KOREA

KEY SHINee Bahas 'Gasoline' Hingga Duet dengan Jeno NCT, Ingin Bangun 'Kerajaan' Sendiri dalam Bermusik

Rabu, 31 Agustus 2022 13:15

KEY (credit: SMTOWN)

Kapanlagi.com - KEY SHINee baru saja comeack ke dunia k-Pop lewat album keduaya yang bertajuk GASOLINE. Lagu andalan pun juga berjudul sama serta sudah dirilis pada hari Selasa sore (30/8/2022).

Sebelum albumnya dirilis, KEY sempat melakukan konferensi pers yang dipandu oleh Jaejae sebagai MC. Di sini KEY menceritakan bagaimana proses pembuatan album hingga perkembangan dirinya sebagai penyanyi dan artis.

"Aku mempersiapkan dengan keras buat sebelas albumnya. Sangat jarang kan, kebanyakan album punya sembilan sampai sepuluh lagu saja," kata pria bernama asli Kim Kibum ini.

1. Soal Lagu G.O.A.T dan Kedewasaan

KEY juga sempat menceritakan pembuatan per lagu dan maknanya baginya. Salah satu yang menarik adalah soal laggu G.O.A.T. (Greatest of All Time). KEY punya persepsi sendiri soal lagu ini.

"Lagu ini punya perasaan yang benar-benar berbeda, seperti mimpi. Greatest of all time, mengingatkan kita pada atlet. Kalau dari pandanganku, buatku, itu seperti menjadi dewasa. Aku dulu mengira, dewasa itu sempurna. Tapi sekarang aku bertanya-tanya apakah aku orang dewasa sejati. Apakah aku orang dewasa yang sempurna buat menikah dan jadi kaya? Itu beberapa kekhawatiran yang aku punya. Benar-benar menggambarkan kebijaksanaan," ujar Key.

"Aku nggak punya sindrom Peterpan (takut jadi dewasa), aku cuma memikirkan banyak hal. Aku selalu berpikir apa yang akan dilakukan setelah melewati usia 30-an," lanjutnya.

2. Gasoline Ditolak Jadi Lagu Utama?

Selanjutnya, Key sempat membahas soal pemilihan Gasoline sebagai lagu utama di album ini. Lucunya, ternyata sempat banyak yang nggak setuju kalau Gasoline sebagai title track.

"Ada 27 dari 30 orang menolak Gasoline sebagai lagu utama. Aku sendiri sih nggak ikut memilih, tapi sebagian besar nggak suka Gasoline. Aku kan ingin tahu bagaimana pendapat orang lain (soal Gasoline) tapi kan sudah diputuskan. Aku sendiri suka dengan Gasoline," kata Key.

3. Bikin 'Kerajaan' Sendiri

Sudah nonton MV Gasoline? Kalau kamu merasa MV-nya sangat keren, nggak salah sih. Karena Key dan staf yang terlibat memang bekerja keras dalam pembuatannya. Key juga punya filosofi sendiri.

"MV-nya sangat mewah dan glamor. Pengeditannya masih berlangsung sampai beberapa hari lalu. Kalau MV Bad Love (single Key yang rilis tahun lalu) di nuansa retro, untuk sekarang, aku ingin menunjukkan diriku sebagai 'setengah dewa'. Aku ingin memainkan peran berbeda di kerajaanku, mitos, atau negara. Aku ingin memberikan rasa tak terbatas seakan aku memerintah kerajaanku sendiri," jelasnya.

4. Kostum Emas Key

Di MV Gasoline, Key salah satunya memakai kostum berwarna emas yang sangat glamor. Pembuatan kostum tersebut juga pastinya nggak main-main dan penuh dedikasi dari tim.

"Itu sebuahnya dibuat dengan custim, dari fitting dan segalanya. Kostum buat syuting jaket juga semuanya buatan tangan. Perlu waktu dua hari pembuatannya dan semua staf bekerja keras."

