KOREA

Perjalanan Karier Jin BTS, dari Mahasiswa Seni Peran yang Pernah Menolak Agensi Hingga Jadi Idol Terkenal

Selasa, 21 September 2021 20:22

Jin BTS (Credit: Instagram/jin_bighitentertainment)

Kapanlagi.com - Jin BTS yang punya nama asli Kim Seok-jin merupakan member BTS yang punya banyak julukan. Sebagai member tertua yang punya wajah imut dalam grup, Jin dijuluki sebagai Fake Maknae. Karena ketampanan visual yang dimiliki, dia juga punya julukan Worldwide Handsome.

Tak hanya ketampanan, kemampuan dan kerja keras luar biasa Jin BTS juga menarik untuk dibahas. Berawal dari seorang mahasiswa jurusan seni peran, dirinya menerima tawaran dari Big Hit Entertainment untuk menjalani pelatihan yang pada akhirnya membawa Jin debut bersama enam member lain BTS.

Tak hanya berbakat di bidang seni, Jin BTS juga cemerlang di bidang akademik. Dia pernah ikut pertukaran pelajar ke luar negeri saat SMP, berhasil lulus kuliah, dan bahkan melanjutkannya untuk meraih gelar master di bidang seni. Nah, jika kalian penasaran dengan perjalanan karier seorang Jin BTS, langsung saja simak informasi yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

1. Masa Sekolah Jin BTS

Jin BTS berasal dari keluarga yang kaya. Dia sering ikut ayahnya dalam perjalanan dinas ke berbagai negara, seperti Jepang, Australia, dan beberapa negara Eropa. Tak hanya ke luar negeri bersama ayahnya, ternyata Jin juga pernah ikut pertukaran pelajar ke Australia saat duduk di bangku SMP.

Saat SMP dan SMA, Jin masuk sekolah khusus laki-laki. Saat umur 15 tahun, Jin mendapat tawaran dari SM Entertainment, tapi tawaran tersebut tidak dia terima. Bicara mengenai cita-cita saat SMA, sebenarnya Jin sempat ingin menjadi reporter. Namun, cita-cita itu berubah sejak dia menonton aksi Kim Nam Gil dalam drama QUEEN SEONDEOK. Akhirnya, dia menekuni bidang seni peran untuk meraih keinginan tersebut.

Dia kuliah di Universitas Konkuk dan lulus pada tahun 2017 dengan mendapat gelar di bidang seni dan akting. Meski kini, Jin tak menjalani kehidupan sebagai aktor, kemampuannya di bidang seni lain sebagai penyanyi dan penari tak bisa disepelekan. Seperti tak lelah sekolah, kini dirinya sedang menempuh studi master di Universitas Hanyang.

2. Jin BTS Bercita-Cita Menjadi Seorang Aktor

Seperti yang sudah disinggung di atas, Jin memang sempat bercita-cita menjadi seorang aktor. Bahkan awalnya, dia menjalani audisi untuk aktor di Big Hit Entertainment sebelum akhirnya dia berhasil diyakinkan untuk debut menjadi seorang idol K-Pop.

Nah, isu mengenai keinginan Jin menjadi aktor, baru-baru ini jadi bahasan hangat di kalangan penggemar. Bukan dipicu dari pernyataan resmi Jin atau agensi, hal tersebut justru dipicu oleh sebuah artikel dari salah satu media Korea Selatan yang menyatakan bahwa Jin punya kesamaan atau kecocokan dengan tokoh Manhwa. Manhwa sendiri merupakan istilah umum di Korea untuk menyebut komik, kartun, atau animasi.

Hal tersebut didasari oleh standar ketampanan, postur tubuh, dan visual yang menjadikan Jin seolah-olah merupakan pria jelmaan Manhwa. Tentu hal tersebut memancing imajinasi banyak penggemar untuk membayangkan Jin berakting dalam sebuah cerita yang diadaptasi dari Manhwa atau Webtoon.

