KOREA

Kisah SF9, Berawal dari Grup Dance Kini Malah Berisi Para Aktor - Mendulang Popularitas yang Luar Biasa

Rabu, 13 Oktober 2021 13:22 Penulis: Anik Setiyaningrum

SF9 (Credit: Twitter/SF9official)

Kapanlagi.com - SF9 atau Sensational Feeling 9 merupakan sebuah boy grup Korea Selatan yang berada dalam naungan FNC Entertainment. Seperti angka yang ada di namanya, SF9 berisi 9 member, yakni Youngbin, Inseong, Jaeyoon, Dawon, Zuho, Rowoon, Taeyang, Hwiyoung, dan Chani. Meski berawal dari grup dance, mereka berhasil untuk bertahan di dunia musik, bahkan juga melebarkan sayap di dunia akting.

Debut pada Oktober 2016 dengan lagu pradebut Fanfare, mereka menjadi grup dance laki-laki yang pertama di FNC Entertainment. Album pertama mereka berjudul "Feeling Sensation". Sebelum itu, agensi mengumumkan bahwa akan mendebutkan grub baru melalui sistem pelatihan dengan nama NEOZ SCHOOL (NEOZ). Grup itu dibagi menjadi dua, yakni team dance dan team band yang kemudian berkompetisi dalam D.O.B (Dance or Band), program survival di Mnet.

Setelah itu, mereka melepas nama NEOZ dan menggunakan SF9 hingga sekarang. Kerja keras grup ini berhasil membawa mereka ke puncak karier hingga makin bersinar pada tahun ini. Ingin mengetahui kisah lengkapnya? Langsung saja, simak berbagai informasi yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

1. Perjalanan Karier SF9 Debut - Mendulang Popularitas

Seperti yang sudah disinggung sekilas di atas, SF9 debut pada tahun 2016 setelah sebelumnya mengikuti kompetisi D.O.B di Mnet. Namun sebenarnya, mereka tampil pertama kali di Jepang pada Desember 2015. Mereka menang dalam kompetisi tersebut dengan lagu pertama K.O yang kemudian masuk dalam album Felling Sensation. Hingga kemudian, mereka resmi debut dengan nama FS9.

Album pertama mereka debut di No.8 dan naik ke No.6 di Tangga Album Gaon. Perjalanan mereka sebagai idol terus berjalan, mereka terus membuat karya untuk para Fantasy (penggemar).

Menapaki jalan karier di industri K-Pop bukanlah sesuatu yang mudah. Jika kesuksesan ditandai dengan penghargaan di acara musik utama, itu berarti butuh waktu yang cukup lama bagi SF9. Setelah debut pada tahun 2016, SF9 baru mendapatkan piala kemenangan pertama di salah satu dari empat acara musik utama.

Mereka meraih penghargaan tersebut lewat lagu Good Guy dari album First Collection. Lewat promosi di acara musik mingguan M COUNTDOWN di Mnet itulah, SF9 berhasil meraih kemenangan pertama pada Januari 2020. Itu artinya, mereka baru mendapatkan kemenangan teratas untuk pertama kalinya setelah tiga tahun tiga bulan debut.

Pada tahun yang sama, mereka juga mendapat kemenangan di MUSIC BANK untuk kategori Best Music Award dan di THE SHOW untuk kategori Comeback Stage. Kemenangan tersebut digadang-gadang menjadi pertanda bahwa SF9 akan makin gemilang. Perubahan yang cukup signifikan ini pun disambut baik oleh para penggemar. Penjualan pre-order album First Collection berkali lipat lebih banyak dari album RPM di tahun sebelumnya.

2. SF9 Comeback 2021 dengan Mini Album Turn Over

SF9 melakukan comeback pada 5 Juli 2021 yang lalu dengan mini album Turn Over dan lagu utama berjudul Tear Drop. Pada tanggal 5 Juli saja, album tersebut terjual lebih dari 81.365 copy. Itu berarti Turn Over telah berhasil memecahkan rekor penjualan mingguan mereka sendiri sebesar 72.272 di mini album 9loryUS 2020.

Selanjutnya, pada minggu pertama, yakni 5-11 Juli 2021, telah tercatat total 143.989 copy, artinya jumlah tersebut hampir dua kali lipat rekor SF9 sendiri. Pencapaian gemilang yang disebut-sebut sejak 2020 benar-benar diwujudkan oleh SF9, hal itu jelas membuat para penggemar bangga.

Tak hanya mengenai penjualan, album ini juga berada di posisi teratas di tangga album iTunes di delapan negara termasuk Finlandia, Kolombia, dan Republik Ceko. Lagu Tear Drop dengan beat gaya garage khas Inggris dan musik dance emosional membawa keberhasilan luar biasa bagi SF9. Selain itu, Turn Over merupakan album pertama SF9 sejak mereka memperbarui kontrak dengan FNC pada Maret 2021 yang lalu.

3. Para Member SF9 Aktif di Dunia Akting

Melihat perjalanan karier SF9 sebelumnya yang berhasil mencapai puncak, sepertinya tak bisa dilepaskan dari keaktifan masing-masing member dalam menjalani aktivitasnya. Melansir dari VLive, peningkatan jumlah penggemar SF9 pada 2019 tak bisa dilepaskan dari aktivitas para member di layar kaca.

Selain melakukan promosi musik dan acara hiburan sebagai grup, mereka juga berkarier secara pribadi dalam dunia akting. Seperti Chani yang membintangi drama SKY CASTLE (JTBC) dan Dawon yang tampil di acar hiburan 'Radio Star' (MBC). Youngbin, sang leader pun debut akting dalam web series berjudul BUBBLE UP. Inseong, yang sudah lebih dulu debut akting pun comeback dengan berperan di web series TWO UNIVERSE 2021 ini.

Membicarakan karier akting SF9 tentu saja harus memasukkan Rowoon yang bahkan telah mendapat penghargaan Best New Actor dalam memerankan tokoh Haru di Drama EXTRAORDINARY YOU. Dari berbagai aktivitas di luar idol tersebut, mereka seolah meninggalkan jejak untuk diperhatikan publik hingga SF9 pun semakin dikenal. Hasil ini pun bisa kalian lihat sendiri pada comeback mereka yang jauh mengalami peningkatan dari sebelumnya.

KLovers, itulah kisah perjalanan karier SF9 yang berhasil mencapai puncak secara perlahan. Kerja keras dan ketahanan mereka sangat pantas mendapatkan apresiasi dan banyak cinta dari para Fantasy.


REKOMENDASI
TRENDING