Trend Baru di Korea, Bintang Muda Wanita Jadi Pemeran Utama Drama

Kamis, 15 Juni 2017 14:50 Penulis: Ayu Srikhandi
Trend Baru di Korea, Bintang Muda Wanita Jadi Pemeran Utama Drama Kim So Hyun - Nam Ji Hyun © istimewa

Kapanlagi.com - Belakangan memang cukup terasa jika bintang-bintang wanita drama Korea jadi semakin muda. Diungkapkan, saat ini bintang utama wanita memiliki rata-rata 26,9 tahun, turun sekitar empat tahun selama dua tahun belakangan.

Seperti yang diketahui, saat ini seleb-seleb muda seperti Kim So Hyun (kelahiran 1999) menjadi pemeran utama paling muda dalam drama yang sedang tayang. Sedangkan pemain wanita tertua saat ini adalah Lee Si Young (kelahiran 1982).

Pergeseran trend, aktris-aktris muda wanita jadi pilihan pemeran utama. © soompi.comPergeseran trend, aktris-aktris muda wanita jadi pilihan pemeran utama. © soompi.com

Bintang-bintang muda lain yang saat ini sedang mendominasi adalah Nam Ji Hyun (1995) lewat SUSPICIOUS PARTNER dan Kim Ji Won (1992) dalam FIGHT MY WAY. Sedangkan bintang yang lebih tua ada Oh Yeon Seo (1987) dalam MY SASSY GIRL, dan Park Min Young (1986) lewat QUEEN FOR SEVEN DAYS.

Berbeda dari tahun lalu, para bintang utama wanita memiliki rata-rata usia 30,7 tahun. Tahun lalu ada sederetan seleb yang bersinar seperti Sung Yuri (1981), Kim Ah Jong (1982), Jung Yoo Mi (1984), Hwang Jung Eum (1985), Park Shin Hye, dan Kang Sora (1990).

Tahun lalu, pemeran utama wanita memiliki rata-rata usia 30,7 tahun.  © soompi.comTahun lalu, pemeran utama wanita memiliki rata-rata usia 30,7 tahun. © soompi.com

Rata-rata usia pemeran wanita yang populer di tahun 2015 juga lebih dewasa lagi, yakni 31,5 tahun. Beberapa dari mereka ada Kim Sun Ah (1975), Soo Ae (1979), Jang Nara (1981), Lee Yeon Hee - Uee (1988), dan Kang Sora (1990).

Saat ini, bintang-bintang muda berusia 20-an tahun juga memenuhi drama akhir pekan. Seperti Lee Se Young (1992), Jung So Min (1989), Seohyun Girls Generation (1991), dan Kim Dasom (1993). Hal ini semakin memperkuat bukti trend yang bergeser dari bintang-bintang berpengalaman ke seleb lebih muda.

Menurut kepala departemen drama SBS, Kim Young Seob, merasa wajar jika publik belakangan lebih menyukai bintang-bintang muda. Pasalnya, mereka berada dalam titik jenuh pada wajah yang itu-itu saja muncul di layar kaca.

Di tahun 2015, kebanyakan drama Korea menggaet bintang-bintang wanita berpengalaman.  © soompi.comDi tahun 2015, kebanyakan drama Korea menggaet bintang-bintang wanita berpengalaman. © soompi.com

Kim Young Seob berpendapat jika seseorang aktris baru jadi populer, namanya akan booming sekitar lima tahun. Dari situ lah publik mulai bosan karena hanya beberapa seleb itu saja yang sering mendapat peran utama dalam drama.

"Sebenarnya publik selalu mencari wajah baru, tapi bertahun-tahun tayangan TV menyajikan seleb-seleb populer yang sama untuk proyek mereka dan publik merasa bosan karenanya. Saat seorang bintang baru lahir, mereka biasanya bakal jadi target pasar selama lima tahun atau lebih, jadi pergantian generasi pada aktris memang sudah diduga," jelasnya seperti yang dilansir Soompi.

(soo/jje)

Editor:

Ayu Srikhandi


REKOMENDASI
TRENDING