Serdar Basbug, Desainer di Balik Kostum Megah 'Abad Kejayaan'

Jum'at, 19 Juni 2015 19:38 Penulis: Wulan Noviarina
Serdar Basbug, Desainer di Balik Kostum Megah 'Abad Kejayaan' Serdar Basbug @istimewa
Kapanlagi.com - Tentu banyak yang penasaran, siapa gerangan yang ada di balik kostum megah serial Abad Kejayaan yang dibintangi oleh Meryem Uzerli dan Halit Ergenc. Pada setiap episodenya, mereka mengenakan kostum yang berbeda-beda dan semuanya sama indah dan megah.

Ternyata, sosok yang ada di belakang kostum para pemain Abad Kejayaan adalah Serdar Basbug. Ia adalah salah satu desainer ternama di Turki yang karyanya sudah dikenal di seluruh dunia.

Bila jemari mengetik nama Serdar Basbug, maka namanya akan muncul di database IMDB yang kerap menjadi rujukan banyak orang untuk urusan dengan film. Serdar memang tidak hanya mengurus kostum untuk serial di negaranya, ia juga merupakan desainer yang karyanya dipakai di beberapa film internasional.

Saat ditunjuk untuk mengerjakan kostum Abad Kejayaan, Serdar langsung menerimanya. Ia pun tidak sembarangan dalam membuat desain yang akan menjadi penggambaran nyata bagaimana kehidupan di Turki pada masa Sultan Suleiman I.

"Aku membuat kostum Ottoman yang khusus. Aku juga fokus pada Kavuklu besar yang dipakai oleh orang-orang pada masa itu, dan semuanya ada di dalam frame," ujar Serdar kepada Dirensanat beberapa waktu lalu.

Kostum inilah hasil karya Serdar Basbug. @osmanslijeKostum inilah hasil karya Serdar Basbug. @osmanslije

"Aku membuat kostum yang lebih berwarna, aku mengurangi ukuran melon. Menyamakannya dengan adegan dan dialog. Warna kostum, warna rambut dan tata rambut, semuanya disesuaikan agar bisa tergambar jelas oleh penonton. Ini adalah salah satu hal yang sangat penting. Dan kamu harus menyiapkan kostum untuk masing-masing peran," lanjutnya.

Di dunia film, ia tercatat sudah menjadi bidan kostum tiga judul film. EVE GIDEN YOL (2006), LISTEN FROM THE NAY: SEPARATIONS (2208) dan KURIKU KADIN KRALIGGI (2010).

Di tangannya lah kostum-kostum cantik di Abad Kejayaan tercipta. Meski ia juga tidak menampik kalau ada banyak orang yang membantu dalam pengerjaannya.

Kamu, suka dengan kostum buatan Serdar?

(kpl/phi)

Editor:

Wulan Noviarina


REKOMENDASI
TRENDING