HOME » KOREA
KOREA

Mengenal Seokguram, Kuil Batu Buatan di Masa Kerajaan Silla yang Jadi Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO

Senin, 04 Mei 2020 17:15 Penulis: Mita Anandayu

Seokguram © daum.net

Kapanlagi.com - Seokguram adalah kuil batu Buddha di lereng Gunung Toham di Gyeongju. Pembangunannya dimulai pada 751 di bawah pengawasan Perdana Menteri Silla, Kim Daeseong dan selesai pada tahun 774. Awalnya disebut kuil Seokbulsa. Berbeda dengan kuil gua alami yang biasa ditemukan di Cina dan India, Seokguram adalah kuil gua buatan yang menunjukkan teknik arsitektur canggih masa kerajaan Silla.

Semua patung di dalam gua, termasuk patung utama Buddha, diukir dari granit. Granit menawarkan warna yang indah, tetapi kerasnya granit tersebut membuat tantangan saat memahatnya. Patung-patung di Seokguram diukir dengan sangat halus sehingga terlihat begitu nyata.

 

1. Ada 38 Patung di Dalam Gua

Menurut Voluntary Agency Network of Korea (VANK), di antara 38 patung yang ada di gua, patung Buddha utama yang megah di ruang utama dikelilingi oleh patung-patung lain, termasuk Bodhi-sattva berkepala sebelas dan 10 murid. Ada juga Sepasang penjaga berotot yang diukir di dinding pintu masuk.

Langit-langit ruang utama adalah berbentuk kubah. Membuat langit-langit kubah dengan tumpukan batu adalah yang belum pernah terjadi sebelum di mana pun karena membangun kubah dengan bebatuan berat membutuhkan desain dan ilmu arsitektur yang teliti. Arsitek Silla mengamankan langit-langit dengan menambahkan irisan batu pada jarak yang teratur agar bobotnya seimbang.

2. Mahakarya Arsitektur Silla

Seokguram dibangun di atas batuan dasar dengan mata air di bawahnya yang membantu mencegah kondensasi. Pelestariannya yang luar biasa selama lebih dari satu milenium dikaitkan dengan arsitektur ilmiahnya.

Seokguram merupakan sebuah mahakarya yang menunjukkan ketinggian seni, agama dan arsitektur Silla. Seokguram merupakan Harta Nasional No. 24 yang juga ditunjuk sebagai situs Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO pada tahun 1995.

(kpl/mit)

Editoraaa: Mita Anandayu

 

REKOMENDASI
 
TRENDING