Pertama Sepanjang Sejarah, Salman Kalahkan SRK di Tahta Bollywood

Senin, 28 Desember 2015 14:38 Penulis: Wulan Noviarina
Pertama Sepanjang Sejarah, Salman Kalahkan SRK di Tahta Bollywood Salman Khan dan Shahrukh Khan ©AFP
Kapanlagi.com - Hampir sepanjang karir Salman Khan di Bollywood, aktor ini belum pernah mengalahkan Shahrukh Khan di box office. Beberapa kali mereka adu kuat di perolehan jumlah tiket, namun sebagian besar dimenangkan oleh Shahrukh Khan.

Bila dirunut setidaknya sepanjang lima tahun belakangan ini, nama Shahrukh Khan selalu sukses berada di atas Salman Khan. Itulah mengapa gelar King Khan masih setia dipegang oleh Shahrukh Khan lewat beberapa film hits seperti CHENNAI EXPRESS dan HAPPY NEW YEAR.

Namun keadaan berbalik di tahun 2015 ini, kala Salman menggebrak Bollywood dengan dua film sekaligus. Salman membuat kejutan dengan BAJRANGI BHAIJAAN yang mengusung ide perdamaian dan mengkritik gesekan antara India dan Pakistan.

Salman dapat pemasukan besar dari 'PRDP' dan 'BAJRANGI BHAIJAAN'. ©istimewaSalman dapat pemasukan besar dari 'PRDP' dan 'BAJRANGI BHAIJAAN'. ©istimewa

Lewat film ini, Salman sukses mengantongi Rs 310 crore (Rp 620 miliar). Lalu Salman menambah pundi-pundi pemasukannya lewat kesuksesan PREM RATAN DHAN PAYO yang berhasil mengoleksi pendapatan sebesar Rs 330 crore (Rp 660 miliar).

Dengan total dua film sebesar Rs 640 crore (Rp 1,28 triliun), rasanya sulit bagi siapapun untuk mengalahkan Salman Khan tahun 2015 ini. Kecuali DILWALE atau BAJIRAO MASTANI bisa menambah pundi pemasukan mereka dengan signifikan.

Untuk pemasukan pekan pertama pemutaran pun DILWALE (Shahrukh Khan dan Kajol) ditambah dengan pemasukan BAJIRAO MASTANI (Deepika Padukone dan Ranveer Singh) yang jadi film besar di Desember 2015 ini, masih belum bisa mendekati rekor Salman Khan di BAJRANGI BHAIJAAN. Total, BAJRANGI BHAIJAAN mendapatkan Rs 183 crore ( Rp 366 miliar), sementara DILWALE ditambah BAJIRAO MASTANI mendapatkan Rs 181 crore ( Rp 362 miliar).

'DILWALE' dan 'BAJIRAO MASTANI' masih belum bisa mengalahkan Salman. ©istimewa'DILWALE' dan 'BAJIRAO MASTANI' masih belum bisa mengalahkan Salman. ©istimewa

Kini semua masih menunggu, apakah hasil akhir DILWALE bisa menyentuh angka Rs 700 crore (Rp 1,4 triliun). Jika bisa, maka tahta Bollywood akan kembali dipegang oleh Shahrukh Khan.

Namun jika pemasukan DILWALE tidak bisa menyentuh angka itu, maka untuk pertama kalinya Shahrukh harus menyerahkan mahkota King Khan kepada Salman Khan. Namun sampai akhir Desember ini, tahta masih dipegang oleh Salman Khan.

Secara global, sebenarnya masih belum ada yang bisa mengalahkan Aamir Khan yang sukses membuat DHOOM 3 (2013) jadi film Bollywood paling laris sepanjang sejarah. DHOOM 3 mencatat pemasukan Rs 500 crore (Rp 1 triliun). Namun jika ditotal untuk pemasukan selama satu tahun, Shahrukh dan Salman masih ada di atas Aamir Khan. Itu lantaran Salman dan Shahrukh bisa membintangi dua atau tiga film dalam setahun, sementara Aamir konsisten dengan satu film dalam satu atau dua tahun sekali.

Anyway, congrats Sallu bhai!

(kpl/phi)

Editor:

Wulan Noviarina


REKOMENDASI
TRENDING