KOREA

Tertarik Jadi Trainee Idol K-Pop? 5 Tes Ini Harus Sanggup Kamu Hadapi saat Audisi

Senin, 05 April 2021 21:45 Penulis: Iwan Tantomi

credit: as tagged.

Kapanlagi.com - Menjadi idol K-Pop di Korea hingga saat ini tetap menjadi salah satu profesi menjanjikan di Korea. Apalagi kini popularitas K-Pop makin mengglobal dan lebih banyak diterima di berbagai negara. Inilah yang membuat tak sedikit anak muda di Korea, rela menempuh audisi untuk menjadi trainee.

Apalagi kini menjadi trainee idol K-Pop tak lagi dibatasi harus berkewarganegaraan Korea. Bahkan, selain dari Jepang, China, Taiwan dan Thailand, tak sedikit agensi yang membuka audisi global untuk menjaring trainee potensial dari seluruh dunia.

Selain harus jago bernyanyi, menari atau rap sebagai modal dasar agar lolos, kamu juga harus bisa menjawab serangkaian pertanyaan saat audisi. Hal ini pun dijelaskan oleh dua trainer idol K-Pop profesional lewat akun YouTube AYO.

Lee Yun Ji, seorang pelatih profesional di sekolah khusus persiapan menjadi trainee idol K-Pop, Making Academy, beserta Kim Se Yeon yang telah menjadi trainer selama 10 tahun, membeberkan sederet tes yang harus dihadapi oleh peserta saat audisi.

1. Kesempatanmu Hanya 30 Detik

Tes pertama adalah yang paling mendasar, di mana kamu harus mengenalkan diri, menunjukkan bakat apa yang kamu miliki, di antara bernyanyi, menari, rap, atau hal bakat menonjol lainnya dari dirimu.

Tragisnya, menurut Lee Yun Ji, kamu hanya diberi waktu 30 detik untuk menunjukkan potensi dari dirimu, agar mampu dilirik tim pencari bakat. 

"Di awal-awal tes tak ada pertanyaan sama sekali. Namun, kamu harus benar-benar bisa menyiapkan secara matang, bagaimana caranya agar semua potensi dan bakat bisa kamu tunjukkan dalam waktu 30 detik saja," ungkap trainer yang juga mantan member idol K-Pop, Playback tersebut.

2. Tes Langsung Depan Kamera

Berkat pengalaman mengaudisi selama puluhan tahun, para pencari bakat dan juri biasanya bisa dengan jeli dan cepat mengetahui mana peserta yang sangat potensial untuk menjadi trainee idol K-Pop.

Peserta yang sangat berbakat di tes pertama, berkesempatan untuk lebih menunjukkan kemampuannya dengan tes langsung di depan kamera. Sesuai namanya, tes ini menuntut peserta untuk tampil di depan kamera langsung, bagaimana cara dia memandang penonton saat proses perekaman.

"Selama tes kamera ini, peserta audisi bisa jadi akan dapat pertanyaan, tetapi kemungkinannya sangat kecil, karena para pencari bakat hanya akan fokus pada penampilan setiap peserta," imbuh Yun Ji.

3. Siap-Siap Dapat Pertanyaan Berat

Jika peserta dinyatakan lolos, maka akan lanjut ke tahapan audisi berikutnya. Menurut Yun Ji, bisa saja setiap peserta akan mendapatkan pertanyaan yang berat untuk dijawab.

"Yang pasti, para pencari bakat umumnya ingin jawaban yang sangat detail, terutama tentang musik favoritmu, penyanyi atau role model yang menginspirasimu menjadi idol K-Pop, hingga mimpimu di masa depan yang berkaitan dengan karier idol K-Pop atau lainnya," kata Yun Ji.

4. Jawab Jujur: Apakah Kamu Benar-Benar Orang Baik?

Merebaknya kasus bullying yang terjadi di kalangan idol K-Pop belakangan ini, membuat para pencari bakat kini lebih jeli menjaring para peserta audisi. Kim Se Yeon mengungkapkan jika setiap peserta harus bisa menjawab pertanyaan semacam, "Apakah kamu benar-benar orang baik?"

Pertanyaan tersebut memang simpel, tapi peserta tak akan bisa berbohong karena agensi akan mencari tahu kebenarannya.

"Di sinilah peserta harus benar-benar menjawab jujur, apakah dirinya tak pernah melakukan bullying saat di sekolah, atau melakukan perbuatan yang dilarang pelajar lainnya, seperti mabuk atau merokok," jelas Se Yeon.

5. Bicara Senatural Mungkin dan Penuh Percaya Diri

Ini bukan tes khusus, tetapi harus benar-benar bisa ditunjukkan setiap peserta sejak pertama kali audisi. "Sebenarnya bukan apakah kamu bisa menjawab pertanyaan atau tidak, yang harus kamu khawatirkan justru bagaimana kamu bisa bertutur senatural mungkin dan penuh percaya diri selama audisi," ungkap Yun Ji.

Menurutnya, hal satu ini tak kalah krusial, karena kalau sejak awal sudah gugup, maka semua potensi yang dimiliki tak akan bisa disampaikan di hadapan para pencari bakat secara maksimal. 

"Malah juri atau pencari bakat biasanya akan memberitahu agar kamu bisa bicara selues mungkin, santai saja, tapi tetap penuh percaya diri, misal kamu tampak menghapal," pungkasnya.

Well, itulah beberapa tes yang harus bisa kamu hadapi jika ingin lolos menjadi trainee idol K-Pop. Ingat, selalu ada jalan, dari setiap keinginan yang kuat. Asal satu, dibarengi kerja keras dan jangan mudah menyerah. Gimana, tertarik ikutan audisi menjadi idol K-Pop?

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING