KOREA

Fakta Gaema Musa, Prajurit dan Kuda yang Dilengkapi Baju Baja Seperti di Film THE GREAT BATTLE

Kamis, 30 April 2020 18:15 Penulis: Mita Anandayu

Fakta Gaema Musa © Istimewa

Kapanlagi.com - Pernah melihat drama sageuk atau kolosal Korea? Atau bagi para pecinta drama dan film Korea masih ingat dengan film The Great Battle yang dibintangi oleh Jo In Sung dan Nam Joo Hyuk?

Film tersebut menceritakan tentang prajurit Korea yang terlibat peperangan. Para prajurit dalam film tersebut pun memakai baju yang terbuat besi baja. Ada sejarah tentang baju yang digunakan oleh para prajurit Korea tersebut. Para prajurit Korea tersebut pun disebut sebagai Gaema Musa.

Film THE GREAT BATTLE © Soojak Film/Studio&NEWFilm THE GREAT BATTLE © Soojak Film/Studio&NEW

1. Pernah Dengar Gaema Musa?

Salah satu kerajaan Korea kuno adalah Goguryeo (37 SM - 668 M). Kerajaan ini merupakan kekuatan di Asia Timur yang memenangkan banyak perang melawan Cina serta mengendalikan wilayah Korea Utara. dan Machuria Selatan.

Lalu, apa sebenarnya rahasia di balik kemenangan yang luar biasa tersebut? Di antara banyak alasan, kunci yang dimiliki adalah Gaema Musa. Gaema Musa adalah prajurit berkuda. Mereka dipersenjatai dengan senjata baja. Tak hanya itu, Gaema, yang merupakan panggilan untuk kuda yang ditunggangi para prajurit pun juga dipakaikan baju besi. Gaema Musa disebut sangat terlatih dengan baik.

2. Kondisi Ekonomi dan Teknologi Goguryeo Mampu Membuat Baju Baja

Seperti yang dilansir dari Voluntary Agency Network of Korea (VANK), Pada saat itu, tak mudah untuk mempersenjatai kuda dan orang-orang dengan baju besi baja karena diperlukan teknologi canggih untuk membuat baja serta kekuatan ekonomi yang mendukung.

Namun faktanya, Goguryeo memiliki banyak biji besi berkualitas dan teknologi pengerjaan logam yang canggih. Semua ini diturunkan dari kerajaan Gojoseon (2333-108 SM). Goguryeo kemudian mengembangkan teknologi dan mempersenjatai tentaranya dengan persenjataan baja yang kuat. Hampir seribu tahun kemudian, prajurit berbaju baja seperti Gaema Musa pun muncul di Negara Barat.

Gaema Musa dipersenjatai dengan baju besi dan helm di atas kuda berlapis baja. Mereka selalu menang dalam pertempuran. Pelindung baja tersebut mampu melindungi mereka dari panah dan tombak musuh. Hal ini membuat mereka semakin kuat dan menyerang melalui garis musuh hingga kemudian menciptakan kemenangan.

(kpl/mit)

Editoraaa: Mita Anandayu

 

REKOMENDASI
 
TRENDING