Salman Khan, Robinhood di Dunia Nyata Untuk Kaum Miskin India

Jum'at, 11 November 2016 14:38 Penulis: Wulan Noviarina
Salman Khan, Robinhood di Dunia Nyata Untuk Kaum Miskin India Salman Khan ©Being Human

Kapanlagi.com - Bicara tentang Salman Khan bagaikan menimang dua sisi mata uang. Ada sisi baik yang tak akan bisa disangkal oleh siapapun dari aktor ganteng ini, pada waktu yang sama juga ada sisi gelap yang sama tak bisa diabaikan dari sosok Salman Khan.

Di tengah berbagai kontroversi yang menjerat Salman di sepanjang kehidupannya, ada banyak sisi indah dari sosok bintang BAJRANGI BHAIJAAN ini. Sisi baik inilah yang tidak bisa diabaikan begitu saja, bahkan oleh para haters Salman sekalipun. Semua pasti mengakui bahwa Salman memiliki hati yang lembut di tengah kakunya sifat dan kepribadiannya.

Kaya Raya

Berstatus sebagai aktor dengan bayaran tertinggi di India tidak membuat Salman Khan rakus akan harta dunia. Ia tak pernah menikmati uang yang melimpah itu hanya untuk dirinya sendiri dan keluarga, melainkan selalu berbagi dengan sesama manusia yang memerlukan uluran tangannya.

Untuk satu film yang ia bintangi, Salman bisa mendapatkan bayaran tak kurang dari Rs 60 crore atau sekitar Rp 120 miliar. Jumlah ini jauh di atas Aamir Khan dan Shahrukh Khan yang rata-rata mendapatkan bayaran Rs 40 crore atau sekitar Rp 80 miliar untuk satu filmnya.

Kaya dan suka menyumbang ©bmindiaKaya dan suka menyumbang ©bmindia


Jumlah ini belum termasuk bonus jika film yang ia bintangi sukses di pasaran. Dalam satu tahun pun Salman bisa bermain di dua atau tiga film sekaligus. Jumlah bayarannya untuk satu kali iklan pun belum terhitung, dan Salman tak hanya jadi brand ambassador satu produk saja.

Tidak hanya mendapatkan pemasukan dari akting, Salman Khan juga punya beberapa unit bisnis. Salah satunya adalah Salman Khan Production yang diurus oleh adik-adiknya, tentu dengan sebagian keuntungan perusahaan masuk ke saku Salman Khan.

Murah Hati Pada Fans

Memiliki kekayaan yang berlimpah dan popularitas yang amat bersinar tidak membuat Salman Khan sombong pada fansnya. Ia memang tidak semanis Shahrukh Khan pada fans, namun bukan berarti mengabaikan penggemar begitu saja. Salman punya cara lain untuk membahagiakan para fansnya, terutama yang berada di India.

Salah satu fans yang beruntung adalah seorang pria yang sudah lama jadi penggemar sang aktor. Pria itu berasal dari sebuah desa di pelosok India, ia menabung selama berhari-hari agar bisa nonton film Salman Khan di bioskop kota. Namun pria itu tak punya ongkos untuk naik kendaraan umum, dan memutuskan untuk jalan kaki pulang pergi desa ke kota yang jaraknya sangat jauh.

Salman murah hati pada fans ©HerGamutSalman murah hati pada fans ©HerGamut


Kisah ini didengar oleh Salman Khan, yang langsung mengutus pegawainya untuk mencari si fans. Begitu ditemukan, Salman memberikan sebuah motor kepada sang fans, yang tentu saja amat bersyukur atas pemberian yang amat berharga ini.

Peduli Pada si Miskin

Nyaris setiap tahun, setelah membayar pajak pada pemerintah, Salman Khan menyisihkan uangnya untuk disumbangkan pada masyarakat miskin di India. Tercatat, setiap tahunnya Salman memberikan sumbangan tak kurang daroi Rs 12 crore atau sekitar Rp 24 miliar.

Itu baru uang yang ia sumbangkan secara resmi lewat lembaga-lembaga pemerintah India. Belum termasuk sumbangannya pada yayasan sosial, termasuk donasi tetapnya untuk yayasan Being Human yang ia dirikan bareng keluarganya.

