HOME » KOREA
KOREA

Sejarah Hari Anak Nasional di Korea, Bukan Nama Awal - Dilakukan Sejak Tahun 1920-an

Selasa, 05 Mei 2020 17:15 Penulis: Mita Anandayu

Hari Anak Nasional di Korea © hani.co.kr

Kapanlagi.com - Bagi orang Korea, Mei menjadi bulan yang spesial. Banyak hari yang diperingati pada bulan ini. Mulai dari Hari Anak Nasional hingga Hari Orangtua Nasional. Bulan Mei pun dikenal dengan Suri Day, yang berarti lima hari pertama dianggap sebagai salah satu dari empat hari libur besar di Korea.

Hari Anak Nasional atau yang disebut sebagai Eorini Nal dalam bahasa Korea diperingati pada tanggal 5 Mei. Warga Korea pun libur di tanggal ini dan banyak yang memperingati hari spesial ini bersama anak mereka.

 

1. Sejarah Awal Hari Anak Nasional di Korea

Hari Anak disebutkan ternyata sudah ada sejak tahun 1920-an. Yang menjadi sejarah awal, di tahun tersebut sejumlah anak kecil melakukan pergerakan supaya status sosial mereka diperhatikan. Bang Jung Hwan, yang merupakan seorang penulis cerita anak pun ikut mendukung pergerakan tersebut.

Hari Anak awalnya diperingati pada 1 Mei. Namun kemudian harus berubah di tanggal 5 Mei karena bersamaan dengan Hari Buruh Internasional. Hari Anak Nasional di tanggal 5 Mei ini pun akhirnya diresmikan sebagai hari libur nasional sejak tahun 1970-an.

2. Nama Awal Hari Anak Nasional

Sejarah menarik lainnya tentang Hari Anak Nasional di Korea ternyata disebutkan awalnya Hari Anak bukanlah nama awalnya. Dilansir dari Haps Magazine Korea, sebelum Hari Anak ditetapkan sebagai hari nasional, Boy's Day merupakan nama asli dari hari spesial ini.

Selain dikenal sebagai Eorini Nal, orang Korea biasa menyebut hari spesial ini dengan sebutan Owol Oil atau tanggal 5 bulan 5 yang merupakan tanggal diperingatinya Hari Anak Nasional. Lantas, ngapain saja sih saat peringatan Hari Anak Nasional di Korea?

3. Kegiatan di Hari Anak Nasional

Hari Anak Nasional tidak hanya sekadar jadi hari spesial, namun banyak kegiatan yang dilakukan anak-anak bersama orangtua mereka. Beberapa pilihan bagi orangtua Korea biasanya mengunjungi kebun binatang ataupun taman bermain.

Bahkan Sungai Han juga menjadi obyek wisata pilihan bagi keluarga di Korea. Kegiatan bermanfaat bagi anak-anak di saat hari libur selalu menjadi prioritas utama bagi orangtua di Korea di tanggal 5 Mei ini.

(kpl/mit)

Editoraaa: Mita Anandayu

 

REKOMENDASI
 
TRENDING