KOREA

Arti BTS, Nama Boy Group Asal Korea Selatan yang Mendunia

Kamis, 25 November 2021 11:44

BTS (Credit: Twitter/BTS_official)

Kapanlagi.com - Arti BTS bagi para ARMY tentu memiliki makna yang begitu mendalam. Namun, seiring perjalanan karier grup musik yang terus menanjak itu, wajar jika hal ini terus menjadi pertanyaan.

Setiap kali BTS meraih penghargaan dan berhasil mengguncang dunia, tentu akan ada orang yang penasaran mengenai para personil, lagu-lagu, serta arti BTS sendiri sebagai namanya. Mungkin, dulu arti BTS tak terlalu dipedulikan orang.

Bahkan, para membernya pernah mengatakan bahwa mereka sempat meragukan nama "Bangtan Sonyeondan" karena merasa nama itu tak terlalu bagus. Namun kini, arti BTS menjadi sesuatu yang luar biasa. Nama ini diteriakan oleh para ARMY di seluruh penjuru dunia. Berbagai piala penghargaan terus mengikuti nama tersebut.

Bagi kalian yang masih penasaran dengar arti BTS, langsung saja, simak penjelasan dalam informasi berikut ini.

1. Arti BTS

BTS dikenal dengan nama lain di Korea Selatan, yakni Bangtan Sonyeondan atau Bulletproof Boy Scouts. Pada tahun 2017, arti BTS ditambahkan menjadi singkatan dari Beyond the Scene.

"Bangtan" sendiri berarti "anti peluru" dan "Sonyeondan" berarti "Sekelompok Anak Laki-laki". Debut dengan nama Bangtan Sonyeondan, membuat mereka seolah muncul sebagai penangkal hal buruk, seperti stereotipe dan caci-maki yang kerap disematkan kepada para remaja.

Mereka berusaha menangkal hal tersebut dan melindungi nilai-nilai yang diyakini dengan musik. Berkat spirit yang BTS berikan, para remaja bisa mempertahankan nilai-nilai yang diyakini untuk mewujudkan cita-cita.

Makna yang mereka dapat dari tambahan nama baru di tahun 2017 pun tak kalah mendalam, yakni orang muda yang tumbuh dan terus melampaui realitas untuk maju. Sejak dari nama, BTS seolah menawarkan spirit yang luar biasa bagi para penggemarnya.

Maka tak heran jika kemudian lagu-lagunya pun kerap membawa pesan positif bagi para penggemarnya.

2. Perjalanan Karier BTS

Masih berkaitan dengan arti BTS, perjalanan karier mereka pun menjadi hal yang selalu menarik untuk dibicarakan. Bermula dari sekumpulan anak laki-laki di sebuah asrama sederhana, kini mereka berhasil bersinar. Bahkan kariernya terus menanjak di tahun ke-8 ini.

BTS memang tidak lahir dari agensi besar,tapi mereka mampu bertahan dan terus tumbuh hingga sekarang. Pada awal kemunculan, mereka melakukan berbagai hal seperti interaksi di media sosial hingga cover lagu di Youtube dan SoundCloud. Selanjutnya, mereka berhasil debut pada tahun 2013 dengan 2 cool 4 Skoll yang merupakan seri pertama "school trilogy".

Seri kedua berjudul "O!RUL8,2?" yang dirilis pada tahun 2013 dan "Skool Luv Affair" pada 2014. Pada trilogi tersebut mereka secara konsisten mengeksplorasi problem dan kecemasan anak muda di masa sekolah. Setelah itu, BTS terus konsisten membicarakan problem yang muncul untuk mengadvokasi kelompok minoritas, peduli tentang kesehatan mental, dan pemberdayaan perempuan.

Bahkan, mereka pernah mendapat surat langsung dari Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Presiden mengakui ketulusan dan inklusi keberagaman mereka sebagai kunci keberhasilan mereka,

"Masing-masing dari tujuh anggota bernyanyi dengan cara yang benar untuk dirinya sendiri dan kehidupan yang dia inginkan untuk dijalankan. Melodi dan lirik mereka melampaui batas daerah, bahasa, budaya, dan institusi".

Meski begitu, BTS pernah mendapat kecaman melalui lagunya. Pada 2016, BTS pernah menuai kecaman karena beberapa lirik dari lagu "Joke" dianggap misogini atau merendahkan perempuan. Lagu tersebut ditulis oleh RM, leader BTS. Hal itu tak menghentikan langkah RM untuk terus belajar.

Bahkan, dalam wawancara bersama "Good Morning America", RM menyinggung soal lirik-liriknya yang misogini di masa lalu. Namun, dia mengaku terus belajar dari pengalaman dan kesalahan tersebut untuk lebih peka terhadap kesetaraan gender.

"Secara pribadi, aku menerima banyak kritik tentang misogini pada tahun 2015-2016. Ini membuatku membawa lirik-lirikku untuk ditinjau oleh seorang profesor studi wanita," kata RM.

"Pengalaman itu adalah kesempatan bagiku untuk merefleksikan diri dan mempertanyakan apakah aku tidak peka terhadap kesetaraan gender. Aku ingin melakukan yang terbaik yang aku bisa untuk tertarik pada topik, belajar dan membuat perbaikan," lanjutnya.

3. BTS Sebagai Grup Musik yang Diakui Dunia

Arti BTS benar-benar membawa dampak yang luar biasa bagi tujuh anggotanya. Meski pada awalnya mereka merasa malu karena namanya tak begitu bagus, nyatanya sekarang nama mereka terdengar begitu megah dan diteriakkan oleh seluruh ARMY di seluruh dunia.

Karya musik BTS berhasil membawa mereka menembus berbagai penghargaan skala Internasional. Pengakuan dari dunia yang diterima oleh BTS pun semakin besar. Setelah berulang kali memuncaki Bilboard Global dan masuk chart musik di berbagai negara, baru-baru ini BTS kembali menggemparkan kancah musik Internasional.

Pada tanggal 22 Oktober 2021, BTS berhasil menyabet piala dari tiga nominasi sekaligus. BTS memenangkan piala kategori Favorite Pop Song, Favorite Duo or Group, dan kategori utama Artist Of The Year. Praktis, karena hal tersebut BTS mencetak sejarah sebagai musisi Asia pertama yang memenangkan kategori tersebut.

KLovers, itulah arti BTS beserta sederet perjalanan kariernya hingga mendunia.

(kpl/gen/ans)


REKOMENDASI
TRENDING