Salman Khan selalu peduli pada si miskin ©HerGamutSalman Khan selalu peduli pada si miskin ©HerGamut


Salman punya pos dana sendiri untuk diberikan pada masyarakat yang kurang mampu. Banyak yang tak tercatat jumlahnya, namun Salman memang tak pernah mau mempublikasikan kegiatan sosial yang ia lakukan.

Hampir semua desa yang pernah jadi lokasi syuting film Salman Khan, pasti mencicip kebaikan hati sang aktor. Ketika syuting BHAJRANGI BHAIJAAN, Salman membantu memperbaiki banyak rumah di kawasan India Utara dan mengecat ulang rumah-rumah di sana.

Beberapa desa lain diberi bantuan berupa tangki-tangki air untuk dipakai seluruh penduduk desa. Ibu-ibu dari keluarga miskin dibelikan sari baru, anak-anak diberi perlengkapan sekolah dan buku-buku.

Beri Beasiswa Untuk Anak-Anak India

Lewat yayasan Being Human, Salman mengumpulkan data anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu namun ingin melanjutkan pendidikan mereka. Yayasan ini yang mengatur pendistribusian beasiswa untuk anak-anak yang tersebar di berbagai desa di India.

Salman beri beasiswa untuk banyak anak di India ©HerGamutSalman beri beasiswa untuk banyak anak di India ©HerGamut


Salman memang bukan seorang aktor yang berpendidikan tinggi, ia memilih untuk mengejar karir daripada sekolahnya. Namun Salman sangat ingin melihat semua anak di negaranya bisa mengenyam pendidikan sama rata. Anak-anak yang berasal dari keluarga miskin pun bisa merasakan sekolah seperti si kaya.

Yayasan Being Human

Lewat yayasan ini, Salman Khan tidak hanya memberikan beasiswa pada anak kurang mampu. Being Human juga mengadopsi beberapa desa miskin di India untuk diberikan semua fasilitas yang diperlukan. Semua penduduk desa yang kurang mampu diberikan bantuan, mulai dari makanan, air sampai pendidikan.

Sampai saat ini, tercatat ada beberapa desa di kawasan Maharashtra yang sudah menjadi anak asuh yayasan Being Human milik Salman Khan. Selain itu Being Human juga mengadopsi beberapa desa lain dari luar provinsi Maharashtra untuk mereka asuh.

Salman banyak beri bantuan untuk masyarakat yang sakit ©HerGamutSalman banyak beri bantuan untuk masyarakat yang sakit ©HerGamut


Untuk desa-desa adopsi ini, Salman tidak hanya berjuang dengan uangnya sendiri. Bersama Being Human, Salman mengumpulkan donasi dari para kaum berpunya di India. Salman juga menjual merchandise yang hasilnya disumbangkan pada masyarakat yang tidak mampu.

Salman sendiri kerap memakai t-shirt merchandise Being Human di berbagai acaranya, dengan harapan banyak yang akan membantu gerakannya untuk menyumbang pada sesama.

Robinhood Dari India

Masyarakat India menyebut Salman Khan seperti Robinhood, selalu berjuang untuk masyarakat miskin dan tak pernah pelit untuk berbagi. Selain membantu mereka yang kekurangan, Salman juga selalu memberikan perhatian pada masyarakat yang sakit.

Masih lewat yayasan Being Human, Salman mendata para masyarakat miskin yang menderita sakit menahun dan juga penderita HIV/AIDS. Ia memberikan pengobatan gratis untuk masyarakat yang membutuhkan, tanpa imbalan apapun.

Robinhood dari India ©onlanka.comRobinhood dari India ©onlanka.com


Tak hanya memberikan bantuan pengobatan untuk si miskin, Salman juga memastikan semua orang yang bekerja dengannya. Mulai dari para kru film sampai bodyguard dan pembantu rumah tangga di rumahnya, semua mendapatkan jaminan kesehatan yang baik.

Salman pernah menggelar medical check up gratis untuk semua orang kru yang ada di Filmcity, lokasi syuting banyak serial drama, film dan acara reality show di India. Ia juga memberikan kado dan sari baru untuk semua kru yang ada di sana.

Tak heran kalau Salman Khan disebut sebagai Robinhood dari India. Ia begitu murah hati, dan kebaikannya pasti akan dikenang oleh semua orang yang pernah mengenalnya.

(kpl/phi)

Editor:

Wulan Noviarina


REKOMENDASI
TRENDING