Bukan Lelaki Romantis, Iqbaal Ramadhan Akui Sulit Perankan Tokoh Dilan

Kamis, 14 Desember 2017 13:45 Penulis: Tyssa Madelina
Bukan Lelaki Romantis, Iqbaal Ramadhan Akui Sulit Perankan Tokoh Dilan Iqbaal Ramadhan. (Credit: KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya)

Kapanlagi.com - Menjajal kemampuan akting dengan memerankan tokoh yang jauh berbeda memang menjadi suatu tantangan khusus bagi mantan personil CJR, Iqbaal Ramadhan. Apalagi di beberapa film yang sempat ia bintangi sebelumnya, Iqbaal tidak merubah kepribadiannya secara drastis. Tentu saja, film DILAN 1990 menjadi sebuah terobosan baru bagi Iqbaal untuk mengetest sejauh mana kemampuan aktingnya.

Di dalam film DILAN 1990, Iqbaal dituntut untuk memerankan tokoh dengan nama Dilan. Berbeda jauh dengan dirinya yang cenderung kalem, Dilan justru digambarkan sebagai laki-laki urakan dan suka tawuran. Namun, diakui oleh Iqbaal, tantangan terbesar memerankan tokoh Dilan bukan karena sifatnya yang berbeda jauh. Namun karena, tokoh Dilan lahir dari sebuah novel yang sangat fenomenal.

"Dilan dan Iqbal adalah dua orang yangg berbeda. Tantangan terbesar bukan jadi Iqbaal. Jadi orang lain. Dari buku yang besar. Ketika reading sampe syuting, seminggu setelahnya juga karakter dilan masih ada," tutur Iqbaal saat Preskon trailer dan poster film Dilan di XXI Lippo Mal Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (13/12).

Memerankan tokoh Dilan jadi tantangan yang cukup besar bagi Iqbaal. (Credit: KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya)Memerankan tokoh Dilan jadi tantangan yang cukup besar bagi Iqbaal. (Credit: KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya)

Oleh karena itu, selain terus mengolah kemampuan aktingnya, Iqbaal pun sampai mendalami karakter dengan mengubah namanya di lokasi syuting. "Pas pakai baju SMA ini, gue udah jadi Dilan. Terus pas di lokasi syuting gue juga minta dipanggil Dilan," jelasnya.

Tak hanya itu, sisi lain dari karakter Dilan yang romantis nampaknya cukup membuat Iqbaal kesulitan untuk mendalami peran. Diakui olehnya, ia bukan tipe lelaki yang romantis di dunia nyata. "Beda juga, Iqbaal bukan orang yang romantis. Tapi romantisnya Dilan beda, romantis ngehe-ngehe seger gitu. Di film dia kasih barang second yang anti mainstream," ungkap Iqbaal.

Beruntung, Iqbaal diberi pengarahan yang sangat jelas oleh sang sutradara, Fajar Bustomi. Tak ketinggalan, Pidi Baiq selaku penulis buku juga menuntunnya agar bisa memerankan karakter Dilan sesuai dengan keinginannya. Well, jadi nggak sabar ya melihat sisi lain Iqbaal saat memerankan tokoh Dilan?

(kpl/pur/tmd)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING