KOREA

Sederet Fakta Menarik di Balik Kolaborasi Coldplay dan BTS Pada Single 'MY UNIVERSE' Yang Wajib Kalian Tahu

Selasa, 14 September 2021 15:28 Penulis: Editor KapanLagi.com

Coldplay x BTS (cr: twitter.com/coldplay)

Kapanlagi.com - Bagaimana jadinya jika 2 musisi papan atas dunia bergabung dalam sebuah project kolaborasi untuk menciptakan sebuah karya musik? Tentu saja ini akan jadi sebuah hit baru dalam menggebrak musik dunia. Begitu pula dengan kehebohan saat band ternama Coldplay mengumumkan akan melakukan kolaborasi dengan musisi ternama BTS.

Pengumuman ini tentunya disambut hangat dan meriah dari para penggemar dan sempat menghebohkan Twitter dengan menempatkan hastag #COLDPLAYXBTS di puncak tagar. Kedua penyanyi legend ini akan berkolaborasi dalam single yang bertajuk MY UNIVERSE yang akan rilis pada tanggal 24 September 2021 ini.

BTS RM pada saat melaksanakan konser di Wembley pada tahun 2019, sempat mendapatkan pertanyaan mengenai penyanyi mana yang ingin ia ajak berkolaborasi. Rapper utama BTS itu mengatakan bahwa jika ada kesempatan maka ia ingin berkolaborasi dengan band asal UK, Coldplay. Tidak hanya RM, tetapi di salah satu kesempatan BTS V juga pernah menyampaikan keinginannya untuk berkolaborasi dengan Coldplay.

Dan tahun ini, selang beberapa hari setelah Leader BTS, RM, merayakan ulang tahunnya, BTS dan Coldplay akan merilis single MY UNIVERSE. Namun, tidak hanya itu, ada juga loh beberapa fakta menarik di balik kolaborasi kedua musisi besar ini. Berikut 5 fakta menarik dari kolaborasi Coldplay dan BTS.

1. Diumumkan Oleh Coldplay

Kolaborasi Coldplay dan BTS diumumkan tadi malam pada tanggal 13 September 2021 pada jam 20.00 WIB melalui akun twitter official dari Coldplay sendiri @coldplay. Berita ini sempat mengejutkan beberapa orang dan langsung menjadi trending pembicaraan di sosial media Twitter.

Kolaborasi yang diumumkan oleh Coldplay ini juga di-retweet oleh akun official BTS @bts_bighit tepat setelah Coldplay mengumumkan kolaborasi keduanya. Lagu yang berjudul MY UNIVERSE ini akan rilis tepat pada tanggal 24 September mendatang. Lagu ini akan masuk ke dalam album Coldplay dan bukan BTS, tentunya hal ini adalah sebuah kebanggaan besar untuk ARMY dan juga BTS karena mendapat kesempatan untuk berkolaborasi dengan sang senior yang namanya telah melejit besar di pasar musik internasional.

Tidak hanya ditunggu-tunggu oleh penggemar dan BTS, tetapi Coldplay juga sepertinya sudah menunggu hari dimana mereka akan mengumumkan secara official mengenai kolaborasi besar ini. Ini dibuktikan melalui akun TikTok Coldplay @coldplay, salah satu personilnya Chris Martin terlihat menggunakan sebuah hoodie yang bertuliskan BTS CREW.

 

 

 

 

 

2. Gambar Poster Menggunakan Rasi Bintang

Saat pengumuman melalui akun Twitternya @coldplay, mereka juga menyertakan sebuah poster discography dari lagu tersebut. Poster yang diupload oleh akun Coldplay menggunakan rasi bintang yang ternyata memiliki arti setelah disusun para penggemar.

Rasi bintang itu setelah dianalisis oleh beberapa orang ternyata berbunyi "COLDPLAY X BTS, MY UNIVERSE." Poster tersebut dinilai begitu indah dengan pesan tersembunyinya dan semakin menambah semangat para penggemar dalam menyambut masterpiece ini.

 

 

 

 

 

3. Kampanye One Tree Plant

Bersamaan dengan pengumuman perilisan, Coldplay juga mengumumkan bahwa per tanggal 13 September 2021, Pre-order dan pre-save untuk lagu MY UNIVERSE telah dibuka. Fakta yang lebih mengejutkan saat membuat link pembelian, maka akan terlihat sebuah pengumuman yang menarik di sana.

Pengumuman tersebut memberitahukan bahwa setiap pembelian CD/Kaset/Vinyl dari coldplay store berarti bahwa mereka ikut serta dalam kampanye one tree plant atau membantu lingkungan dengan menanam pohon. Artinya sebagian dari keuntungan yang dihasilkan dari penjualan tersebut akan digunakan untuk penanaman kembali. Beginilah jika yang berkolaborasi dua musisi ternama, tidak hanya menciptakan sebuah karya tetapi juga mendedikasikan karya tersebut agar berguna untuk alam dan sekitarnya.

 

 

 

 

 

4. CD Sold Out

Nama BTS yang begitu melejit disandingkan dengan band legend, tentunya bukan hal sulit untuk membuat sesuatu habis terjual. Kali ini bukan tiket konser, melainkan CD, Kaset, dan Vinyl yang diumumkan pre-ordernya telah sold out dalam hitungan jam.

Album limited edition ini memang memang dijual terbatas sehingga tidak semua orang memiliki waktu yang cukup untuk segera membeli album tersebut. Terlebih lagi bahwa lagu ini akan dinyanyikan oleh Coldplay dan BTS, yang sama-sama memiliki fans yang mempunyai loyalitas yang tinggi.

 

 

 

 

 

5. RM, SUGA, dan J-Hope Terdaftar Sebagai Penulis dan Komposer

Pada Apple musik, ketiga rapper BTS yakni RM, SUGA, dan J-Hope terdaftar sebagai penulis dan komposer untuk lagu MY UNIVERSE. Lagu yang akan dirilis 24 September mendatang ini juga diumumkan akan dinyanyikan dalam bahasa Inggris dan Bahasa Korea, sehingga citra BTS akan benar-benar terpancar dan beradu-padu dengan Coldplay.

Tanpa melepas identitas, BTS kini semakin terbang tinggi dan sudah berada pada level yang tidak lagi menjadi artis lokal tetapi menjadi musisi dunia yang kualitas dan kuantitasnya begitu terpandang hingga kolaborasi ini semakin membuat BTS tidak terbantahkan bahwa mereka memang berada di level yang berbeda dengan idol K-Pop lainnya.

Buat yang penasaran sama lagunya, kalian bisa dengar preview dari lagu ini melalui sound tiktok yang di upload langsung oleh akun official Coldplay, @coldplay.

Ditulis oleh: Siti Radibah Imatufariq

 

REKOMENDASI
TRENDING