Seperti termakan oleh imajinasinya sendiri, beberapa penggemar mulai terbagi menjadi kelompok pro dan kontra ketika mulai membicarakan lawan main Jin. Bae Suzy pun disebut-sebut akan cocok jika beradu akting dengan Jin. Penggemar yang pro tentu bahagia jika idolanya berhasil mewujudkan cita-cita untuk menjadi seorang aktor, sedangkan yang kontra akan merasa cemburu jika harus melihat idolanya terlibat adegan mesra dengan aktor perempuan.

3. Masa Trainee Jin BTS

Sejak kemunculan BTS, mungkin kalian semua akan sepakat bahwa Jin merupakan seorang idol yang punya skill vokal dan dance yang mumpuni. Hal tersebut begitu terpancar pada setiap aksi panggungnya bersama BTS. Namun sebenarnya, Jin BTS tak memiliki latar belakang sebagai penyanyi atau penari di awal masa trainee bersama Big Hit Entertainment.

Ketika ditawari untuk ikut audisi, Jin BTS adalah seorang mahasiswa jurusan seni peran maka tak heran jika dirinya mengikuti audisi sebagai seorang aktor. Namun, pihak agensi meyakinkan Jin bahwa dirinya akan mampu berlatih untuk menjadi seorang idol. Jin menerima hal tersebut dan menjalani masa trainee yang membutuhkan lebih banyak usaha dibanding member lain yang baginya sudah punya bakat alamiah untuk menjadi seorang idol K-Pop.

"Saya kekurangan di banyak bidang, saya berusaha untuk bekerja lebih keras sehingga saya tidak menjadi beban untuk anggota lainnya," Kata Jin.

Oleh karena itu, Jin yang merasa kesulitan dalam bidang koreografi akan datang satu jam lebih awal dan pulang lebih lambat agar mampu mengimbangi perkembangan member lain. Itu baru perkara koreografi, belum lagi tentang urusan vokal yang membuatnya juga perlu berlatih lebih keras. Bahkan, Jin menganggap dirinya belum menguasai bidang tersebut.

Hingga pada suatu ketika, Jin menyadari bahwa tugasnya adalah membawa kegembiraan bagi ARMY. Kesadaran tersebut juga punya andil besar dalam perkembangan dirinya. Pengalamannya tampil di atas panggung membuat pandangannya makin positif pada bakat seni yang dimilikinya.

"Saat kami tur, saya mulai melihat penonton menyukai apa yang saya lakukan, kami berbagi emosi yang sama dan apa yang saya lakukan semakin beresonansi dengan mereka," ungkap Jin.

Tak seperti idol kebanyakan yang berlatih sejak belia, Jin ternyata mampu menyeimbangkan diri dengan member lain. Suaranya, gerak tarinya, dan pesona Jin di atas panggung nyatanya mampu bikin ARMY jatuh cinta.

4. Karier Solo Jin BTS

Meski awalnya tak menekuni bidang musik, justru kini Jin BTS mulai tampak nyaman menjalani karier sebagai penyanyi. Tak hanya bersama BTS, bahkan dirinya juga aktif dengan solo karier dan berkolaborasi di luar proyek grup. Misalnya, Jin BTS berkolaborasi dengan V merilis lagu It's Definitely You untuk mengisi soundtrack drama sejarah HWARANG: THE POET WARRIOR YOUTH.

Tak hanya itu, Jin bersama Jungkook juga merilis versi alternatif So Far Away dari mixtape Suga. Selain merilis lagu, dia juga melakukan cover lagu, seperti I Love You oleh Mate, Mom oleh Ra.D, dan In Front Of The Post Office In Autumn, lagu tahun 1994 yang dinyanyikan oleh Yoon Do-hyun. Lagu-lagu tersebut pun dirilis di SoundCloud. Bahkan, dia juga beberapa kali tampil sebagai co-host di acara penghargaan musik Korea.


REKOMENDASI
TRENDING