KOREA

Sering Dibilang Mirip, Ini Perbedaan Dari Serial Drama Korea 'THE PENTHOUSE' dan 'SKY CASTLE'

Kamis, 26 Agustus 2021 07:15 Penulis: Editor KapanLagi.com

The Penthouse & Sky Castle (Credit: IMDb)

Kapanlagi.com - Banyak orang yang menilai jika kedua serial drama Korea ini mirip. Jika dilihat dari foto poster yang telah dirilis, karakter pemain akan di dominasi oleh orang-orang dewasa. Kemudian untuk alur cerita, jika sudah menonton kedua serial drama ini mungkin akan langsung tersadar jika keduanya memiliki plot twist yang hampir mirip, namun banyak orang yang berpendapat jika serial drama Korea THE PENTHOUSE memiliki plot twist di luar dugaan dan cukup mencengangkan dibandingkan SKY CASTLE. Sedangkan SKY CASTLE memiliki alur yang mudah untuk dipahami, namun sang sutradara telah mengemas dengan rapi akan jalan cerita serial drama Korea ini agar penonton dibuat terus penasaran dan tidak cepat bosan.

Baik THE PENTHOUSE maupun SKY CASTLE memiliki misteri untuk mengungkap kematian seseorang yang ada dalam kedua serial drama Korea tersebut. Untuk memecahkan misteri tersebut keduanya sama-sama terlibat dalam urusan rumah tangga dan obsesi para orangtua yang menginginkan anak mereka untuk bersekolah di sekolah elit atau bergengsi. Tak heran THE PENTHOUSE membutuhkan tiga season untuk menuntaskan jalan ceritanya, sementara untuk SKY CASTLE hanya cukup satu season saja.

Persamaan yang berikutnya terdapat pada rating kedua serial drama Korea ini, keduanya sama-sama memecahkan rating secara nasional di Korea Selatan. THE PENTHOUSE memiliki rating tinggi yang mengalahkan SKY CASTLE dengan angka 28,8% pada season pertama. Pada episode pertama SKY CASTLE sempat diragukan namun setelah menuntaskan seluruh episodenya, rating SKY CASTLE tercatat dengan angka 23,7%. Meski SKY CASTLE yang tayang lebih dulu, namun THE PENTHOUSE yang memenangkan peringkat pada rating serial drama Korea. THE PENTHOUSE selalu konsisten menaikkan rating setiap mengeluarkan episode dalam minggunya.

Setelah mengetahui persamaan antara kedua serial drama Korea tersebut, ada juga beberapa perbedaan yang cukup jelas jika kita menonton keseluruhan jalan ceritanya. Mari kita kulik lebih dalam mengenai perbedaan-perbedaan dalam serial drama Korea THE PENTHOUSE dan SKY CASTLE.

1. Tempat Tinggal

Jika menonton THE PENTHOUSE dari awal episode sudah terlihat jika setting tempat tinggal yang dihuni oleh para tokoh adalah di sebuah gedung yang menjulang tinggi bernama “Hera Palace”. Gedung ini memiliki 100 lantai yang disebut penthouse, di dalamnya sangat mewah dan dapat melihat keindahan kota Seoul. Hanya ada satu orang yang dapat menempati griya tawang itu, yakni keluarga Joo Dan Tae, manusia paling kejam dalam serial drama Korea THE PENTHOUSE. Dalam gedung mewah itu juga terdapat ruang rapat khusus untuk orang-orang terpandang dan memiliki usaha atau properti yang dinilai dapat menghasilkan banyak uang.

Sedangkan SKY CASTLE menempati komplek perumahan elit bernama “Sky Castle”. Orang yang menempati perumahan elit ini hanya orang-orang kaya raya serta berpengaruh dalam bidangnya, seperti professor, dokter ahli, dan ibu-ibu sosialita. Komplek perumahan ini sangat luas serta memiliki desain rumah seperti kastil. Tak berhenti di situ, karena komplek perumahan mewah ini juga memiliki rumah dinas untuk membahas permasalahan antar keluarga.

 

 

2. Obsesi Orang Tua

Kedua serial drama Korea ini sama-sama memiliki orangtua yang ambisius untuk menyekolahkan anaknya di tempat yang bergengsi agar masa depan anak-anaknya tampak cerah. Tak kalah ambisius dengan para orangtuanya, anak-anak orang kaya ini juga saling berlomba untuk mendapatkan kesempatan agar menjadi yang terbaik, walau menggunakan cara curang.

Dalam SKY CASTLE, para orangtua mendaftarkan les privat untuk anak-anaknya kepada guru profesional dan memiliki reputasi baik, yaitu Kim Joo Young. Guru profesional tersebut akan mengadakan pertemuan rutin kepada para orangtua agar anak-anaknya bisa mencapai nilai sempurna dan masuk ke perguruan tinggi nomor satu di Korea.

