FILM INDONESIA

Ini Alasan Mengapa Adipati Dolken Terpilih Bintangi Adaptasi Novel 'PERBURUAN'

Kamis, 27 Juni 2019 10:14 Penulis: Dhimas Nugraha

Adipati Dolken di film Perburuan ©KapanLagi.com/Adrian Utama Putra

Kapanlagi.com - Selain Bumi Manusia, satu lagi karya mendiang Pramoedya Ananta Toer diadaptasi ke layar lebar oleh Falcon Pictures. Novel tersebut berjudul Perburuan yang mengisahkan kehidupan Hardo, seorang prajurit Indonesia yang diburu oleh Jepang.

Dalam versi film, karakter Hardo diperankan oleh Adipati Dolken. Tentunya pembaca novel dibuat bertanya-tanya mengapa Adipati yang terpilih. Richard Oh sebagai sutradara pun memberikan alasannya.

"Waktu casting pemain, kita sudah tahu kalau sosok Hardo di mata pembaca akan berbeda-beda. Tapi dalam benak saya, Hardo mestinya seseorang yang tidak begitu ekspresif dan itu kita dapatkan pada Adipati. Tanpa banyak ekspresi, dia bisa memancarkan leadership-nya, perjuangan penuh intregitas," kata Richard saat peluncuran poster film PERBURUAN di kawasan Warung Jati, Jakarta Selatan, Rabu (26/6/2019).

 

1. Sudah Cocok

Begitu diputuskan bila Adipati Dolken memerankan sosok Hardo, Richard Oh langsung melakukan pembicaraan dengan sang aktor. Karena merasa sudah cocok, Richard pun sepakat untuk tidak lagi melakukan pencarian.

"Saya merasa nggak perlu aktor lain setelah kita ngobrol dan sudah disanggupi oleh Adipati dengan cepat. Kebetulan sudah kenal lama dan ingin sekali kerja bareng. Sama yang lain juga karena sudah kenal lama," jelas sutradara berkacamata ini.

2. Ayushita Paling Terakhir

Selain Adipati Dolken, film ini juga dibintangi Khiva Iskak sebagai Karmin, Michael Kho sebagai Shidokan, juga Ernest Samudera sebagai Dipo. Lalu ada Ayushita sebagai Ningsih yang bergabung paling akhir.

"Jadi saya orang terakhir yang masuk dalam project ini. Pas masuk, ternyata yang lain udah lama reading. Jadi saya berusaha menyusul ketertinggalan sebelum dua minggu jalan syuting," cerita Ayu di tempat yang sama.

 

(kpl/abs/dim)

Reporter: Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING