HOME » SELEBRITI » IU

GIRLS POWER! Deretan Artis Wanita Korea yang Tidak Hanya Cantik Tapi Juga Berprestasi!

Jum'at, 15 April 2022 15:02
GIRLS POWER! Deretan Artis Wanita Korea yang Tidak Hanya Cantik Tapi Juga Berprestasi! International Women’s Day credit: KapanLagi Korea

Kapanlagi.com - International Women’s Day yang diperingati oleh seluruh dunia setiap tanggal 8 Maret merupakan peringatan yang diselenggarakan untuk merayakan prestasi dan meningkatkan kesadaran tentang kesetaraan perempuan. Setiap tahunnya, perempuan di berbagai negara merayakan hari tersebut dengan berbagai cara, tidak terkecuali artis-artis wanita korea. Namun usaha mereka untuk meningkatkan kesadaran tentang kesetaraan perempuan tidak hanya dilakukan dalam satu hari aja loh k-lovers. Banyak dari mereka yang sudah melakukan hal positif dan menghasilkan banyak prestasi sepanjang hidup mereka. Prestasi yang mereka hasilkan juga dari berbagai bidang loh K-Lovers, seperti akademik, entertainment dan di bidang sosial kemasyarakatan.

BIDANG AKADEMIK PENDIDIKAN
Selain fokus pada karirnya di dunia entertainment, sederet selebriti korea tidak melupakan pendidikannya karena pendidikan merupakan dasar dari segalanya. Yuk K-Lovers kita lihat selebriti korea yang berprestasi dibidang akademik, siapa tahu ada bias kamu!

1. WENDY RED VELVET
Fans dibuat terpukau dengan nilai dan prestasi yang membanggakan dari Wendy Red Velvet. Wendy dikenal sebagai selebriti dengan kecerdasan diatas rata-rata apalagi kemampuannya berbahasa dan berbicara bahasa inggris, spanyol dan perancis. Sewaktu ia menjadi bintang tamu dalam program PROBLEMATIC MEN ditunjukkan bahwa Wendy mempunyai banyak sekali sertifikat penghargaan dibidang Matematika. Menanggapi hal tersebut, Wendy mengatakan dengan malu-malu, "Aku hanya melakukannya. Tidak ada pelajaran tertentu yang membuatku mengalami kesulitan. Daripada belajar, aku pikir itu lebih seperti bersenang-senang". Ketika bersekolah di Shattuck St Mary's School, Wendy berhasil meraih IPK 3,93 (dari nilai sempurna 4.00). Ia juga mendapat penghargaan pendidikan yang ditandatangani oleh Presiden Barack Obama atas prestasi akademik dan kepemimpinan yang luar biasa.

2. SEOHYUN GIRLS GENERATION
Selain cantik dan berbakat siapa sangka bahwa pemeran MOON LOVERS : SCARLET HEART RYEO ini ternyata juga cerdas loh di sekolahnya! Seohyun bersekolah di Seoul Middle School dan Daeyoung High School dan selama ia menduduki bangku sekolah Seohyun selalu mendapat peringkat teratas. Seohyun juga dikenal sebagai idol yang hobi membaca dan cerdas. Pada 2014 lalu, Ia menerima sebuah penghargaan istimewa saat lulus dari Universitas Dongguk.

3. KIM TAE HEE

Siapa bilang aktris yang memerankan drama "HI BYE, MAMA!" ini tidak pintar? Nyatanya Kim Tae Hee menjadi siswa yang menempati posisi 1-1,5% teratas di Korea dalam ujian masuk Seoul National University. Kemudian saat lulus Ia memperoleh indeks prestasi yang hampir sempurna lho yaitu 4 dari skala 4.3. Ketika dibangku sekolah ia menjadi salah satu siswa kondang karena meraih nilai sempurna di semua mata pelajaran selama 3 tahun berturut-turut. Saat diwawancara oleh koran kampus sebelum wisuda, Tae Hee mengatakan bahwa momen paling berkesan selama kuliah adalah tahun ketiga dimana ia harus menyelesaikan tugas serta menyandang jabatan sebagai ketua klub ski.

BIDANG ENTERTAINMENT
Nah, selain selebritas yang memiliki prestasi di bidang akademik, ada juga selebritis Korea yang berprestasi di bidang entertainment loh, K-Lovers! Yuk simak siapa aja sih selebritas yang berprestasi di bidang entertainment.

1. IU
Aktris sekaligus penyanyi cantik bernama lengkap Lee Ji Eun ini memiliki segudang prestasi di bidang entertainment. IU memenangkan 122 penghargaan dari 289 ajang penghargaan yang ia ikuti. Tak main-main, penghargaan yang ia dapat juga merupakan penghargaan bergengsi Korea bahkan beberapa ajang yang tarafnya sudah internasional. Beberapa penghargaan yang didapat IU, seperti Korean music award, melon music award, Baeksang art award, KBS drama award, Asian pop music award, dan masih banyak lagi.

2. Bae Suzy
Bae Suzy merupakan aktris korea yang popularitasnya di dunia entertainment tidak perlu diragukan lagi. Lewat aktingnya yang ciamik di berbagai drama dan film yang ia bintangi, dapat mengantarkannya memperoleh beragam penghargaan bergengsi di dunia entertainment, seperti blue dragon film dan baeksang art award.

3. Song Hye Kyo
Siapa sih yang enggak kenal Song Hye Kyo? Pecinta drama korea pasti sudah sangat familiar dengan nama Song Hye Kyo. Mantan istri Song Joong Ki ini merupakan salah satu aktris senior loh K-Lovers. Ia mulai mengawali karirnya sejak usia 14 tahun dan masih bertahan hingga sekarang. Tentu saja prestasinya sudah tidak diragukan lagi, ia berhasil meraih 29 kemenangan dari berbagai ajang penghargaan, seperti Daesang, APAN star award, KBS drama award dan masih banyak lagi penghargaan lainnya.

BIDANG SOSIAL
Selanjutnya kita masuk ke kategori sosial nih, K-Lovers. Yap! Banyak artis wanita Korea yang memiliki jiwa sosial yang tinggi dan sangat peduli terhadap kemanusiaan loh. Patut banget diapresiasi dan dijadikan teladan nih! Berikut 3 Artis cantik Korea Selatan yang telah melakukan berbagai aksi sosial.

1. Lee Ji Eun (IU)
Selain terkenal dan memiliki segudang prestasi baik di bidang tarik suara hingga akting, ternyata IU juga melakukan banyak sekali kegiatan sosial. Ia pun dijuluki sebagai selebriti paling dermawan. Pada saat hari-hari peringatan tertentu ia aktif melakukan donasi, seperti pada hari anak nasional Korea, ketika merilis lagu/album, setiap peringatan ulang tahunnya hingga perayaan debutnya. IU juga pernah mengajak masyarakat untuk berdonasi kepada anak-anak kurang mampu dan ia berhasil mengumpulkan USD 20.000 (Rp 191 jutaan) dalam waktu 2 menit. IU juga sangat peduli pada kaum difabel, ia memberi donasi kepada Yayasan Tuna Rungu Korea Selatan sebesar 50 Juta Won (sekitar 636 juta Rupiah). Ketika pandemi COVID 19 melanda, IU berdonasi senilai 100 juta Won yang disumbangkan kepada para tenaga kesehatan di Korea, yang menjadi garda terdepan dalam peperangan melawan pandemi COVID-19. Seorang fans pun menghitung total donasi yang dilakukan IU pada tahun 2020 yakni sebesar 735 Juta Won (9,3 Miliar Rupiah). kini aksi dermawan IU pun diakui dunia. Per 2 Desember 2019 lalu, Forbes menobatkan IU sebagai salah satu "Pahlawan Filantropi Asia: Katalis Perubahan".

2. Park Shin Hye
Aktris cantik dengan sederet judul drama, film dan penghargaan satu ini tak henti-hentinya membuat kagum. Banyak kebaikan yang telah Park Shin Hye lakukan untuk membantu sesama yang membutuhkan. Secara diam-diam ia pernah menyumbang sebesar 50 juta Won sebagai penghormatan kepada korban bencana kapal ferry Sewol pada 2014 lalu. Ia juga peduli kepada gadis remaja kurang mampu dan memberikan donasi sebesar 20 juta won atau sekitar Rp 257 juta itu untuk membeli pembalut kewanitaan. Sejak 2011 Park Shin Hye memang sudah aktif berkegiatan sosial, terutama untuk isu anak dan remaja. Pemeran drama korea sejuta umat THE HEIRS ini bahkan mendirikan Shinhye Center, pusat edukasi untuk anak yang didirikan di Ghana, Afrika, Manila dan Filipina. Ia kini menjadi anggota dari Korea Food for the Hungry International, membantu melawan kelaparan di Dunia dengan menyumbang 1,1 Miliar.

3. Kim Yuna
Meski bukan murni berkarier di dunia entertainment, namun ice skater terbaik Korea, Kim Yuna ini telah menjadi Idolanya orang Korea. Bukan tanpa alasan, ia memiliki sederet prestasi di bidang skater perempuan dan memberikan banyak medali kejuaraan bagi Korea. Selain itu, ia juga memiliki jiwa sosial yang tinggi terhadap sesama yang membutuhkan. Yuna diketahui telah memberikan donasi sebesar USD 100 ribu (Rp 1,2 miliar) lewat UNICEF untuk membantu korban Nepal. Ia pun ditunjuk sebagai Goodwill Ambassador UNICEF pada 2010, dan sejak itu menggunakan ketenaran dan kekayaannya untuk membantu mereka yang membutuhkan di seluruh dunia. Tak hanya itu, Kim Yuna juga secara aktif berpartisipasi dalam upaya bantuan di Haiti dan Jepang. Pada 2013 Ia menyumbangkan 100.000 dollar AS (Rp 1,4 miliar) kepada para korban topan di Filipina. tak heran bahwa ia dijuluki sebagai "sweetheart" nasional Korea Selatan.

Ditulis oleh:
1. Gabriella Calista
2. Nabila Aulia Rizqy
3. Magdalena Bhramanda Putri
4. Endyana Siefani Puteri

(kpl/jje)


REKOMENDASI
TRENDING