KOREA

Masih Gagal Move On Dengan Drama ‘REPLY 1988’? Deretan Drama Ini Punya Vibes Yang Sama Lho!

Jum'at, 13 Agustus 2021 09:00 Penulis: Editor KapanLagi.com

REPLY 1988 (Credit: IMDb)

Kapanlagi.com - REPLY 1988 merupakan drama yang berkisah tentang kehidupan 5 remaja dari 5 keluarga berbeda yang tinggal di sebuah kawasan di Seoul. Rumah dari 5 keluarga ini saling berdekatan. Seperti judulnya, drama ini mengambil setting waktu pada akhir tahun 1980-an dan ceritanya berfokus pada keseharian dan lika-liku kehidupan remaja, keluarga serta sosial pada masa itu.

Drama ini merangkap lengkap berbagai cerita kehidupan, seperti kisah cinta, persahabatan, keluarga, bahkan bertetangga. Tak heran, drama yang menyentuh dan menghangatkan hati ini mendapat berbagai macam penghargaan. Meskipun telah dirilis pada tahun 2015, drama yang kembali populer ini masih membekas di hati para penontonnya. Banyak penonton yang masih susah move on dari REPLY 1988 yang penuh dengan pesan moral ini. Jika kamu salah satunya, maka beberapa drama dengan vibes yang sama berikut ini bisa mengobati rasa rindu kalian!

1. HOSPITAL PLAYLIST (2020)

HOSPITAL PLAYLIST menceritakan keseharian 5 orang dokter di sebuah rumah sakit. Mereka memiliki bidang ahli yang berbeda-beda. Kelima dokter ini rupanya telah bersahabat sejak kuliah. Digarap oleh penulis dan sutradara yang sama dengan REPLY 1988, tentunya pembawaan kisah persahabatan yang erat menjadi poin plus dalam drama ini.

Sama seperti REPLY 1988, karakter utama di HOSPITAL PLAYLIST juga terdiri dari 4 pria dan satu wanita. Selain berkisah tentang persahabatan, drama ini juga berkisah tentang masalah-masalah yang mereka hadapi saat menangani pasien. Di samping itu, bumbu-bumbu percintaan antara karakter utama wanita, Song Hwa, dan kedua sahabatnya, serta kisah cinta dua sahabat lainnya juga tak kalah menarik untuk disaksikan.

 

 

 

2. REPLY 1997 (2012)

REPLY 1997 merupakan bagian dari REPLY series yang pertama kali tayang. Meski begitu, cerita dalam drama ini tidak berhubungan sama sekali dengan REPLY 1988. Drama ini berkisah tentang kilas balik hidup seorang gadis bernama Si Won di tahun 1997. Si Won merupakan penggemar berat idol group H.O.T dan rela melakukan apapun demi grup favoritnya itu.

Si Won memiliki 5 orang sahabat dengan kepribadian unik mereka masing-masing. Sehingga, di samping membahas tentang lika-liku kehidupan fangirl di generasi pertama K-pop, REPLY 1997 juga bercerita tentang persahabatan di antara mereka. Tanpa terkecuali, kisah cinta yang dialami oleh masing-masing karakter juga menjadi ciri khas dari REPLY series ini.

 

 

 

3. REPLY 1994 (2013)

REPLY 1994 berkisah tentang kehidupan mahasiswa dan mahasiswi yang tinggal di sebuah kosan di tahun 1994. Sekelompok mahasiswa ini merupakan anak yang merantau untuk kuliah. Berbagai kisah persahabatan yang sedih dan kocak di antara mahasiswa dan putri pemilik kosan, Na Jung, mewarnai  kosan tempat mereka tinggal.

Seperti REPLY series lainnya, kehidupan persahabatan mereka tidak akan lengkap jika tidak dibumbui kisah-kisah percintaan di antara mereka. Beberapa dari mahasiswa mengalami cinlok dan memendam rasa kepada Na Jung. Tak hanya berfokus pada kisah cinta Na Jung, beberapa kisah cinta para penghuni kosan lainnya juga dibahas di dalam drama yang penuh keseruan ini.

 

 

 

4. BE MELODRAMATIC (2019)

BE MELODRAMATIC merupakan drama yang menceritakan persahabatan tiga orang wanita yang berusia 30-an tahun. Ketiga wanita ini memiliki pekerjaan yang berbeda-beda, bahkan salah satunya telah menjadi seorang ibu. Mereka masing-masing memiliki masalah yang harus mereka hadapi.

Meski menghadapi masalah yang berbeda, rupanya ketiga wanita ini memiliki cerita kelam tentang kisah cinta mereka di masa lampau. Hubungan mereka dengan kekasih mereka tidak berakhir baik. Karena mempunyai nasib yang sama, ketiga wanita ini berjuang bersama-sama untuk mengejar impian mereka. Mereka saling mendukung dan menguatkan antara satu dengan yang lainnya. Meski berfokus pada kehidupan sehari-hari, drama ini penuh dengan pesan moral yang sayang untuk dilewatkan.

 

 

 

5. AGE OF YOUTH (2016)

AGE OF YOUTH atau lebih dikenal dengan HELLO, MY TWENTIES! merupakan drama yang bercerita tentang 5 mahasiswi yang tinggal seatap di sebuah kosan. Mereka memiliki karakter yang berbeda-beda dan saling bertolak belakang. Sesuai judul alternatifnya, para karakter di drama ini berusia di awal 20 tahunan. Pada masa ini, mereka mengalami berbagai macam hal untuk menuju kedewasaan.

Di usia yang rentan akan perubahan suasana hidup, kelima mahasiswi ini sedang dalam mencari jati diri dan tujuan hidup mereka. Mereka harus belajar memecahkan masalah yang mereka hadapi sendirian, belajar mengatur waktu antara bermain dan kuliah, mulai memikirkan pekerjaan, dan masih banyak lagi. Tak hanya tentang pencarian jati diri menuju kedewasaan, kisah pertemanan dan cinta mereka juga mewarnai perjalanan mereka di sepanjang drama ini.

 

Nah, itulah drama kehidupan sehari-hari tentang persahabatan dan cinta yang tidak kalah serunya dengan REPLY 1988. Mana yang sudah kamu tonton?

 

Ditulis oleh: Ursea Mayoriska

 

 

 

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING