KOREA

Yuk, PDKT Sama Temen-Temennya Jay Park dan Jessi Yang Ada Di KHH!

Selasa, 21 September 2021 19:52 Penulis: Editor KapanLagi.com

(Credit: instagram.com/@bignaughtyboi), (Credit: instagram.com/@dprlive)

Kapanlagi.com - K-pop dan musik Korea. Apa yang terlintas di benak kalian kalau dengar 2 kata itu? Girlband, boyband, atau band-nya? Mimin yakin nih pasti banyak diantara KLovers yang langsung kepikiran ke girlband seperti BLACKPINK dan RED VELVET, atau kepikiran sama boyband-nya kayak BTS dan NCT. Bener atau bener banget nih tebakannya?

Nggak salah sih emang kalau ngomongin masalah dunia musik Korea pasti mikirnya langsung ke Idol Group mereka. Musik Korea emang identik sama genre K-pop di mana biasa dibawakan oleh grup idola yang yang keren dan bertalenta.

Bertalenta di sini dalam artian mereka itu dikemas dalam satu paket komplit. Udah kaya ayam goreng aja nih pakai paket komplit, eh bercanda itu mah! Jadi paket komplit tuh mereka itu diharuskan buat jadi si serba bisa; harus pandai bermusik, bisa dance dan juga punya appearance yang menarik.

Tapi kalian tahu nggak sih sebenarnya kalau ada genre musik Korea yang lebih bisa bikin candu selain K-pop? Penasaran nggak nih? Oke, hint-nya Adalah acara Survival SHOW SHOW ME THE MONEY, UNPRETTY RAPSTAR, dan HIGH SCHOOL RAPPER. Pasti udah ada bayangan kan apa jawabannya? Yoi, bener banget! Korean Hip Hop atau biasa disingkat KHH.

Nah, kali ini ini kita bakal kenalan nih sama beberapa musisi KHH yang keren dan bakatnya nggak kalah saing sama idol group. Kepo kan, siapa aja itu? Kuy, PDKT bareng-bareng!

1. ASH ISLAND

Penggemar HIGH SCHOOL RAPPER mana nih suaranyaaaa? Karena di urutan pertama kita bakal bahas tentang Yoon Jin Young—atau yang lebih dikenal dengan nama Ash Island, yang dikenal sama banyak orang lewat HIGH SCHOOL RAPPER. Tepatnya di musim kedua barengan sama Hwiyoung SF9. Cowo kelahiran tahun 1999 ini berhasil masuk ke babak final dan menempati posisi keempat.

Habis HIGH SCHOOL RAPPER selesai, doi dilirik sama label buatan The Quiett dan Dok2 karena talenta yang dimilikinya. Selain berhasil ngebawa doi masuk ke label Ambition Musik, bakatnya juga bikin Ash jadi deket sama Changmo yang notabene juga rapper dan produser andalan, sampai menganggap Ash sebagai adik kesayangan.

Masuk di Ambition Musik ngebuat Ash akhirnya debut dengan single How R U di tahun 2018, lalu ngeluarin first albumnya yang berjudul ASH setahun setelahnya. Ash juga bisa dibilang sebagai rapper favorit yang hampir selalu bikin musik yang bikin pendengarnya ngerasa emosional. Coba aja KLovers dengerin lagu-lagunya seperti Nightmare, Lonely, Paranoid dan Melody—yang baru-baru ini bertengger di Melon Chart 24Hits.

 

 

2. Penomeco

Ada yang pernah nonton acara BREAKERS yang ditayangin sama Mnet? Itu tuh salah satu acara survival show yang dibikin Mnet. Bukan sekadar survival show biasa karena yang jadi pesertanya adalah singer-songwriter, dan Penomeco jadi salah satu pesertanya. Nah, sebenernya siapa sih Penomeco itu?

Penomeco adalah rapper dan penyanyi R&B, penulis lagu dan juga produser. Dia kerap kali kerja sama beberapa penyanyi Korea popular, kayak EXO, Zico dan Dean. Selain itu, Penomeco juga ambil bagian di proyek Tempo-nya EXO, Icy milik ITZY, We Young kepunyaan Sehun dan Chanyeol EXO juga Make A Wish yang dibawain oleh NCT U. Wah, mengkece banget nggak sih cowo kelahiran tahun 1992 ini?

Rapper yang debut di tahun 2014 ini sekarang udah jadi bagian P Nation—label milik PSY, sejak April 2021 kemarin nih. FYi lagi, sebelum jadi rapper dan penyanyi R&B kayak sekarang, Penomeco ternyata pernah jadi vokalis sebuah band dan udah nulis lagu sejak duduk di kelas 2 SMP lho. Jadi nggak heran, kalo dia jago banget buat lirik yang keren!

3. DPR

Akhirnya sampai juga nih di bagiannya DPR!

