KOREA

Tak Banyak Yang Tahu, Sederet Film Ini Menceritakan Perang Dunia II Dari Sudut Pandang Negara Jepang

Rabu, 15 September 2021 23:46 Penulis: Editor KapanLagi.com

THE ETERNAL ZERO (Credit: IMDb)

Kapanlagi.com - Perang Dunia II merupakan perang yang telah memakan banyak korban jiwa. Perseteruan ini dibagi menjadi dua kubu, sekutu dan poros. Dalam blok sekutu terdapat negara Amerika, sementara negara Jepang berada di blok poros.

Kita pasti telah melihat banyak film yang berkisah tentang Perang Dunia II. Namun, film-film yang kita lihat kebanyakan berasal dari sudut pandang sekutu, utamanya Amerika. Lalu bagaimana dengan cerita dari sudut pandang blok poros?

Berikut adalah deretan film yang mengambil dari salah satu negara yang termasuk dalam blok poros, Jepang. Tak hanya membahas tentang tentara-tentara yang bertarung, peran mata-mata yang sangat esensial dalam perang besar ini juga diceritakan!

1. ISOROKU (2011)

ISOROKU merupakan film yang mengisahkan kehidupan Isoroku Yamamoto, komandan angkatan laut Kekaisaran Jepang dalam Perang Dunia II. Ia terkenal sebagai orang yang merencanakan serangan terhadap Pearl Harbor. Meski begitu, ia menentang Jepang untuk melawan Amerika karena itu akan membawa bencana besar bagi negaranya.

Film ini bercerita tentang usaha Yamamoto (diperankan oleh Kouji Yakusho) dalam menyusun rencana untuk Pearl Harbor dan penentangannya kepada pihak Jepang. Tak hanya itu, kehidupannya dengan orang-orang terdekatnya, seperti keluarga, juga turut dibahas.

2. OBA, THE LAST SAMURAI (2011)

Film ini didasarkan dari kisah nyata dari seorang perwira angkatan darat Kekaisaran Jepang pada Perang Dunia II bernama Kapten Sakae Oba. OBA, THE LAST SAMURAI bercerita tentang sekelompok pasukan Jepang yang dipimpin oleh Kapten Sakae Oba (diperankan oleh Yutaka Takenobuchi) yang harus bertempur dengan pasukan Amerika di Pulau Saipan pada masa WWII.

Saat itu, Amerika memiliki jumlah tentara berkali-kali lipat dari jumlah tentara Jepang. Namun, rupanya strategi perang yang digunakan Sakae Oba cukup bisa membuat tentara Amerika kewalahan. Pelarian dan perlawanan sang kapten terhadap tentara Amerika yang sangat mengesankan menjadi poin utama dalam cerita ini.

3. THE ETERNAL ZERO (2013)

THE ETERNAL ZERO dibuka dengan cerita seorang cucu bernama Kentaro Saeki (diperankan oleh Haruma Miura) yang mengetahui bahwa kakek kandungnya yang telah meninggal adalah orang yang turut andil dalam Perang Dunia II. Ingin mengetahui lebih banyak cerita tentang kakeknya, Kentaro pun akhirnya bertanya kepada beberapa veteran perang.

Diceritakan, kakeknya yang bernama Kyuzo Miyabe (diperankan oleh Junichi Okada) adalah tentara yang paling pengecut. Ia lebih memilih untuk pulang dan menghindari peperangan daripada harus menjadi relawan dalam misi Kamikaze, misi bunuh diri yang terkenal oleh Jepang. Kyuzo pun rela membayar berapa pun agar bisa kembali ke rumah. Namun, jika Kyuzo selalu berandai untuk pulang, mengapa ia mau menjadi sukarelawan dalam misi bunuh diri tersebut?

4. JOKER GAME (2015)

Perang Dunia II tidak melulu membahas tentang pertempuran fisik. Hal-hal seperti mendapatkan atau mencuri informasi dari negara musuh sampai mempertaruhkan nyawa yang dilakukan oleh mata-mata pun menjadi hal yang sangat penting. Meski begitu, dalam sudut pandang film ini, spionase adalah tindakan yang pengecut sehingga militer dan mata-mata selalu berselisih paham.

JOKER GAME berkisah tentang seorang mata-mata bernama Jiro Kato (diperankan oleh Kazuya Kamenashi) yang ditugaskan untuk merebut dokumen rahasia bernama Balck Note milik Amerika. Kato pun dikirim pergi ke sebuah kota internasional dan harus mendapatkan dokumen yang diperebutkan oleh dirinya, seorang wanita misterius, tentara radikal Jepang, mata-mata Inggris, dan mata-mata dari Uni Soviet.

5. WIFE OF A SPY (2020)

WIFE OF A SPY berkisah tentang seorang wanita bernama Satoko Fukuhara (diperankan oleh Yu Aoi) yang memiliki seorang suami bernama Yusaku Fukuhara (diperankan oleh Issey Takahashi). Selama yang ia tahu, suaminya hanyalah orang biasa yang menjalankan bisnis dengan menggandeng orang-orang dari berbagai negara.

Namun, pada suatu hari, sebuah insiden menyebabkan militer Jepang mencurigai Yusaku sebagai mata-mata yang mengkhianati negara. Setelah Yusaku menceritakan dan menunjukkan penemuannya kepada Satoko, Satoko pun mengatakan bahwa ia akan terus berada di pihaknya apa pun yang terjadi. Ia akan tetap mendukung suaminya meski ia telah dituduh sebagai pengkhianat negara.

Itulah sederet film Jepang yang berlatar di era Perang Dunia II. Tertarik untuk menonton?

Ditulis oleh: Ursea Mayoriska

 
 

 


REKOMENDASI
TRENDING