Efisiensi, 'PENDEKAR TONGKAT EMAS' Serap Talent Lokal

Kamis, 25 Desember 2014 08:52 Penulis: Mahardi Eka
Efisiensi, 'PENDEKAR TONGKAT EMAS' Serap Talent Lokal dok. Miles Film
Kapanlagi.com - Lokasi syuting PENDEKAR TONGKAT EMAS yang berada di Sumba Timur tak bisa dipungkiri menuntut para kru produksi filmnya untuk bekerja efektif dan efisien. Kondisi lokasi yang jauh serta tuntutan skenario membuat para kru harus berpikir ekstra keras.

"Harus ada strategi supaya tetap efektif tetapi pas dengan kebutuhan tuntutan skenario, " ujar Line Produser, Toto Prasetyanto seperti diungkap dalam buku BEHIND THE SCENE PENDEKAR TONGKAT EMAS. Salah satu strategi yang mereka pakai adalah dengan melibatkan penduduk Sumba dalam produksi.

"Kami sangat terbantu karena Bupati Sumba Timur turut mensosialisasikan film ini," lanjut Toto. Para kru menggaet penduduk setempat untuk membantu mencari lokasi dan perizinan lokasi. Sebagian lainnya membantu di departemen artistik, kostum dan juga make-up.

Seluruh pemain figuran film ini juga berasal dari Sumba. Mereka berasal dari Waingapu, ibu kota Sumbar Timur, maupun tiga desa yang menjadi set lokasi syuting. Tentu tak semua penduduk bisa menjadi figuran dalam filmnya.

Para pemain dari Waingapu tetap harus mengikuti casting tiga bulan sebelum syuting. Sebagian besar dari mereka berperan sebagai murid perguruan. Untuk mengurus semua itu, talent coordinator dari filmnya, Nanda Giri mencarinya dari beberapa kelompok seni bela diri Waingapu. 

Mereka yang terpilih akan dilatih koreografi selama satu bulan. Dan nanti akan pengarahan lebih lanjut saat mereka hendak diambil gambarnya oleh sang sutradara.

 

(kpl/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING