KOREA

Comeback Setelah 5 Tahun, Ini Potret Kebersamaan Super Junior K.R.Y Dulu - Sekarang

Kamis, 11 Juni 2020 10:44 Penulis: Dhia Amira

Super Junior KRY (credit: Istimewa; credit: instagram.com/superjunior)

Kapanlagi.com - Setelah terakhir mereka melakukan konser dan mengeluarkan single pada tahun 2015, akhirnya di tahun 2020 ini Super Junior K.R.Y kembali comeback dengan personil yang lengkap yaitu Kyuhyun, Ryeowook, serta Yesung. Sub grup ini dari Super Junior yang terdiri dari 3 member yang dibentuk pada tahun 2006, berselang 1 tahun setelah Super Junior resmi debut.

K.R.Y merupakan 3 penyanyi utama milik Super Junior yang mengambil bagian pada nada tinggi dan peran utama untuk bernyanyi saat bersama dengan Super Junior. Super Junior K.R.Y memiliki warna suara yang berbeda setiap anggotanya, Kyuhyun memiliki warna suara biru, itu karena suaranya yang lembut bisa membuat orang mudah tertidur. Lalu ada Ryeowook yang memiliki warna suara putih, karena ia memiliki suara lantang dan juga jernih. Terakhir Yesung yang memiliki warna suara gelap, karena Yesung memiliki suara serak, lembut, dan juga berat. Walaupun berat tetapi Yesung memiliki suara yang paling tinggi. Dan gelap juga menunjukkan bagaimana Yesung dapat selalu menghayati lagu yang ia mainkan dengan sangat baik.

Penasaran bagaimana potret idol senior yang sudah 14 tahun debut sebagai sub grup K.R.Y. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah potret kebersamaan Super Junior K.R.Y dari dulu hingga saat ini.

 

1. Terbentuk Tahun 2006

Potret Super Junior K.R.Y yang pertama yaitu awal mulai mereka debut sebagai sub grup. Terbentuk tahun 2006 membuat mereka menjadi salah satu sub grup sangat digemari oleh para ELF yang merupakan penggemar Super Junior. Mereka tampil untuk pertama kalinya pada 6 November 2006 di MUSIC BANK KBS, dengan membawakan lagu The One I Love yang merupakan salah satu OST drama Korea berjudul HYENA.

Selain lagu The One I Love, mereka juga memiliki lagu debut yang kedua untuk OST drama yang sama yaitu HYENA dengan lagu berjudul The Night Chicago Died, dan kemudian OST drama lainnya berjudul Snow Flower. Awal debut tahun 2006 mereka sudah memiliki 3 lagu dalam bentuk OST. lalu dilanjutkan pada tahun 2007 hingga 2012 yang semuanya merupakan lagu OST. Kemudian pada tahun 2013 Super Junior resmi merilis single perdana mereka dengan lagu Promise You.

Dalam single tersebut memiliki 2 versi yaitu Korea serta Jepang. Dilanjutkan pada tahun 2015 mereka kembali dengan single kedua yaitu Join hands dan Point Of Return. Disusul dengan lagu Dorothy pada tahun 2015 yang merupakan lagu pada album Spesial Super Junior. Dorothy merupakan salah satu lagu tersukses dan menjadi favorit para ELF yang dinyanyikan oleh Super Junior K.R.Y.

2. Konser Pertama Tour Asia 2010

Setelah banyak mengeluarkan single, akhirnya pada tahun 2010 Super Junior K.R.Y melakukan tour Asia pertama mereka dengan tema The 1St Concert. Tour ini dilaksanakan pada tahun 2010 hingga 2011, dan dimulai dengan negara Jepang sebagai tujuan pertama mereka. Mereka mengunjungi Tokyo, Kobe, dan juga Fukuoka, lalu dilanjutkan dengan negara lainnya seperti Taiwan, Nanjing, Tiongkok dan negara asal Seoul, Korea Selatan.

Tour pertama mereka cukup sukses, diperkirakan semua yang hadir dalam konser tersebut sebanyak 22.000 penggemar. Selain Kyuhyun, Ryeowook, dan juga Yesung ada pula penampilan dari member lain seperti Donghae, Sungmin, dan Heechul sebagai bintang tamu spesial. Lalu ada juga Shinee dan TRAX yang ikut memeriahkan konser tersebut.

3. Konser Tour Jepang 2012

Setelah keberhasilan dari Konser Tour Asia pada tahun 2010, akhirnya K.R.Y kembali menyelenggarakan konser Tour Jepang pada tahun 2012 dengan lebih sukses lagi. Konser dengan mengusung tema Special Winter Concert 2012 pada musim dingin ini diselenggarakan di Yokohama pada 19-21 November. Tidak tanggung-tanggung konser ini dihadiri kurang lebih 15.000 penggemar, dan tiket saat itu terjual habis dalam waktu 3 detik saja.

Selain Yokohama, Super Junior K.R.Y juga melakukan konser di Kobe dan juga Tokyo. Dalam konser tersebut mendatangkan kurang lebih 36.000 penggemar dengan total keseluruhan menjadi 72.000 pengunjung di 3 kota yaitu Yokohama, Kobe, dan Tokyo. Sementara itu, permintaan tiket yang sebenarnya adalah 1.500.000 dan tentu hal ini belum bisa terpenuhi.