5. Air Hitam di MV Gasoline

Masih di MV Gasoline, ada adegan di mana Key berdiri di air berwarna hitam. Buat yang penasaran air apa itu, ternyata hanyalah grafis komputer semata.

"Itu sebenarnya grafis komputer. Aku kan ingin mencoba sesuatu yang bold dan surreal. Sesuatu yang nggak pernah dirilis oleh SM. Tapi aku ternyata sangat SM sampai ke tulang. Banyak yang bilang terlalu bold, tapi semuanya suka dengan hasilnya," ungkap Key.

6. Image yang Ingin Dibangun

Key mendapat pertanyaan dari reporter soal poin penting darinya. Image-nya sekarang ini bukan cuma sebagai idol dan penyanyi, tapi juga bintang variety show, aktor, hingga selebgram.

"Aku membicarakan ini setiap saat. Apa yang aku tunjukkan di variety show dan Instagram, aku ingin gambaran tentang diriku kembali lewat musik dan aku harap Gasoline menjadi jembatan. Lagu ini bukan lagu nomor satu bagi setiap orang, tapi cukup untuk menceritakan diriku dan menjelaskan ke mereka di mana sih tempatku secara musikalitas. Semuanya pada akhirnya kembali ke musik. Itu yang menjadi fokusku. Retro adalah tipe dan pilihanku. Aku mengerjakan album ini lebih dari setahun," kata Key.

7. Bawakan Gasoline di Konser SMTOWN Sebelum Resmi Rilis

Sebelum merilis Gasoline, Key sudah membawakan lagu tersebut di konser SMTOWN yang berlangsung di Suwon beberapa waktu lalu. Keputusan Key ini sempat bikin kaget banyak orang, tapi ia sama sekali tidak ragu buat menunjukkan Gasoline terlebih dahulu sebelum perilisan resmi.

"Seperti yang aku bilang sebelumnya, aku ingin menunjukkan performaku kepada semua orang. Penggemar dan teman-temanku ada di sana. Penggemar juga penasaran. Sebelumnya juga sempat bocor lagunya, jadi sebenarnya sudah banyak yang tahu. Mendengar teriakan dari fans rasanya surreal, jadi aku nggak menyesal dengan keputusanku. Sekarang aku nggak mau menyembunyikan diriku. Aku mau terbuka sebagaimana diriku. Fancam dari penggemar pun bagus," ujar Key penuh keyakinan.

8. Alasan Key Suka Retro

Seperti yang dibilang sebelumnya, Key sangat tertarik dengan konsep retro yang juga dijadikannya inspirasi dalam bermusik. Key lalu menjelaskan kenapa sih dia kok suka banget dengan hal yang berbau retro.

"Retro itu soulful (penuh perasaan). Konsepnya analog, dulu kita kan juga apa-apa dengan tangan seperti mengggambar. Mungkin memang nggak sempurna, tapi itu sesuatu yang bahkan Photoshop pun nggak bisa menggantikannya. Untuk retro di album ini, kenangan itu yang menginspirasiku," jelasnya.

9. Proses Pertumbuhan Sebagai Vokalis

Key sudah menjadi penyanyi solo sejak tahun 2018. Pastinya sudah banyak perkembangannya sebagai penyanyi tanpa member SHINee yang lain. Ketika ditanya soal ini, ia mencoba menjawab lebih banyak persiapan saja.

"Tumbuh sebagai vokalis, itu hal yang klise. Aku kompensasikan semua bagian yang terlewatkan buat lagu Bad Love, terutama jadwal dan persiapannya, di album ini. Aku persiapkan semuanya lebih awal. Kostum juga karena kami punya biaya terbatas. Aku berpikir keras soal ini, untuk memastikan perilisan nggak tertunda. Selain itu aku sudah 15 tahun bernyanyi," katanya.

