Lee Hyori dan Rain

Senin, 27 Juli 2020 11:33 Penulis: Renisya Satya Putri

EXO x Yoo Jae Suk - SSAK3 © MBC

Kapanlagi.com - Yoo Jae Suk yang disebut sebagai Nation's MC menjadi satu-satunya selebritis Korea yang memiliki program di setiap saluran TV utama selama lebih dari 10 tahun (Infinite Challenge di MBC, Happy Together di KBS, dan Running Man di SBS). Berkat variety show-nya, Yoo Jae Suk bahkan menjelajah ke industri musik dan merilis beberapa lagu kolaborasi dengan musisi dari berbagai genre.

Baru-baru ini, Yoo Jae Suk memulai debutnya dengan grup bertema 90-an yang viral banget di Korea. Berikut adalah sembilan kolaborasi Yoo Jae Suk bareng deretan musisi Korea papan ata yang wajib kalian intip dilansir dari Soompi.

 

1. Yoon Mi Rae x Tiger JK x Yoo Jae Suk (Future Liger) - Let's Dance

Program televisi Infinite Challenge menggelar acara musik dua tahunan yang dimeriahkan oleh para anggotanya. Event yang diberi judul Song Festival ini menampilkan kolaborasi para anggota dengan musisi top Korea.

Untuk Song Festival tahun 2009 silam, Yoo Jae Suk bekerja sama dengan combo suami-istri Tiger JK dan Yoon Mi Rae. Tim kolaborasi ini membawakan lagu hip hop bernuansa Latin yang berjudul Let's Dance.

2. Lee Juck x Yoo Jae Suk (Sagging Snail) - Apgujeong Nallari & As I Say

Di Song Festival tahun 2011, Yoo Jae Suk menunjukkan sisi berbeda melalui disko yang funky berjudul Apgujeong Nallari bareng Lee Juck. Lagu ini tetap terkenal sampai sekarang dan merupakan salah satu lagu yang merajai tangga lagu (raih posisi kedua).

Awalnya Lee Juck menulis lagu As I Say dan bermaksud menggunakan Apgujeong Nallari sebagai tipu daya untuk membingungkan tim lain. Namun, Apgujeong Nallari ternyata sangat bagus dan pas untuk festival ini sehingga akhirnya dipakai oleh tim Yoo Jae Suk dan Lee Juck.

Lagu As I Say yang terinspirasi dari perjuangan Yoo Jae Suk di usia 20-an kemudian dijadikan penampilan bonus di akhir pertunjukan. Kemudian pada tahun 2015, As I Say terpilih sebagai lagu No. 1 yang paling ingin ditonton ulang oleh pemirsa (dengan 32 persen suara), dan keduanya bersatu kembali untuk mewujudkannya.

3. Yoo Hee Yeol x Yoo Jae Suk (feat. Kim Jo Han) (How Do You Dul) - Please Don't Go My Girl

Pada tahun 2013, Yoo Jae Suk berkolaborasi dengan Yoo Hee Yeol dalam lagu R&B berjudul Please Don't Go My Girl. Yoo Jae Suk menampilkan keterampilan vokalnya pada lagu tersebut, bahkan untuk beberapa bagian yang bernada tinggi.

Saat tampil lengkap dengan standing mic dan gerakan sederhana yang disinkronkan (bareng anggota grup R&B Solid, Kim Jo Han), rasanya kayak throwback ke era 90-an.

4. Park Jin Young x Yoo Jae Suk (Dancing Genome) - I'm So Sexy

Setelah tampil kalem di Song Festival 2013, jiwa dancer Yoo Jae Suk bergejolak. MC kondang ini lantas memutuskan untuk berkolaborasi dengan sang maestro tari, Park Jin Young.

Setelah meyakinkan Park Jin Young untuk menulis lagu dengan BPM cepat, duo ini melepaskan hasrat menari dan juga menampilkan keseksian mereka dalam lagu I'm So Sexy.

5. EXO x Yoo Jae Suk - Dancing King

Para fans berterima kasih kepada Kwanghee karena telah menyiapkan kolaborasi epik ini. Dalam salah satu episode Infinity Challenge, para anggota harus mengirimkan 'surat masa depan', di mana para anggota menuliskan hal-hal yang terjadi dari sudut pandang masa depan. Dalam suratnya, Kwanghee menuliskan dirinya melihat kolaborasi Yoo Jae Suk dengan EXO.

'Masa depan" ini menjadi nyata dengan dirilisnya lagu SM Station yang berjudul Dancing King. Meski berusia kepala 4, Yoo Jae Suk benar-benar mengikuti semua koreografi EXO. MV lagu ini merupakan penampilan Yoo Jae Suk tampil dengan EXO di di salah satu konser mereka di Thailand.

6. Dok2 x Yoo Jae Suk (feat. Lee Hi) - Like

Di edisi spesial Hip Hop x History Infinite Challenge, terlahir kolaborasi lain yang nggak kalah epik antara Yoo Jae Suk dan Dok2. Setiap anggota berkolaborasi dengan artis hip hop dan menggali sejarah Korea dengan bantuan dosen.

Tema ini diusung harapan dapat mendidik generasi muda Korea tentang sejarah negara mereka yang kaya. Dalam lagu Like, Yoo Jae Suk menunjukkan kemampuan ngerap yang keren abis ditambah suara merdu Lee Hi. Apa sih yang tidak bisa dilakukan oleh Yoo Jae Suk?

7. Soran x Jun So Min x Yoo Jae Suk - Confess Already (juga dikenal sebagai Confession of Your Love)

Berakhirnya Infinite Challenge bikin para penggemar sedih karena nggak ada lagi Song Festival yang selalu ditunggu-tunggu. Namun berkat Running Man dan konser ulang tahun ke-9 mereka, Yoo Jae Suk kembali menampilkan kolaborasi musik bareng anggota Jun So Min dan band Soran.

Mereka membawakan sebuah lagu berjudul Confess Already yang terinspirasi oleh pengalaman Jun So Min sendiri.

8. Song Ga In x Yoo San Seul - Farewell Bus Stop

Di tahun 2019, Yoo Jae Suk dan Kim Tae Ho (PD Infinite Challenge) bekerja sama lagi untuk variety show baru How Do You Play? Dalam salah satu episode, Yoo Jae Suk ditantang untuk menampilkan genre trot.

Dengan mengadopsi persona Yoo San Seul, Yoo Jae Suk merilis albumnya sendiri dan bahkan berkolaborasi dengan pemenang acara Miss Trot 2019, Song Ga In, dalam lagu Farewell Bus Stop.

9. Lee Hyori x Rain x Yoo Jae Suk (SSAK3) - Beach Again

Masih dari program yang sama, Yoo Jae Suk membentuk grup tari co-ed bergaya 90-an setelah berhasil meyakinkan artis solo legendaris Lee Hyori dan Rain untuk berkolaborasi dengannya. Dalam lagu Beach Again, terlihat jelas mereka bertiga bersenang-senang saat mengenang kembali era 90-an bersama-sama.

Single pertama mereka Beach Again meraih all-kill setelah dirilis pada 18 Juli 2020, sesuai dengan nama grup mereka (SSAK3 dibaca ssak-sseu-ri, yang artinya "menyapu"). Mereka menampilkan lagu ini secara live di Music Core pada Sabtu (25/7/2020), hari yang sama ketika MV resminya dirilis.


REKOMENDASI
TRENDING