KOREA

Kronologi Hilangnya Fans Stray Kids di Arab Saudi Saudi yang Bikin Heboh Netizen di Media Sosial, Ternyata Hoaks

Senin, 17 Januari 2022 13:13 Penulis: Renisya Satya Putri

fans Stray Kids hilang di Arab Saudi © JYP Entertainment

Kapanlagi.com - Stray Kids dijadwalkan tampil di Riyadh Season, festival musik terbesar di Arab Saudi yang digelar pada 14 Januari 2022. Sayangnya, konser tersebut harus ditunda karena cuaca buruk saat fans Stray Kids telah memenuhi stadion.

Menurut forum diskusi online STAY (sebutan untuk fans Stray Kids), puluhan fans dikabarkan menghilang karena penculikan secara acak setelah pengumuman penundaan konser.

Karena banyak fans yang terbang ke Riyadh khusus untuk nonton konser, mereka menghadapi masalah "transportasi" setelah konser ditunda. Saat mereka berusaha mencari tahu keadaan yang tiba-tiba berubah, dilaporkan bahwa banyak STAY yang "hilang".

1. Netizen di Media Sosial Heboh

Setelahnya, puluhan tweet mulai beredar di dunia maya, memberikan informasi ke dunia Twitter terkait kabar orang hilang yang dimaksud. Informasi tentang jenis kelamin, usia, pakaian, dan detail penting lainnya dibagikan melalui cuitan mereka.

Karena parahnya situasi, pengguna Twitter mulai melakukan apa yang mereka bisa untuk membantu. Banyak yang menawarkan bantuan mereka dalam bentuk informasi nyata, apakah itu hotel tempat berlindung untuk fans Stray Kids atau kafe dan toko yang tidak boleh dikunjungi karena alasan keamanan.

Bahkan, ada juga yang memperingatkan STAY untuk menjaga jarak dengan orang asing, bahkan wanita sekalipun.

2. Fandom Lain Turun Tangan

Saat netizen memberikan bantuan dengan melakukan apa yang mereka bisa, fandom lain mulai turun tangan dalam masalah ini dengan meminta sesama fans untuk bersatu. Fans BLACKPINK, ATEEZ, TREASURE, BTS, EXO dan lainnya mulai menyebarkan informasi tentang situasi yang sedang berlangsung.

3. Pengakuan 'Korban'

Setelah beberapa jam sejak situasi yang mengerikan tersebut dimulai, update terbaru yang berkaitan dengan keselamatan sebagian besar fans yang hilang mulai bermunculan secara online. Menurut pengguna Twitter yang berbeda, polisi, serta tim Stray Kids mulai membantu untuk mengatasi situasi ini.

Beberapa jam kemudian, fans Arab Saudi yang kembali dari venue mengungkapkan bahwa situasi sebenarnya tidak seperti apa yang menyebar secara online. Ada video yang beredar menunjukkan bahwa polisi membantu dan melindungi fans.

Bus yang disiapkan oleh STAY membantu banyak fangirl untuk tiba di rumah dengan selamat. Pada akhirnya, mereka bersikeras bahwa situasinya jauh berbeda dari apa yang digambarkan di Twitter.

4. Tidak Ada Fans Hilang

Sebuah situs berita Arab Saudi mengonfirmasi bahwa penculikan fans tidak benar adanya. Dikatakan juga bahwa pihak-pihak yang terus menyebarkan desas-desus akan dituntut.

"Tidak ada kebenaran atas apa yang beredar di media sosial tentang kasus pelecehan yang terjadi di sebuah konser yang ditunda sebelum dimulai di Riyadh karena keadaan di luar kendali kami, dan siapa pun yang menyebarkan desas-desus yang mengurangi upaya keamanan ini akan dikenakan tuntutan dan pertanggungjawaban secara hukum," tulis The Saudi Post.

5. Ternyata Hoaks

Beberapa fans yang dikabarkan hilang ditemukan dengan selamat, tapi ada juga nama-nama yang sebenarnya tidak ada atau bahkan memalsukan keadaannya. Kebingungan yang terjadi setelah konser dibatalkan tampaknya menjadi alasan yang menyebabkan banyak pihak percaya bahwa orang yang mereka cintai hilang. Syukurlah, semua fans berhasil pulang dengan selamat.


REKOMENDASI
TRENDING