10. Bantuan dari Artis SM

Kita semua tahu kalau Key adalah bagian dari SHINee dan SMTOWN. Ia pun ditanya apakah ada member SHINee dan artis SM lain yang membantunya dalam proses pembuatan albuum kali ini.

"Jeno NCT berpartisipasi di lagu Villain, itu bagian terbesar. Aku nggak terlau menunjukkan ke orang-orang soal status pembuatan albumku kepada orang di industri yang sama. Aku rasa member SHINee belum lihat MV-nya. Aku lihat Minho ikutan ngedance, ya dia memang seperti itu. Onew juga mengerjakan album solonya, jadi dia paham susahnya. Dia mendukungku dan semuanya indah," katanya.

11. Cara Key Tetap Trendy

Salah satu reporter bilang Key selalu trendy meskipun sudah 15 tahun berkarier di dunia K-Pop. Mendengar ini ia merasa mendapat pertanyaan yang menginspirasi.

"Aku belajar dan memonitor diri sendiri, tapi aku juga berusaha trendy. Karena itu kepribadianku, seperti Jaejae. Aku nggak mau mengikuti anak muda, tapi juga mau keluar dari zona usiaku dan berteman dengan berbagai macam orang. Dari cara anak muda bicara, bertindak, semuanya aku lihat dan secara natural belajar. Aku nggak bilang sengaja melakukannya, tapi trendy itu muncul dengan sendirinya," kata Key.

12. Motivasi Key dalam Berkarya

Sampai sekarang Key masih jadi sosok panutan yang terus berkarya. Ketika ditanya apa sih yang jadi motivasi terbesarnya, dia menyebut penggemar.

"Penggemar pastinya. Aku kedengeran seperti kaset lama, tapi punya penggemar di belakangku, apapun itu adalah motivasi terbesar. Aku suka merilis album buat banyak orang karena itu pekerjaanku. Itu juga bagian dari motivasiku," ujarnya.

13. Key Sebagai Sosok Unik

Selain trendy, Key juga disebut sebagai sosok artis yang unik dan punya ciri tersendiri sehingga membuat orang bilang 'ini Key banget'. Pria berusia 31 tahun ini pun merasa kalau itu pujian yang menarik baginya.

"Sejujurnya, aku cuma melakukan apa yang aku suka dan apa yang aku pilih. Aku nggak berpikir apakah ini 'Key-banget'. Saat bikin musik, aku merasa bangga mendengar pujian seperti ini, tapi apapun yang aku lakukan secara unik adalah milikku," kata Key.

"Mungkin aku akan membuat rock, ballad, urban, dance. Ada banyak kemungkinan. Aku akan melihat apa sih yang pas buatku pada saat itu. Sekarang, hip hop buat album ini. Aku nggak menganggap diriku sebagai seseorang dengan genre tertentu. Sebagai penyanyi aku ingin memilih lagu dan menyampaikannya yang terbaik buat publik," lanjutnya.

14. Soal Karier di TV

Sebagai seorang artis, Key bisa dibilang multitalenta. Selain nyanyi, rap, dan dance dia juga bisa berakting, MC, dan jadi bintang variety show. Sebagai bintang variety show, apa sebenarnya tujuan utama dari seorang Key.

"Menjadi artis itu sendiri sebenarnya sudah tujuan. Pastinya, aku suka di acara TV, aku suka ngomong. Aku ingin dengar orang bilang Key punya pandangan yang luas."

15. Harapan Key Untuk Gasoline?

Terakhir nih, apa sih harapan Key buat album Gasoline?

"Merilis lagu yang mirip bisa menjadi membosankan. Aku ingin orang merasa ceria dengan album ini. Sesuatu yang layak buat dibeli, album yang dibuat dengan bagus. Aku harap orang-orang menikmati lagu-lagunya se-enjoy aku sangat mengerjakanny," tutupnya.

So jangan lupa dukung terus Key dan dengarkan Gasoline ya!

(kpl/pit)

REKOMENDASI
TRENDING