KOREA

Rayakan Ulang Tahun ke-13 Debutnya, Ini 5 Fakta Unik Mengenai 2PM yang Perlu Kamu Ketahui

Sabtu, 04 September 2021 10:44

Anniversary 2PM (Credit: Twitter/follow_2pm)

Kapanlagi.com - Hari ini tepatnya pada tanggal 4 September 2021, menjadi hari yang cukup spesial bagi boy group asal Korea Selatan yaitu 2PM. Pasalnya boy group kesayangan para HOTTEST (fandom dari 2PM) tersebut merayakan anniversary mereka ke-13 tahun. Hal ini terlihat dari sosial media mereka yang mengunggah poster perayaan ulang tahun mereka.

2PM adalah boy group yang debut pertama kali pada tanggal 4 September 2008 silam. Di awal debutnya, mereka beranggotakan enam member. Saat ini boy group ini berada di bawah naungan agensi JYP Entertainment. Pada saat pertama kali debut, mereka merilis satu single pertama mereka yang berjudul 10 Out of 10.

Tak ingin merasa tertinggal momen, para HOTTEST langsung meramaikan sosial media dengan menggunakan berbagai macam tagar untuk menyambut anniversary idola mereka. Untuk merayakan anniversary mereka, yuk kita simak lima fakta unik mengenai 2PM untuk mengenang kembali 13 tahun masa perjalanan mereka selama di dunia industri hiburan Korea Selatan!

1. 2PM Adalah Debutan JYP Entertainment dari Survival Dokumenter yang Diadakannya

Pada tahun 2008, JYP Entertainment membuat suatu survival event untuk membuat suatu group bernama Hot Blood Men. Akhirnya terbentuklah satu grup bernama One Day yang terbagi menjadi dua boy group, yaitu 2AM dan 2PM. JYP Entertainment juga menyebutkan bahwa mereka memiliki pembagian fokus masing-masing juga saat itu. 2AM adalah boy group yang fokus pada kualitas vokalnya, sedangkan 2PM adalah boy group yang fokus pada kualitas hip-hop dancenya.

Seluruh member 2PM mengikuti audisi, kecuali Nichkhun yang dicasting sendiri oleh JYP Entertainment. Beberapa member bahkan telah mempunyai pengalaman di industri hiburan, seperti Jun.K, yang telah memenangkan beberapa kompetisi menyanyi. Taecyeon, Junho dan Chansung pernah berpartisipasi dalam acara Super Star Survival dan masih banyak lagi.

 

 

 

2. Awal Debut Mereka Memiliki Konsep yang Unik, Yaitu dengan Penampilan Dance Akrobatik dan Tema Garang

Pada masa awal mereka debut pertama kali di tahun 2008, mereka mengusung tema yang cukup unik dan berbeda ketimbang debut dari boy group-boy group masa itu. Mereka debut dengan satu single, yakni 10 Out of 10. Dengan single tersebut, mereka juga menunjukkan dan menonjolkan kemampuan mereka dalam penampilan dance akrobatik yang mereka bawakan di singlenya tersebut.

Selain itu, mereka juga mengusung tema yang gagah dan garang pada saat awal debutnya. Hal ini merupakan suatu hal yang berbeda pada masa saat itu karena kebanyakan boy group pada masa itu memasang citra sebagai sebuah boy group pretty boy. Hal ini tentunya 2PM membuat suatu dobrakan baru pada dunia hiburan Korea Selatan saat itu.

 

 

 

3. Tetap Sukses Rilis Album Studio Pertamanya Walau Ditinggal Salah Satu Membernya

Pada tahun 2009 silam, 2PM berhasil merilis album studio pertama mereka yaitu tepatnya pada tanggal 10 November 2009. Album studio mereka yang pertama ini cukup terbilang sukses karena salah satu lagu utama mereka di dalam album ini yaitu Heartbeat. Album studio mereka yang pertama ini berjudul 1:59PM

Perilisan ini tetap berjalan sukses walaupun dibarengi dengan pemberitahuan hengkangnya salah satu member 2PM yaitu Jaebeom atau yang sekarang dikenal dengan nama Jay Park. Leader dari boy group tersebut mengundurkan diri dan meminta maaf pada khalayak umum karena sempat tersandung skandal rasisme yang ia lakukan. Hal ini terungkap karena unggahan yang pernah diunggah Jay Park di sosial media pada tahun 2005 silam.

 

 

 

4. Pada Tahun 2011 Sempat Merilis Dua Album, Salah Satunya Bernama HANDS UP! Yang Mana Sangat Hits di Korea Selatan, Bahkan di Dunia

Tahun 2011 2PM berhasil merilis album kedua mereka yang berjudul HANDS UP! Album ini sangat sukses dan sangat mudah merajai berbagai tangga lagu yang ada di Korea Selatan pada masa itu. Bahkan, album ini sempat empat kali juara berturut-turut di KBS Music Bank. Mereka juga sering membawakan penampilan dengan album ini dan menjadi penampil pertama.

Selain merilis album HANDS UP, di tahun yang sama 2PM juga merilis album Jepang mereka yang berjudul REPUBLIC OF 2 PM. Album ini sukses bertengger di Oricon Weekly Album Chart. Dengan rilisnya dua album sekaligus di tahun yang sama, tentunya membuat bangga dan senang para HOTTEST pada saat itu.

 

 

 

5. Sempat Hiatus Lima Tahun Karena Program Wajib Militer, Akhirnya Comeback Pada Tahun 2021

2PM merupakan salah satu boy group yang cukup produktif mengeluarkan album-album baru yang tentunya menarik. Hingga akhirnya pada tahun 2017 mereka mengeluarkan album GENTLEMEN’S GAME yang menjadi album terakhir mereka sebelum hiatus. Mereka hiatus karena satu persatu dari member mereka mulai melakukan program wajib militer yang diwajibkan oleh pemerintah Korea Selatan.

2PM mengumumkan pada Januari 2021 bahwa mereka akan melakukan comeback grup dengan enam member setelah Junho menyelesaikan wajib militernya. Hal ini tentu menjadi kabar yang sangat dinanti-nanti oleh para HOTTEST yang sudah lama ditinggal oleh idola mereka.

Itulah tadi beberapa fakta menarik mengenai boy group 2PM yang baru saja merayakan anniversary mereka yang ke-13. Semoga dengan peringatan ini, karier mereka menjadi lebih jaya ya KLovers!

Ditulis oleh : Muhammad Ancah

 
 

 


REKOMENDASI
TRENDING