Eits, jangan salah sangka dulu ya, DPR di sini tuh bukan singkatan dari dewan perwakilan rakyat, tapi Dream Perfect Regime. DPR itu tuh grup musik dan video multi-genre. Maksudnya, mereka membuat, memproduksi, dan mengedit semua jenis karya visual serta mengumpulkan seniman yang berasal dari berbagai latar belakang.

DPR ini basisnya ada di Seoul, Korea Selatan dan punya fokus utama buat ngelibatin penonton karya-karya milik mereka biar dapat ngerasain pengalaman audiovisual yang luar biasa. Nah, penasaran nggak, sebenarnya siapa sih orang-orang dibalik DPR ini? Sebenarnya DPR ini tuh punya banyak kru, tapi kayaknya bakal kepanjangan kalo ngenalin mereka semuanya. Jadi, mari kita PDKT sama beberapa pentolannya aja ya!

Di urutan pertama ada DPR IAN—Christian Yu, si founder sekaligus direktur visual DPR. Sebagai seorang yang bertanggung jawab dalam visual dan editor, jam terbangnya nggak perlu diragukan lagi. Wake Me Up milik Taeyang BIG BANG, Body-nya Mino WINNER, Holup! Punya Bobby iKON, Borders milik Amber Liu buktinya!

Selanjutnya ada DPR LIVE, yang baru aja comeback dengan IITE COOL! Doi berperan sebagai rapper of the group di DPR. “Coming to you live!” adalah tagline yang selalu digunain sama doi di setiap karyanya. Coba deh dengerin lagu-lagunya seperti Martini Blue, Thirst, Jam & Butterfly—kolaborasinya dengan Crush dan eaJ, dan Summer Tights.

Lalu ada DPR REM dan CREAM. REM atau Scott Kim ini sang produser eksekutif dan juga direktur bagian kreatifnya DPR. Salah satu tanggung jawabnya ada di bagian merchandise. Jadi kalo KLovers masuk ke website mereka dan nemuin kolom shopping, nah itu adalah kerja keras dari REM.

Sementara CREAM punya tanggung jawab untuk bagian produser musiknya nih! Dia punya peran besar di album debut DPR LIVE. Selain jadi produser, doi juga member dari duo LAYBACKSOUND.

4. BIG NAUGHTY

Siapa nih yang bucin banget sama acara SHOW ME THE MONEY? Pasti kalian nggak asing sama nama Big Naughty kan?

Big Naughty atau biasa dipanggil Bigna ini salah satu rapper Korea yang terkenal lewat SMTM, tepatnya dari musim ke-8. Selain talenta yang amazing, Bigna menarik perhatian penonton karena ikutan SMTM di usia muda. 16 tahun! Bisa bayangin kan, gimana nggak keren kalo anak SMA gitu ikutan SMTM yang notabene rapper survival show yang bisa dibilang ganas itu?

Walaupun nggak keluar jadi pemenang SMTM8, Bigna berhasil buat H1GHR MUSIC ngelirik bakatnya yang akhirnya mengantarkan doi buat mulai debut di tahun 2019 dengan Where It All Started remix.

Sebagai rapper paling muda di H1GHER MUSIC—karena lahir tahun 2003, baru-baru ini Big Naughty kembali memanjakan fansnya dengan mini album BUCKET LIST nih. Nggak main-main, Big Naughty gandeng beberapa artis populer layaknya Jamie Park, Rohann dan GSoul buat kolaborasi dalam mini albumnya.

 

 

5. PH-1

Orang terakhir tapi bukan yang paling akhir yaitu PH-1!

Pemilik nama asli Park Jun Won ini bergelut dengan dunia rap sejak tahun 2015. Berawal dari kepindahannya ke Amerika saat umur 12-13 tahun, doi tertarik dengan rap yang juga membawanya dapat nama panggung PH-1.

PH-1 itu sendiri asalnya dari nama yang digunakan doi waktu di Amerika, Harry Park, dan nomor 1 yang mengikutinya terdengar seperti “won” yang mana bagian dari nama Koreanya—Jun Won.

Setelah puas kuliah di Boston College, cowok berdarah blasteran Korea-Amerika ini kembali ke Korea Selatan dan merintis karirnya sebagai rapper di Korea. Lagi-lagi, SHOW ME THE MONEY menjadi satu batu loncatan yang digunain PH-1 buat nunjukin bakatnya jadi rapper.

Muncul di SMTM 7777, lelaki yang baru aja ngerayain ultahnya pada 23 Juli kemarin ini berhasil maju sampai semifinal. Menjadi bagian H1GHR MUSIC, doi dikenal dan disukai banyak orang karena prinsipnya buat nggak masukin hal-hal yang berbau seksual, sumpah serapah, obat-obatan dan uang dalam liriknya.

Jadi, karya-karyanya ini bisa dinikmati seluruh umat. Kalo kata anak gen Z sih, keep it halal brother!


Artikel ini ditulis oleh: Salafi Mufida Hasna

 

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING