KOREA

Nggak Cuma Kostum Perawat Jennie Saja yang Tuai Kritik, Ini 5 Kontroversi BLACKPINK Lainnya dalam Hal Berpakaian

Rabu, 07 Oktober 2020 13:22 Penulis: Dhia Amira

BLACKPINK (credit: instagram.com/blackpinkofficial)

Kapanlagi.com - BLACKPINK memang menjadi salah satu girl K-Pop Korea yang menarik perhatian netizen dari berbagai negara, salah satunya Indonesia. Grup yang berisi Jennie BLACKPINK, Rose BLACKPINK, Jisoo BLACKPINK, dan Lisa BLACKPINK ini selalu memberikan hal yang membuat trending.

Bukan hanya aksi panggung mereka saja, nyatanya gaya fashion mereka pun menjadi hal yang sangat menarik perhatian. Dan ternyata ada loh beberapa fashion BLACKPINK yang mengundang kontroversi, dan membuat sebagian penggemar ada yang pro dan juga kontra.

Kira-kira apa saja ya pakaian yang mengundang kontroversi tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja di simak potret dan penjelasannya.

 

 

1. Baju yang Sama Saat Konser

Kontroversi yang pertama yaitu ketika BLACKPINK mengenakan pakaian yang sama saat konser. Bukan hal yang asing bila setiap selebriti akan mengenakan pakaian yang sama saat mereka konser, namun hal berbeda di alami oleh member BLACKPINK.

Yup! Diketahui bahwa Jisoo BLACKPINK, Rose BLACKPINK, dan Lisa BLACKPINK mengenakan pakaian yang sama saat konser di beberapa negara, tetapi tidak dengan Jennie BLACKPINK. Ada beberapa penggemar yang melihat bahwa pakaian yang dikenakan oleh Jennie selalu berubah saat mereka konser.

Dan beberapa penggemar yang mempertanyakan hal tersebut, apakah ada diskriminasi yang dilakukan oleh manajemen terhadap member BLACKPINK. Namun ada pula penggemar yang membela, bahwa Jennie juga pernah beberapa kali mengenakan pakaian yang sama sama seperti yang lainnya.

2. Mengenakan Durag

Tak hanya di alami semua member, kali ini hanya Lisa BLACKPINK yang terkena kontroversi pakaian yang ia kenakan. Beberapa waktu yang lalu Lisa mengunggah video dance terbaru melalui kanal YouTube Lilifilm Official. Dan tentu saja video tersebut disambut baik oleh para penggemar.

Namun ada beberapa penggemar yang berbeda pendapat, mereka mengatakan bahwa Lisa melakukan pelecehan budaya lewat video terbarunya. Yup! Diketahui dalam video tersebut Lisa mengenakan Durag atau ikat kepala. Dan beranggapan itu adalah ikatan kepala yang biasa digunakan oleh orang kulit hitam. Sehingga beberapa netizen menuding Lisa telah melecehkan budaya orang kulit hitam.

Namun videografer Anthony King langsung membuat postingan di Instagram dan berkata, "Sebagai informasi, Lisa menggunakan sapu tangan atau syal, bukan durag. Aku rasa yang menudingnya menggunakan durag sama sekali tidak pernah melihat durag. Aku tumbuh besar menggunakan durag, jadi percayalah padaku. Haha".

Selain itu Anthony King juga memberikan kata-kata lain yang mengatakan bahwa seseorang tak mengerti arti pemakaian durag yang sebenarnya. "Masalah ikatan kepala tidak membuatku gentar, karena itu bukanlah durag. Orang-orang yang protes ini kemungkinan tidak tahu apa kegunaan dari durag. Ngomong-ngomong, mohon nikmati videonya dan sebarkanlah kebaikan," ungkapnya kembali.