4. Konser Tour Asia 2015

Setelah Yesung kembali pada wajib militer, akhirnya Super Junior K.R.Y kembali menyelenggarakan konser Tour Asia pada tahun 2015. Kali ini bukan hanya Jepang dan Tiongkok saja, tetapi Super Junior K.R.Y juga datang ke Asia Tenggara dan mengunjungi Indonesia. Konser ini untuk mempromosikan single album mereka berjudul Join Hands dan juga merupakan gabungan dari Tour Jepang yang ke 2 setelah Yesung kembali dari wajib militer.

Konser Tour Asia 2015 ini dimulai dengan Seoul, lalu diikuti dengan Taiwan, Thailand, Hongkong, dan terakhir Indonesia sebagai penutup. Di Indonesia salah satu member K.R.Y, yaitu Ryeowook memberikan persembahan spesial dengan menyanyikan lagu Separuh Aku milik NOAH dan juga Bunga Terakhir milik Bebi Romeo. Dan menjadi salah satu kenangan yang tak bisa dilupakan oleh ELF Indonesia hingga saat ini.

5. Saling Support

Setelah tahun 2015, akhirnya Super Junior K.R.Y tidak melakukan kegiatan tour ataupun mengeluarkan single terbaru. Mereka mulai sibuk dengan project solo masing-masing serta menjalankan wajib militer untuk Kyuhyun dan juga Ryeowook. Walaupun selama 5 tahun Super Junior K.R.Y sementara vakum, tetapi para member K.R.Y tetap saling memberikan dukungan mereka satu sama lain. Seperti datang ke acara jumpa fans, ikut syuting video klip, hingga datang ke tempat militer untuk mendukung salah satu member yang sedang menjalankan wajib militer.

6. Menghabiskan Waktu Bersama

Potret selanjutnya yaitu menghabiskan waktu bersama-sama. Untuk membayar rindu penggemar, terkadang Kyuhyun, Ryeowook, dan juga Yesung membagikan foto mereka bersama hanya untuk menghabiskan malam tahun baru atau makan bersama. Hal ini tentu saja membuat para penggemar senang dan tetap menunggu untuk Super Junior K.R.Y comeback.

7. Kegilaan yang Abadi

Selain menghabiskan waktu bersama, nyatanya mereka juga melakukan hal-hal gila bersama. Sudah banyak yang mengetahui bahwa member nakal milik Super Junior adalah Kyuhyun, lalu member Super Junior yang selalu berbicara seperti ibu-ibu komplek adalah Ryeowook, dan member tergila yang dimiliki Super Junior adalah Yesung. Banyak kejadian yang memperlihatkan bahwa Ryeowook dan Kyuhyun selalu mengganggu Yesung yang merupakan member ketiga paling tua di Super Junior Setelah Leeteuk dan juga Heechul.

Kedua adik paling kecil di Super Junior ini selalu bisa membuat Yesung kesal dengan kejahilan mereka. Walaupun begitu, banyak member yang berkata bahwa Yesung lah member paling gila di Super Junior. Dan hal ini sudah banyak diberitahukan oleh para member dalam berbagai kesempatan. Jadi sudah bisa membayangkan ya KLovers bagaimana jadinya kalau Kyuhyun, Ryeowook, dan Yesung dipersatukan menjadi satu.

8. Aksi Panggung

Sebelum pada akhirnya mereka comeback pada tahun 2020 ini, sudah beberapa kali Super Junior K.R.Y melakukan aksi panggung mereka. Dan tampilan perdana mereka untuk pertama kalinya sejak 2015 yaitu saat Super Junior melaksanakan konser pertama di Arab Saudi pada tahun 2019, dengan menyelenggarakan Konser yang luar Biasa hingga tiket terjual habis dalam waktu singkat. Setelah konser Super Junior selesai keesokan harinya Super Junior K.R.Y pun tampil.

Hal ini tentu membuat para penggemar merasa iri bercampur haru dengan ELF Arab Saudi. Dan penampilan Super Junior K.R.Y menjadi salah satu tampilan yang banyak menjadi sorotan dan juga perbincangan. Kemudian pada acara tahun baru menyambut 2020, Super Junior K.R.Y kembali tampil bersama di Taoyuan, Taiwan dan menjadi tampilan ke dua mereka setelah 2015 vakum.

9. Comeback 2020

Dan setelah 5 tahun menunggu, akhirnya Super Junior K.R.Y comeback dengan mini album mereka berjudul When We Were Us, pada 8 Juni 2020. Di hari pertama perilisan, album mereka telah terjual hingga 7.395 copy pada situs resmi penjualan Ktown4u hanya kurang dari 12 jam saja. Tak hanya itu Super Junior K.R.Y juga memuncaki tangga lagu iTunes di 29 negara salah satunya Taiwan, Rusia, Makau, Malaysia, Meksiko, Swedia, Singapura, Uni Emirat Arab Emirates, Indonesia, Jepang, Thailand, Filipina, dan Hong Kong.

Tak sampai disitu saja Super Junior K.R.Y juga mengisi trending twitter di beberapa negara setelah perilisan album mereka seperti Korea, Malaysia, Meksiko, Singapura, dan Indonesia. Keberhasilan ini tentu saja di dapatkan dengan kerja keras K.R.Y yang luar biasa setelah 5 tahun, dan juga dukungan dari para penggemar yang telah lama menunggu untuk comebacknya Super Junior K.R.Y.

Itulah potret kebersamaan Super Junior K.R.Y selama karir mereka dari tahun 2006 hingga 2015 dengan pencapaian yang luar biasa selama konser hingga penjualan album. Walaupun telah 15 tahun berkarya di industri hiburan Korea sebagai Super Junior tetapi mereka masih tetap eksis dan dicintai oleh banyak sekali penggemar.


REKOMENDASI
TRENDING