FILM INDONESIA

Baru Empat Hari Tayang, 'A MAN CALLED AHOK' Raup Setengah Juta Penonton

Senin, 12 November 2018 17:07 Penulis: Tyssa Madelina

Daniel Mananta berperan sebagai Ahok, Credit Foto: (Dok/TheUnitedTeamofArt)

Kapanlagi.com - Film biopik yang menunjukkan masa kecil mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama atau yang biasa disapa Ahok tampaknya cukup menarik minat penikmat film Indonesia. Terbukti di hari keempat penayangannya, film bertajuk A MAN CALLED AHOK itu sudah meraup lebih dari setengah juta penonton, tepatnya 587.747 orang.

Di hari perdana penayangan, tiket film A MAN CALLED AHOK terjual ludes di hampir semua bioskop Tanah Air. Bahkan beberapa netizen sampai harus pesan online dari beberapa jam sebelumnya agar tidak kehabisan.

Karena respon penonton yang begitu positif dengan jalan ceritanya, pihak bioskop pun menyediakan jam tayang dan layar cukup banyak untuk A MAN CALLED AHOK. Jika ditotal secara keseluruhan, ada 400 layar di bioskop seluruh Indonesia yang kompak menayangkan film ini.

Film A MAN CALLED AHOK sendiri diadaptasi dari buku berjudul sama karya Rudi Valinka. Secara keseluruhan, film ini tak menceritakan soal masa kejayaan dan keterpurukannya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta namun lebih ke sisi kekeluargaan dan menguak masa kecil Ahok di Belitung Timur.

1. Sinopsis A MAN CALLED AHOK

A MAN CALLED AHOK mengisahkan soal kehidupan masa kecil Ahok (Daniel Mananta) di Gantong, Kepulauan Belitung Timur. Pekerjaan ayahnya yang seorang pebisnis tambang membuat kehidupannya saat kecil tidak pernah merasa kekurangan.

Hingga di tahun 80an, praktik korupsi di Indonesia semakin merajalela. Ayah Ahok, Tjung Kim Nam, pun merasakan betul pahit getirnya saat berada di situasi rumit. Karena pengalamannya tersebut, ia menginginkan Ahok menjadi seorang dokter karena dianggap bisa memberikan pengaruh baik kepada orang lain. Namun Ahok yang sedari kecil sudah melihat sendiri bagaimana kejinya praktik korupsi yang merugikan ayahnya justru menginginkan hal lain dengan terjun sebagai politikus.

2. Daniel Mananta Sebagai Ahok

Daniel Mananta mendapat porsi besar di film terbarunya yang bertajuk A MAN CALLED AHOK. Berperan sebagai mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama atau yang akrab disapa Ahok, Daniel pun serasa mendapat tantangan baru. Lantaran memiliki warna suara yang berbeda, mantan VJ MTV ini justru tak merasa kesulitan meniru Ahok.

"Suara bukan yang tersulit. Entah kenapa warna suara saya mirip. Dulu saya memang pernah kena musibah. Ada tumor di pita suara yang membuat suara saya serak. Ternyata hal Itu jadi berkat karena suara saya jadi mirip Ahok. Tapi saya memang tetap butuh 10 menit untuk mendalami Ahok untuk bisa keluarin suara itu," ujar Daniel Mananta, saat ditemui dalam acara press screening film A MAN CALLED AHOK, di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin (5/11/2018).


REKOMENDASI
TRENDING