KOREA

Berani Tampil Beda, Sederet Idol Cantik Ini Dobrak Norma Gender dan Stereotip K-Pop

Selasa, 06 Desember 2022 21:21

Idol K-Pop cewek pendobrak norma dan stereotip (credit: istimewa)

Kapanlagi.com - Korea Selatan dikenal sebagai salah satu negara dengan ekspektasi dan standar yang tinggi. Hal ini juga dirasakan oleh insan di dunia hiburan Korea, termasuk idol K-Pop. Selalu saja ada kritik yang mereka terima terkait penampilan dan juga perilaku.

Namun, ada beberapa wanita di industri K-Pop yang berhasil tampil sebagai diri sendiri dan mendobrak norma serta stereotip yang ada. Siapa saja mereka? Intip yuk!

1. Chaeyoung TWICE

Chaeyoung TWICE adalah salah satu idol yang berjiwa bebas. Dia pernah memotong pendek rambutnya tanpa izin dari JYP Entertainment dan memiliki banyak tato meskipun masih dianggap tabu secara budaya.

Dalam salah satu wawancara dengan GQ Korea, dia menyadari bahwa orang sering mengasosiasikannya dengan image imut sejak debut bareng TWICE. Dia menolak label ini dan berkata, "Saya rasa saya juga cocok dengan image yang kuat seperti ini."

Chaeyoung sering mengungkapkan keinginannya untuk keluar dari stereotip idol dan menggali lebih dalam ekspresi dirinya sendiri. Dia tidak takut menjadi dirinya sendiri. Dia juga menjelaskan bahwa bagaimanapun dia memilih untuk mengekspresikan dirinya, baik itu melalui pakaian atau riasan. Chaeyoung juga tidak takut memamerkan tatonya.

2. Moonbyul MAMAMOO

MAMAMOO dikenal sebagai grup menantang standar kecantikan K-Pop. Moonbyul yang secara khusus menentang norma dan stereotip gender sering mengenakan jas.

Dalam karya solonya, seperti video musik untuk "Eclipse", dia menampilkan koreografi sambil mengenakan gaya pakaian maskulin bersama dengan penari latar pria. Sebagian besar gerakan dalam koreografinya adalah tipikal boy group.

Meskipun suka berpakaian yang secara tradisional dianggap untuk laki-laki, Moonbyul tetap bangga menjadi seorang wanita dan meminta penggemar untuk tidak memanggilnya oppa. Dia tidak menolak sisi kewanitaannya sambil mendefinisikan kembali dengan istilahnya sendiri.

3. Amber Liu eks f(x)

Amber Liu memulai debutnya bareng f(x) pada tahun 2009. Di saat kebanyakan girl group mengusung konsep imut dan feminin, Amber memilih untuk tampil beda.

Bahkan saat member-member lain memiliki rambut panjang dan mengenakan rok mini, dia mempertahankan gaya androgininya yang unik dengan potongan rambut pendek yang dipadukan dengan celana pendek atau celana baggy.

Tentu saja penampilan Amber ini tak lepas dari beragam reaksi publik. Meskipun orang-orang bersikap kasar, salah mengira dia sebagai pria, dan mengkritik tubuhnya, Amber terus menolak anggapan bahwa wanita harus bertindak atau berpenampilan tertentu. Dia selalu menunjukkan kepercayaan pada individualitasnya dan belajar untuk menganggap enteng komentar haters dan bahkan membuat lelucon tentang hal itu.

4. Kyla eks PRISTIN

Eks member girl group Pledis Entertainment PRISTIN, Kyla, telah melalui banyak hal. Tumbuh di Amerika, dia bercita-cita menjadi seorang dokter atau idol. Pada tahun 2016, salah satu mimpinya menjadi kenyataan saat Kyla debut bareng PRISTIN setelah menjadi trainee selama enam tahun.

Sayangnya, banyak orang memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap idol dan Kyla tidak memenuhi ekspektasi mereka. Perawakannya sering menjadi sasaran komentar pedas, terutama secara online, meskipun dia masih remaja.

Pada 2017, Pledis Entertainment menghentikan semua promosinya agar Kyla kembali ke Amerika Serikat untuk "menerima perawatan karena kondisi kesehatannya yang buruk". Pada 2019, Kyla secara resmi mengakhiri kontraknya dengan perusahaan. Dia memulai debutnya sebagai artis solo dengan album 'Watch Me Glow', dan menjalani kehidupan terbaiknya.

5. Jessi

Rapper Jessi yang punya style bold juga tak lepas dari pro dan kontra. Dengan kulit kecokelatan, tato, dan tindikan, dia tidak cocok dengan stereotip image idol wanita pada umumnya.

Banyak orang melontarkan kebencian karena Jessi dianggap memiliki "penampilan palsu". Bahkan ada yang salah mengira kejujurannya sebagai kelancangan. Dia sebenarnya adalah salah satu idol paling membumi di industri ini. Dia tidak pemalu dan selalu mengungkapkan pikirannya sambil bangga dengan dirinya sendiri.

Jessi banyak dikritik karena warna kulitnya serta serangkaian operasi plastik yang dijalaninya. Meskipun bukan hal yang aneh bagi idol untuk menjalani operasi plastik, banyak di antaranya dilakukan secara minimal atau dirahasiakan. Jessi, di sisi lain, begitu jujur ??dan terbuka tentang hal itu. Terlepas dari apa yang orang lain pikirkan dan katakan tentang dia, Jessi selalu menjadi dirinya sendiri.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING