FILM INDONESIA

Ada Kisah Pidi Baiq di FIlm 'KOBOY KAMPUS'?

Rabu, 19 Juni 2019 11:17 Penulis: Rezka Aulia

© Istimewa

Kapanlagi.com - Pidi Baiq, penulis trilogi Dilan yang sukses kembali dengan karya terbarunya di dunia perfilman Tanah Air, melalui sebuah film berjudul KOBOY KAMPUS. Sebagai penulis naskah dan juga sutradara, Pidi Baiq memberikan sentuhan yang nyata bagi kehidupan mahasiswa tahun 1998 sebuah perguruan tinggi negeri di Bandung, Jawa Barat.

Kehidupan di era perjuangan reformasi itu, disebut-sebut sebagai kehidupan Pidi Baiq yang sesungguhnya. Mulai dari jarang pulang ke rumah, suka berkumpul, membicarakan politik hingga bercandaan yang didasarkan satirnya kehidupan. Banyak ketidakpuasan terhadap kondisi sosial kemasyarakatan serta pemerintahan kala itu, sehingga membuat para mahasiswa lebih senang untuk turun ke jalan.

Namun ada pula yang lebih memilih berada di lingkungan kampus, membuat ide-ide kreatif untuk menyambung hidup. Istilah Koboi Kampus, menjadi tren saat itu saat The Panas Dalam menyanyikan lagu tersebut.

 

1. Koboi Kampus

"Kebanyakan mahasiswa yang menyandang koboy kampus adalah penduduk The Panas Dalam yang pada tahun 1995 didirikan sebagai negara," ujar Pidi Baiq dalam sebuah wawancara dengan wartawan belum lama ini.

"Istilah Koboy Kampus muncul di lingkungan ITB setelah adanya lagu Koboy Kampus yang dibawakan oleh The Panas Dalam," ucap Pidi.

Negara The Panas Dalam, memang menjadi tren di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Dalam cerita filmnya, negara fiktif tersebut didirikan akibat ketidakpuasan sejumlah mahasiswa terhadap pemerintah saat itu.

2. Kisah Nyata?

Banyak yang menyebut, proyek film KOBOY KAMPUS, merupakan kisah perjalanan Pidi Baiq dalam mendirikan The Panas Dalam. Namun Pidi masih enggan bicara banyak. Ia lebih memilih untuk bercerita tentang bagaimana ia membangun cerita yang menarik untuk film KOBOY KAMPUS.

"Saya kan kawannya koboy-koboy kampus itu. Jadi dengan sendirinya saya tahu, siapa dan bagaimana kiprah mereka di dunia yang fana ini," terang Pidi Baiq.

Film KOBOY KAMPUS, karya Pidi Baiq itu bisa disaksikan di bioskop tanah air mulai 25 Juli 2019.

 

(kpl/aal/rna)

Reporter: Sahal Fadhli


REKOMENDASI
TRENDING