3. Pakaian Ratusan Juta

Tidak hanya Lisa saja, Jennie juga mengalami hal kontroversi dengan pakaian yang dikenakan loh. Jennie BLACKPINK memang menjadi salah satu idol K-Pop yang memiliki julukan manusia mewah. Bagaimana tidak, pakaian yang dikenakan oleh Jennie semua adalah barang mewah dari berbagai macam brand ternama.

Salah satu brand ternama favorit Jennie BLACKPINK adalah Gucci. Tidak heran bila saat ia mengeluarkan single terbarunya yang berjudul Solo, Jennie banyak mengenakan pakaian mahal dalam MV tersebut. Diketahui bahwa Jennie saat itu mengenakan 22 jenis pakaian yang semuanya memiliki harga fantastis.

Dan salah satunya yaitu pakaian dengan motif bunga transparan. Diketahui bahwa pakaian tersebut mengundang banyak kontroversi, karena harganya yang tak masuk akal. Dress yang merupakan koleksi dari brand Off-White, dengan nama Ruffled Mesh Gowntersebut memiliki harga 11.595 dollar atau 171 juta rupiah.

4. Mengenakan Hanbok Modern

Pada tahun 2020 ini BLACKPINK memang selalu menjadi perbincangan publik. Bagaimana tidak, pasalnya mereka banyak mengeluarkan single dan juga kolaborasi dengan selebriti ternama dunia. Salah satunya yaitu dengan perilisan lagu How You like That pada Juni 2020 lalu.

Banyak mendapatkan dukungan membuat MV lagu How You Like That ditonton hingga tembus angka fantastis. Namun dalam keberhasilan tersebut pasti ada kontroversi yang terjadi. Yup! Nyatanya banyak netizen Korea yang mempertanyakan pakaian tradisional atau hanbok yang dikenakan member BLACKPINK.

Diketahui bahwa masyarakat Korea memang sangat menghargai kebudayaan mereka dengan tinggi, melihat modifikasi baju tradisional hanbok yang begitu ekstrim dengan potongan yang cukup minim. Membuat mereka beranggapan bahwa hal ini mengesampingkan sisi budaya untuk kepentingan komersil.

5. Mengenakan Pakaian Perawat

Dan pakaian kontroversi terakhir yaitu ketika Jennie BLACKPINK mengenakan pakaian perawat untuk MV lagu terbaru BLACKPINK berjudul Lovesick Girls. Dalam video tersebut Jennie mengenakan pakaian perawat dengan gaya yang sedikit berbeda.

Melihat gaya pakaian yang dikenakan oleh Jennie, banyak kontroversi yang cukup beragam. Mereka merilis pernyataan dengan berpendapat bahwa, pakaian yang dikenakan oleh Jennie BLACKPINK bisa menyebabkan stereotip menyimpang.

Tentu saja mendapatkan reaksi keras dari netizen, agensi BLACKPINK yaitu YG Entertaiment langsung angkat bicara. Mereka berkata bahwa, "Tidak ada niatan kami untuk itu (membuat stereotip keliru terhadap perawat). Namun, kami turut peduli terkait kekhawatiran pandangan yang menyimpang," seperti yang dilansir dari Naver.

Agensi juga mengatakan bahwa hal yang ditunjukkan dalam musik video sudah melalui pertimbangan yang matang, hingga bisa sampai ke publik. Dan mereka berharap para penggemar mengerti bahwa setiap adegan merupakan ekspresi musik tersebut.

"Kami harap Anda menganggap video musik itu sebagai genre seni independen. Kami sangat menghargai apabila Anda bisa memahami setiap adegan dibuat dengan tujuan mengekspresikan musik. Tim produksi saat ini mempertimbangkan dan membahas kemungkinan adegan tersebut harus di edit atau tidak," ungkap kembali agensi.

Itulah 5 Kontroversi BLACKPINK dalam hal pakaian yang mereka kenakan. Tidak selalu menuai kontroversi, nyatanya BLACKPINK juga bisa membuktikan mereka dapat populer dengan karya dan bakat luar biasa.


REKOMENDASI
TRENDING