BOLLYWOOD

Lata Mangeshkar Meninggal Dunia di Usia 92 Tahun, Shahrukh Khan Hingga Aamir Khan Beri Penghormatan Terakhir

Senin, 07 Februari 2022 22:05

Lata Mangeshkar © marca.com

Kapanlagi.com - Dunia hiburan India sedang berduka karena penyanyi legendaris mereka, Lata Mangeshkar meninggal dunia. Lata meninggal kemarin, Minggu (6/2) di rumah sakit Mumbai Hospital.

Sebelum menghembuskan napas terakhirnya, Lata menderita pneuomonia akut dan covid-19. Ia sudah dirawat sejak Januari 2021 lalu dan dikabarkan sempat membaik.

Namun ternyata takdir berkata lain, Lata dinyatakan meninggal dunia pada usia 92 tahun. Kepergian penyanyi yang sudah membawakan ribuan lagu di 980 judul film itupun membuat seluruh India berduka.

Salah satu lagu Lata yang dikenal dunia adalah OST film KABHI KHUSHI KABHIE GHAM. Sang penyanyi terakhir membuat album pada proyek film VEER-ZAARA.

1. SRK Beri Penghormatan Terakhir

Mengenakan baju putih, Shahrukh Khan datang ke tempat persemayaman mendiang Lata di Mumbai. Ia memberikan penghormatan terakhir pada penyanyi yang suaranya turut menghiasi puluhan judul filmnya.

Aktor Aamir Khan pun datang memberi penghormatan, ia hadir bersama putrinya, Ira Khan. Selain itu juga tampak aktor Ranbir Kapoor yang datang memakai kurta putih.

Aktris Vidya Balan dan Shraddha Kapoor pun terlihat di antara ratusan pelayat yang hadir. Mereka semua sangat berduka atas kepergian Lata yang suaranya sangat ikonik.

2. Duet Dengan Rhoma Irama

Lata adalah penyanyi ternama yang tidak hanya dikenal di India, tapi juga di seluruh penjuru dunia. Ia bernyanyi dalam berbagai bahasa, tak kurang ada 20 bahasa di India yang ia kuasai selain Hindi.

Yang tidak banyak orang tahu, Lata pernah kerjasama dengan Rhoma Irama. Pada medio '90-an silam, Lata membawakan lagu-lagu Rhoma dalam bahasa India dan sang raja dangdut pun membawakan lagu Lata dalam bahasa Indonesia.

Duet mereka yang paling terkenal adalah lagu Wahai Pesona. Suara raja dangdut dan sang ratu melody sampai sekarang masih jadi tembang yang dicintai banyak orang.

3. Sederhana

Memiliki karir cemerlang dan jadi andalan dalam setiap proyek film, membuat Lata memiliki kekayaan tak terhingga. Namun sampai akhir hayatnya, Lata hidup sederhana.

Meski kaya raya, ia tidak menggunakan uangnya untuk dirinya sendiri. Lata memilih tinggal di apartemen sederhana dan menyumbangkan kekayaannya untuk orang lain.

4. Dermawan

Lata diketahui membangun rumah sakit untuk orang miskin. Hampir semua kekayaannya ia berikan pada orang yang berkekurangan dan ia hidup dalam kesederhanaan.

Penyanyi yang mengawali karirnya pada tahun 1942 itu juga menjadi tulang punggung keluarga. Setelah bekerja keras, akhirnya pada tahun 1949 nama Lata dikenal luas dan kemudian berkibar tiada henti.

5. Selamat Jalan, Lata

Sepanjang hidupnya, Lata mendapatkan banyak penghargaan. Tidak hanya dari dunia hiburan, tetapi juga penghargaan dari pemerintah India.

Tercatata ia pernah menerima Bharat Ratna, Padma Vibhushan, Padma Bhushan dan Dadasaheb Phalke Award. Sementara penghargaan dari dunia hiburan sudah tak terhitung banyaknya.

Selamat jalan, Lata.

(kpl/phi)


REKOMENDASI
TRENDING