KOREA

Daftar Pemenang 2018 MAMA Hari Pertama yang Digelar di Korea

Selasa, 11 Desember 2018 11:55 Penulis: Ayu Srikhandi

IZ*ONE - WANNA ONE © Mnet

Kapanlagi.com - Ajang penghargaan akhir tahun 2018 MAMA hari pertama digelar kemarin, Senin (11/12/2018). Sederetan bintang Korea tampak hadir dalam event tahunan yang sudah dinanti-nantikan oleh fans K-Pop tersebut.

MAMA tahun ini dijadwalkan berlangsung di Korea, Jepang, dan Hong Kong. Di hari pertama yang dibuka di Korea, Jung Hae In dipercaya untuk menjadi MC dalam ajang penghargaan tersebut.

Dari event hari pertama ini, penghargaan yang paling dinantikan tentu saja adalah Best New Artist.  Siapa yang berhasil membawa penghargaan tertinggi di hari pertama ini?

1. Daftar Pemenang MAMA 2018 Hari Pertama

Berikut daftar pemenang 2018 MAMA di hari pertama yang dilangsungkan di Korea:

Best New Asian Artist 

The Toys (Thailand)

Orange (Vietnam)

Dean Ting (Mandarin)

Marion Jola (Indonesia)

Hiragana Keyakizaka46 (Japan)

Best Engineer

LalellmaNino

Java Finger

Best Composer

Dean

highhopes (Dean - Instagram)

Best Producer

Pdogg

Best Choreographer

Son Sung Deuk (BTS - IDOL)

Best Art Director

MU:E (BTS - Fake Love)

Best Executive Producer

Bang Shi Hyuk

Best Video Director

LO Ging-zim

Best of Next

(G)I-DLE

Best New Artist (Male)

Stray Kids

Best New Artist (Female)

IZ*ONE

DDP Best Trend

Wanna One

2018 MAMA akan berlanjut di Jepang pada 12 Desember dengan Park Bo Gum sebagai MC dan di Hong Kong pada 14 Desember mendatang dengan Song Joong Ki sebagai MC.

2. Kontroversi Pemenang

Setelah IZ*ONE diumumkan sebagai pemenang Best New Artist, banyak netizen yang merasakan kecurangan dengan keputusan yang dibuat 2018 MAMA. Mereka menduga kemenangan IZ*ONE karena girlband ini merupakan bentukan MNet yang merupakan penyelenggara acara.

Seorang sumber dari Mnet memberikan penjelasan, "Benar memang kalau (G)I-DLE mendapat voting yang banyak. Namun yang saya tahu dalam aspek seperti penjualan digital, mereka lebih rendah di bawah IZ*ONE. Tidak ada manipulasi atau settingan di ajang penghargaan ini."

Dilansir Soompi, MAMA 2018 memang sebelumnya telah menyatakan kalau penilaian diambil dari 20% voting di MWave, 30% penilaian panelis, 30% penjualan digital, dan 20% penjualan fisik.

(kpl/jje)

Editoraaa: Ayu Srikhandi


REKOMENDASI
TRENDING