KOREA

Dianggap Hina Profesi - Rasis, 7 Outfit Idol K-Pop Ini Tuai Kontroversi Hingga Dapat Kritik dan Dikecam

Rabu, 14 Oktober 2020 13:33 Penulis: Dhia Amira

Jennie BLACKPINK, Jihyo TWICE (credit: BLACKPINK YouTube; Girin)

Kapanlagi.com - Idol K-Pop memang menjadi salah satu selebriti yang harus selalu tampil dengan sempurna. Salah satunya yaitu pada pakaian mereka, yang juga tidak mengandung hal-hal yang bisa menimbulkan kontroversi.

Namun ada beberapa idol K-Pop yang ternyata mendapatkan kritikan luar biasa dari para netizen karena pakaian yang mereka kenakan loh. Dan bahkan dikecam karena mengenakan pakaian tersebut, hingga hal ini menimbulkan kontroversi.

Kira-kira siapa saja ya mereka? Dilansir dari Koreaboo dan berbagai sumber, ini 7 idol K-Pop yang mengenakan outfit kontroversial. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Tzuyu TWICE

Selebriti pertama yang pernah mengenakan pakaian kontroversi yaitu ada Tzuyu TWICE. Dalam sebuah acara musik di Korea, Tzuyu pernah mengenakan pakaian yang cukup membuat penonton geram. Hal ini karena tulisan yang ada pada pakaian Tzuyu.

Dalam pakaian tersebut bertuliskan "H*es take off your clothes" atau yang memiliki arti "buka baju mu". Tentu saja tampilan Tzuyu TWICE mendapatkan kecaman dari netizen dan JYP Entertainment kemudian meminta maaf untuk hal tersebut.

2. MOMOLAND

Kemudian ada MOMOLAND yang juga mengenakan pakaian yang mengundang kontroversi. Dalam sebuah musik video milik MOMOLAND yang berjudul BAAM, para member mengenakan pakaian dari berbagai negara. Dan salah satu pakaian tersebut berasal dari negara Meksiko dan juga Mesir.

Namun pakaian tersebut malah mengundang kontroversi dari kalangan penggemar. Hal ini dikarenakan outfit yang mereka kenakan seperti dipandang sebagai rasis, dan terlalu stereotip. Namun walaupun begitu masih ada penggemar yang memandang bahwa hal tersebut tidak terlalu menjadi hal yang kontroversi.

3. OH MY GIRL

OH MY GIRL juga menjadi salah satu idol K-Pop yang mendapatkan kritik dengan pakaian yang mereka pakai. Girl group yang mengusung tema lucu dan cute ini memang mengenakan pakaian yang terlihat seperti gadis polos dalam beberapa kesempatan.

Namun hal ini tentu di pandang berbeda, karena netizen Korea berpikir bahwa tema pakaian mereka persis seperti Lolita. Sehingga para member OH MY GIRL mendapatkan komentar keras dari warga Korea.

Untuk yang belum mengetahui, Lolita merupakan tokoh fiksi yang ada di Novel serta film layar lebar dengan judul yang sama. Lolita bercerita tentang seorang pria paruh baya yang menyukai anak tirinya bernama Lolita, dan keduanya memiliki hubungan spesial.

4. Jihyo TWICE

Bukan hanya Tzuyu TWICE saja, nyatanya Jihyo TWICE juga pernah mengenakan pakaian yang kontroversi. Dalam sebuah acara Halloween Jihyo TWICE mengenakan pakaian suku Indian yang ada di Amerika, tentu saja hal ini mengundang kontroversi bagi beberapa kalangan.

Jihyo dikritik karena berpakaian seperti stereotip. Bahkan dalam pengenalan diri Jihyo TWICE mengatakan bahwa ia merupakan Jihyo Indian, yang semakin membuat netizen geram. Namun tidak semua mempermasalahkan hal tersebut dan menganggap pakaian yang ia kenakan merupakan konstum.

5. Jimin BTS

Kemudian ada Jimin BTS yang juga mendapatkan kecaman dari netizen karena pakaian yang ia kenakan. Dalam potret tersebut Jimin mengenakan sebuah baju putih dengan tulisan di punggung belakangnya.

Dalam pakaian tersebut menunjukkan tulisan berupa kebanggaan atas kemerdekaan Korea, tetapi ada juga yang menggambarkan ledakan bom atom di Jepang. Hal ini tentu mendapatkan kecaman luar biasa dari masyarakat Jepang.

Diketahui bahwa Jepang memang pernah menjajah Korea, yang membuat kedua negara ini masih sering berseteru. Karena hal ini pula BTS bahkan dihapus dari beberapa program yang ada di Jepang.

6. Zico Block B

Kemudian ada Zico Block B, yang mengenakan pakaian kontroversial selanjutnya. Dalam musik video Tough Cookie, Zico mengenakan jaket berwarna hitam dengan sebuah bendera di lengan kanannya.

Hal ini tentu mendapatkan kritikan dari para netizen, pasalnya simbol tersebut merupakan bendera konfederasi yang digunakan negara Amerika bagian selatan selama perang saudara. Dan simbol ini dianggap banyak orang sebagai salah satu simbol rasisme.

7. Jennie BLACKPINK

Terakhir yang masih hangat menjadi perbincangan yaitu ada Jennie BLACKPINK. Dalam musik video terbarunya berjudul Lovesick Girls, Jennie terlihat mengenakan outfit perawat, yang membuat beberapa netizen mengkritik hingga mengecam hal tersebut.

Pasalnya outfit yang dikenakan oleh Jennie berupa pakaian perawat yang seksi dengan sepatu tinggi berwarna merah. Dan hal ini dianggap membangun citra seksualitas pada perawat, sehingga mendapatkan banyak kritikan dan kecaman dari banyak netizen.

Itulah 7 idol K-Pop yang mengenakan pakaian kontroversial dalam berbagai acara. Walaupun ada yang kontroversi, namun ada pula penggemar yang membantu mengerti dan mendukung para idol K-Pop tersebut.


REKOMENDASI
TRENDING