Berbeda dengan THE PENTHOUSE yang tidak membahas tentang pembelajaran di sekolah, namun menceritakan tentang persaingan untuk memasuki di sekolah musik yang sangat bergengsi di Korea. Para siswa yang ingin memasuki sekolah musik itu juga mengikuti les privat menyanyi dengan Cheon Seo Jin. Terbilang cukup susah untuk memasuki sekolah musik tersebut karena akan ada banyak persaingan antar keluarga yang menghalalkan segala cara demi mendapatkan ketenaran.

 

 

 

3. Perselingkuhan

THE PENTHOUSE memiliki cerita perselingkuhan antara dua pemeran antagonis, yakni Cheon Seo Jin yang merupakan calon direktur utama sekolah musik bergengsi dan Joo Dan Tae orang yang memiliki banyak usaha dan investasi di mana-mana. Cheon Seo Jin begitu terobsesi untuk menempati griya tawang sehingga ia berusaha menyingkirkan istri Joo Dan Tae. Namun keinginan Joo Dan Tae untuk menikahi Cheon Seo Jin hanya untuk mendapatkan asetnya saja sekaligus ingin merebut tempat sebagai direktur utama sekolah musik itu.

Sedangkan SKY CASTLE tidak memiliki cerita perselingkuhan antar keluarga kaya di komunitas orang-orang terpandang ini. Keseluruhan jalan cerita berfokus kepada sistem edukasi di Korea dan cara orang tua untuk mendidik anaknya, ada yang dengan sedikit menggunakan kekerasan fisik maupun verbal ada juga yang menggunakan cara lembut agar anaknya tidak trauma untuk belajar. Namun, ada kasus percintaan tidak wajar antara salah satu orang kaya dengan pembantunya sendiri yang menyebabkan kematian ibunya.

 

 

4. Sosok Gadis Miskin

Ada beberapa persamaan pada kemunculan gadis miskin yang berkerja sebagai tutor di salah satu keluarga penghuni "Sky Castle" dan "Hera Palace". Gadis miskin ini juga merupakan saingan dari anak-anak orang kaya untuk memasuki sekolah yang sudah diincar oleh para orangtua. Benar saja, kedua gadis malang tersebut mendapatkan tempat dalam seleksi penerimaan siswa baru.

Pada SKY CASTLE terdapat gadis miskin yang memiliki kepintaran di atas anak-anak orang kaya, bernama Kim Hye Na. Gadis itu mendaftar untuk menjadi guru les privat kepada salah satu keluarga orang kaya. Gadis itu merelakan waktu belajarnya untuk mencari uang untuk bertahan hidup dan biaya sekolahnya. Nasib Kim Hye Na berujung pada sanksi sosial yang terjadi di tempat sekolahnya.

THE PENTHOUSE juga menceritakan kehadiran gadis miskin yang melamar menjadi guru privat untuk mengajar kepada salah satu keluarga orang kaya, yaitu keluarga Joo Dan Tae. Anna Lee atau Min Seol Ah ingin mendapatkan uang untuk pengobatan anjingnya yang sudah lama sakit. Berbeda dengan Kim Hye Na yang hanya memperoleh sanksi sosial dan masih bersekolah di sekolah elit tersebut, Anna Lee harus mengakhiri pekerjaannya karena telah difitnah oleh salah satu anak Joo Dan Tae serta berakhir dibully hingga mendapatkan kekerasan fisik dan berujung kematian.

 

 

 

5. Moral Value

SKY CASTLE memiliki nilai moral yang dapat diambil dari segi mendidik anak. Ada salah satu pemeran yang dapat membuat para ibu-ibu sosialita di komplek perumahan "Sky Castle" untuk mendidik anaknya dengan baik. Positifnya, pemeran tersebut tidak terpengaruh dari tetangganya jika kepintaran anak hanya dinilai dari segi akademik, namun anaknya lebih didekatkan kepada bakatnya yang pastinya juga memiliki kelebihan.

Sangat berbeda dengan SKY CASTLE, THE PENTHOUSE malah tidak memiliki nilai moral yang patut dicontoh dalam kehidupan. Bagaimana tidak, dalam drama ini anak-anak tidak diberikan contoh yang baik malah membenarkan perundungan dan dididik untuk menindas para orang miskin. Tidak berhenti di sana, sikap tokoh orang dewasa yang gila harta dan jabatan juga tidak layak dicontoh untuk mendapatkan sebuah ketenaran semata. Namun, ada bagian yang cukup membuat sedih jika dilihat dari perjuangan para orang tua yang begitu peduli dan cara menyayangi anaknya walau dengan cara salah.

 Artikel ini ditulis oleh: Vici Erta

 

 

REKOMENDASI
TRENDING